Uncategorized

Mentik Wangi Susu, Beras Jepang-Nya Indonesia

Mentik Wangi Susu
Sumber Gambar : Martani.id

Mentik Wangi Susu Hallo Sobakul Friends. Beras organik belakangan ini sangat populer dikalangan masyarakat. Beras organik dihasilkan dari di tanah pertanian yang bebas pestisida. Karena hanya bisa dipanen 1-2 kali setahun maka harganya juga relatif mahal. Salah satu jenis unggulan dari beras organik adalah “Beras Mentik Wangi Susu “. Apa itu beras metik wangi susu? Ada yang sudah tahu?

Beras lokal ini merupakan beras premium yang dibudidayakan secara organik. Beras ini mempunyai aroma wangi seperti mentik wangi dan pulen seperti mentik susu. Jika dilihat sepintas beras ini mirip dengan ketan atau mirip sekali dengan jenis padi yang masih muda saat dipanen. Selain itu beras mentik susu jauh lebih pulen dibandingkan dengan beras jenis lainnya dan sedikit lebih lengket namun tidak selengket ketan. Ada fakta mearik dari beras satu ini lho, Sobat. Beras mentik ini biasanya sangat disukai anak-anak, karena teksturnya yang pulen dan mudah dikunyah.

Kelebihan beras mentik wangi susu dibandingkan beras lainnya

Seperti namanya, beras ini memiliki aroma yang khas dan wangi, begitu pula dengan nasinya. Kadar zat amilosa pada beras ini pun rendah sehingga teksturnya setelah dimasak menjadi empuk dan pulen. Selain itu, mirip seperti ketan, beras ini pun cenderung lengket (sticky) setelah dimasak sehingga dalam penggunaanya, nasi mentik wangi susu dapat digunakan sebagai bahan nasi sushi, lontong. Karakter nasi mentik wangi susu yang lengket tersebut membuat beras ini dijuluk “Beras Jepang” . Kelebihan nasi yang dihasilkan dari beras ini yaitu nasinya tidak mudah bau. Selain itu,  aroma wangi dari beras ini sudah tercium sejak Sobat mencuci berasnya.

Bagi Sobat yang menderita diabetes ataupun hipertensi, lebih cocok jika mengkonsumsi beras jenis ini, karena konon katanya beras ini berkhasiat menurunkan kadar gula darah dan juga hipertensi, lho. Mengapa bisa demikian? Karena beras mentik wangi susu adalah jenis beras lokal yang tanpa melalui proses rekayasa genetik. Beras ini juga dibudidayakan secara organik tanpa menggunakan pestisida kimia yang berbahaya untuk tubuh. Selain itu, beras organik pun memiliki kandungan nutrisi yang lebih utuh dengan kandungan serat yang relatif tinggi serta mineral yang terjaga. Dengan demikian, kualitas beras ini lebih baik dan lebih aman serta sehat untuk menjadi bahan konsumsi harian Sobat dan keluarga.

Kandungan ( % ) Mentik Wangi Susu :

  1. Air 11,49 %
  2. Kalori ( kal / 100 gr ) 348,97 %
  3. Abu 0,51 %
  4. Amilum 5,27 %
  5. Lemak 1,34 %
  6. Amilosa 16,97 %
  7. Protein 9,78 %
  8. Amilopektin 48,37 %
  9. Serat Kasar 0,46 %
  10. Logam Berat ( Hg, As, Pb, Cd )-
  11. Karbohidrat 76, 41 %

Manfaat Beras Mentik Wangi Susu :

  1. Manfaat mengkonsumsi beras ini adalah dapat memperlacar proses buang air besar (BAB), karena dalam beras ini mengandung serat yang baik untuk tubuh manusia.
  2. Membantu program penggemukan badan.. Kombinasi beras merah dan beras ini dapat menjadi menu untuk meningkatkan nafsu makan.
  3. Aman dikonsumsi bagi penderita diabetes karena mampu mengontrol kadar gula darah.
  4. Membantu melancarkan fungsi sistem pencernaan.
  5. Aman dikonsumsi untuk penderita hipertensi/ tekanan darah tinggi.

Cara Penyimpanan

  1. Setelah di buka, usahakan segera dikonsumsi sebab beras organik lebih disukai kutu daripada beras biasa.
  2. Simpan di dalam wadah yang tertutup rapat.
  3. Jika tidak di konsumsi dalam waktu waktu yang cukup lama, simpanlah di dalam kulkas.

Tips Memasak :

  1. Cuci beras -+ 1 kg lalu tiriskan
  2. Tambahkan 1,2 liter air ( -+ 5 gelas )
  3. Masak selama 15 – 20 menit, Nasi alami, pulen dan eunak tenan siap dihidangkan

Setelah mengetahui  apa itu beras organik mentik wangi susu baik manfaat, kandungan, dan cara memasakanya. Apakah Sobat tertarik untuk mencoba beras organik yang super pulen dan wangi ini? Sobat bisa membelinya secara online di instagram.com/berasorganikyogyakarta. Yuk, cek produknya sekarang.

Ar organik merupakan UKM mitra SiBakul Jogja. Ar organik adalah produsen beras organik yang dikenal dengan brand produk “JAWARA”. Produk unggulan beras organik yang di produksi antara lain beras merah, beras hitam, beras coklat, beras pink, pandan wangi dan beras mentik susu. Untuk membeli produk-produk Ar organik sobat dapat mengunjungi alamat usahanya langsung  di Tangkilan 02/22, SIDOARUM, GODEAN, KABUPATEN SLEMAN Atau  sobat bisa menghubungi saluran-saluran online pemasaran Ar organik di bawah ini.

Info Kontak :

WA : 088225265151

Intagram :  @berasorganikyogyakarta atau instagram.com/berasorganikyogyakarta

Website : sibakuljogja.jogjaprov.go.id/profil/SB188752

Sumber & Artikel Terkait :

www.ekafarm.com

www.tokoagro.com

sibakul

Sibakul Jogja

You may also like...