Uncategorized

6 Jenis Beras Organik, Pilihan Hidup Sehat

6 Jenis beras organik
Jenis-Jenis Beras Organik

6 Jenis Beras OrganikHallo Sibakul Friends seiring dengan meningkatnya kesadaran akan kesehatan, gaya hidup sehat menjadi pilihan sebagian masyarakat. Selain berolahraga, konsumsi makanan sehat seperti beras organik juga menjadi perhatian.

Beras organik adalah beras dihasilkan melalui proses organis yaitu ditanam di tanah yang ramah lingkungan dan mengunakan pestisida alami yang dihasilkan dari buah- buahan dan daun-daunan yang difermentasi secara alami. Tanaman padi ini diproses menggunakan bahan alami tanpa bahan sintesis sama sekali, baik dari penggunaan pupuk kompos dan penggunaan air yang terbebas dari bahan residu bahan aktif kimia.

Nah, jika biasanya Sobat memilih beras organik hanya dilihat berdasarkan mereknya. Namun, sebenarnya beras organik dapat dibedakan berdasarkan rasa, aroma dan teksturnya, lho. Sudah tahu belum ya?. So, jika sobat ingin memilih beras organik sebagai makanan pokokmu, berikut jenis-jenis beras organik yang perlu sobat ketahui.

  • Beras Merah

Beras merah adalah biji-bijian utuh yang lebih kaya nutrisi dan serat dibanding dengan beras putih. Beras merah termasuk sumber karbohidrat yang rendah kalori, tinggi serat, bebas gluten, dan tidak mengandung lemak trans. Beras merah menjadi andalan bagi mereka yang sedang menjalani program diet. Sebab, beras merah memiliki kandungan glukosa yang lebih sedikit dibandingkan beras biasa. Itulah alasannya rasa dari beras merah lebih hambar. Selain untuk diet, beras merah juga memiliki banyak manfaat. Misalnya, mampu menurunkan kolesterol, serta baik untuk kondisi jantung sobat semua.

  • Beras Hitam

Beras hitam adalah beras berbiji dengan corak ungu tua dan rasa pedas yang agak manis. Beras gandum ini kaya akan antosianin, yang merupakan pigmen antioksidan yang memberi warna yang tidak biasa pada nasi.  Beras hitam memang belum sepopuler beras merah. Namun, manfaatnya jauh lebih banyak dibandingkan beras merah. Beras hitam memiliki manfaat untuk mencegah penyakit kanker, diabeter, mengatasi anemia, mencegah penyakit jantung dan baik untuk kesehatan organ dalam.

Meski awalnya berwarna hitam, beras ini akan memiliki warna keunguan ketika sudah makan. Tekstur nasinya pun akan sedikit lebih kering dibandingkan dengan beras putih. Konon katanya, beras hitam pada awalnya hanya boleh dimakan oleh keluarga kerajaan di Tiongkok, lho Sobat. Sebab, beras hitam memerlukan perawatan yang cukup ekstra dan memiliki kandungan bermanfaat yang tinggi. Maka dari itu, hanya keluarga kerajaanlah yang boleh mengonsumsinya. Namun, Sobat semu ga perlu khawatir saat ini beras hitam sudah mudah ditemukan di supermarket atau e-commerce dengan harga yang lebih terjangkau.

  • Beras Coklat

Beras coklat merupakan beras salah satu jenis beras organik yang memiliki warna cokelat di seluruh bagiannya. Mengapa bisa berwarna cokelat karena bagian yang dikelupas adalah kulit air beras dan tidak kembali diolah sampai menjadi beras putih Beras coklat lebih kenyal dibandingkan beras putih dan memiliki rasa seperti kacang. Beras coklat adalah sumber nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan seperti serat, fitokimia dan mineral penting.

  • Pandan Wangi

Beras pandan wangi menjadi salah satu beras organik yang banyak ditemukan di warung atau minimarket. Berbeda dengan mentik wangi susu, beras pandan wangi memiliki wangi pandan yang khas. Bukan hanya itu, beras pandan wangi memiliki warna yang sedikit bening dibandingkan dengan beras mentik wangi susu. Jika sudah matang, aroma pandannya menguar dan teksturnya pulen.

  • Mentik Wangi Susu

Sesuai dengan namanya, jenis beras mentik wangi susu merupakan hasil kombinasi persilangan antara varietas mentik wangi dan mentik susu. Beras organik ini memiliki warna yang putih seperti susu dengan aroma wangi. Saat sobat memasaknya, beras mentik wangi susu akan memiliki tekstur yang cukup lengket. Namun, lengketnya beras mentik wangi susu tidak selengket beras ketan, kok hehe.

  • Batang Lembang

Jenis yang terakhir adalah batang lembang. Jenis beras ini memiliki tekstur yang sangat pulen dan hampir mirip dengan beras Jepang. Selain enak dikonsumsi sebagai makanan pokok bersama lauk-pauk, beras yang berasal dari Sumatra ini juga cocok dijadikan sebagai bahan dasar sushi karena pulen dan mudah dibentuk.

Nah, Sobat itulah tadi 6 jenis beras organik yang bisa sobat pilih sebagai makanan pokok yang lebih sehat. Bagaimana, tertarik mencoba yang mana, nih, Sobat? Oh iya sobat hampir aja lupa hehe, jika sobat masih bingung dimana membeli jenis-jenis beras organik seperti diatas, sekarang semua jenis itu sudah ada di Ar Organik, lho. Sobat bisa langsung di sibakuljogja.jogjaprov.go.id atau hubungi langsung 088225265151.

6 jenis beras organik
Beras Organik “JAWARA”

Ar organik merupakan UKM mitra SiBakul Jogja. Ar organik adalah produsen beras organik yang dikenal dengan brand produk “JAWARA”. Produk unggulan beras organik yang di produksi antara lain beras merah, beras hitam, beras coklat, beras pink, pandan wangi dan beras mentik susu.
Untuk membeli produk-produk Ar organik sobat dapat mengunjungi alamat usahanya langsung  di Tangkilan 02/22, SIDOARUM, GODEAN, KABUPATEN SLEMAN Atau  sobat bisa menghubungi saluran-saluran online pemasaran Ar organik di bawah ini.

Info Kontak :

WA : 088225265151

Intagram :  @berasorganikyogyakarta/instagram.com/berasorganikyogyakarta Website : sibakuljogja.jogjaprov.go.id/profil/SB188752

Sumber & Artikel Terkait :

www.popbela.com/lifestyle/food/romi-subhan/jenis-beras-organik/

sibakuljogja.jogjaprov.go.id/blog/ar-organik-jogja

sibakul

Sibakul Jogja

You may also like...