Uncategorized

Kandungan Gizi Beras Hitam, Ajaib & Luarbiasa !!!

Kandungan Gizi Beras Hitam
Sumber Gambar : Alodokter.com

Kandungan Gizi Beras Hitam – Apakah Sibakul Friends pernah mengonsumsi atau mendengar tentang beras hitam? Beras hitam memang masih terdengar asing di telinga. Karena, kebanyakan orang mungkin hanya mengenal beras putih, coklat, dan merah saja. Meski terdengar asing, beras ini memiliki banyak nutrisi sehingga baik untuk kesehatan tubuh? Manfaat beras hitam tak kalah dengan jenis beras lainnya Apa saja manfaatnya? Yuk simak penjelasannya.

Beras jenis ini berbeda dengan beras ketan hitam. Beras hitam adalah beras berbiji dengan corak ungu tua dan rasa pedas yang agak manis. Beras gandum ini kaya akan antosianin, yang merupakan pigmen antioksidan yang memberi warna yang tidak biasa pada nasi. Dibandingkan dengan varietas padi lainnya, beras hitam mengandung protein dan zat besi yang tinggi. Dan menurut pengobatan tradisional Cina, beras ini juga dianggap sebagai tonik darah.

Melansir halodoc.com beras hitam atau‘forbidden rice’ atau ‘emperor rice’, yang semakin populer karena tingkat antioksidannya yang tinggi dan nilai gizinya yang luar biasa. Disebut ‘emperor rice’ karena beras ini pernah disediakan untuk kaisar Cina untuk memastikan kesehatan dan umur panjangnya, dan dilarang untuk orang lain.  Untuk mengenal lebih lanjut seputar beras ini, simak terlebih dahulu penjelasan mengenai kandungan nutrisinya.

Kandungan Gizi dalam Beras Hitam

Mengutip Food Data Central U.S. Department of Agriculture, jika dibandingkan dengan jenis beras lainnya, beras hitam merupakan salah satu yang tertinggi proteinnya. Per 3,5 ons (100 gram), beras hitam mengandung 9 gram protein, dibandingkan dengan beras merah yang memiliki 7 gram protein. Beras hitam juga merupakan sumber zat besi yang baik, yakni mineral yang penting untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. 

Dalam 1/4 cangkir (45 gram) beras hitam mentah, terdapat beberapa nutrisi seperti:

  • Kalori: 160.
  • Lemak: 1,5 gram.
  • Protein: 4 gram.
  • Karbohidrat: 34 gram.
  • Serat: 1 gram.
  • Besi: 6 persen dari rekomendasi harian. 

Beras hitam juga kaya akan antioksidan. Antioksidan adalah senyawa yang melindungi sel tubuh dari stres oksidatif yang disebabkan oleh molekul yang dikenal sebagai radikal bebas. Antioksidan sangat penting, karena stres oksidatif telah dikaitkan dengan peningkatan risiko beberapa kondisi kronis, termasuk penyakit jantung, Alzheimer, dan beberapa jenis kanker. Warna hitam keunguannya adalah hasil dari konsentrasi antosianin yang tinggi, ini adalah antioksidan yang sama yang pada kulit terong, blueberry, acaí berry, anggur, dan kembang kol ungu.  

Meskipun kurang populer dibandingkan varietas beras lainnya, penelitian menunjukkan bahwa beras hitam memiliki kapasitas dan aktivitas antioksidan tertinggi secara keseluruhan. Faktanya, selain antosianin, beras hitam ternyata mengandung lebih dari 23 senyawa tanaman dengan sifat antioksidan, termasuk beberapa jenis flavonoid dan karotenoid.

Oleh karena itu, menambahkan beras hitam ke dalam makanan sehari-hari bisa menjadi cara mudah untuk memasukkan lebih banyak antioksidan untuk melindungi tubuh dari ancaman penyakit. Tertarik untuk coba beras hitam organik? Sobat bisa mencoba beras hitam organik “JAWARA”. Yuk, beli produknya di sibakuljogja.jogjaprov.go.id atau instagram.com/berasorganikyogyakarta.

Kandungan Gizi Beras Hitam
Beras Hitam Organik JAWARA

Ar organik merupakan UKM mitra SiBakul Jogja. Ar organik adalah produsen beras organik yang dikenal dengan brand produk “JAWARA”. Produk unggulan beras organik yang di produksi antara lain beras merah, beras hitam, beras coklat, beras pink, pandan wangi dan beras mentik susu. Untuk membeli produk-produk Ar organik sobat dapat mengunjungi alamat usahanya langsung  di Tangkilan 02/22, SIDOARUM, GODEAN, KABUPATEN SLEMAN Atau  sobat bisa menghubungi saluran-saluran online pemasaran Ar organik di bawah ini.

Info Kontak :

WA : 088225265151

Intagram :  @berasorganikyogyakarta atau instagram.com/berasorganikyogyakarta

Website : sibakuljogja.jogjaprov.go.id/profil/SB188752

Sumber & Artikel Terkait :

sibakuljogja.jogjaprov.go.id/blog/ar-organik-jogja

www.halodoc.com

sibakul

Sibakul Jogja

You may also like...