Uncategorized

Perbandingan Nutrisi Beras Organik,Yang Mana Paling Sehat?

Perbandingan Nutrisi Beras Organik
Sumber Gambar : Myfood.co.id

Perbandingan Nutrisi Beras Organik  – Nasi merupakan makan pokok oang Indonesia. Nasi meruoakan hasil dari beras yang telak dimasak. Ada banyak jenis beras, yakni beras putih, merah, hitam hingga cokelat. Tapi, beras merah, hitam dan cokelat disebut sebagai jenis beras yang paling bergizi. Ketiga jenis beras itu mengandung lebih banyak antioksidan, serat, protein, vitamin, dan mineral lainnya dibandingkan beras putih. Lalu bagaimana perbandingan kandungan nutrisi anatar ke-4 jenis beras organik tersebut?

Melansir Sehatq.com berikut perbandingan kandungan nutrisi dari keempat jenis beras :

  1. 100 gram beras hitam mengandung 4,9 gram serat, 8,5 gram protein, dan 3,5 gram zat besi.
  2. 100 gram beras putih mengandung 0,6 gram serat, 6,8 gram protein, dan 1,2 gram zat besi.
  3. 100 gram beras coklat mengandung 2,8 gram serat, 7,9 gram protein, dan 2,2 gram zat besi.
  4. 100 gram beras merah mengandung 2,0 gram serat, 7,0 gram protein, dan 5,5 gram zat besi

Berdasarkan perbandingan di atas, bisa dilihat beras hitam memiliki kandungan serat dan protein yang lebih unggul ketimbang beras lainnya. Ini membuat beras hitam menjadi salah satu sumber serat dan protein nabati yang baik. Bukan hanya itu, beras hitam juga memiliki kandungan kalori yang tidak terlalu tinggi. Untuk lebih rinci tentang perbandingan kandungan nutrisi anatara 4 jenis beras ini. Yuk langsung aja kita bahas, Sobat!

  1. Kandungan Nutrisi  Beras cokelat

Beras cokelat juga mengalami proses penggilingan, tapi tidak sama dengan beras putih, beras cokelat hanya menghilangkan lapisan terluarnya dan tidak menghilangkan lapisan tengah. Beras cokelat memiliki tekstur yang lebih keras dibandingkan dengan beras putih ketika dimasak.

Selain itu, beras cokelat mengandung magnesium yang cukup tinggi dan serat sebesar 2,8 gram per 100 gram. Sementara itu, total protein per 100 gram beras cokelat yaitu sebesar 7,9 gram. Lebih tinggi daripada 100 gram beras putih yang hanya mengandung sekitar 6,8 gram. Tingkat indeks glikemiknya sedang, sehingga mengonsumsi beras cokelat akan membuat Anda kenyang lebih lama.

2. Kandungan Nutrisi Beras Hitam

Dalam sejarah, beras hitam dianggap dapat memperpanjang umur karena kandungan nutrisinya yang tinggi. Dibanding beras putih, kandungan beras hitam memiliki nutrisi yang lebih tinggi sehingga baik untuk kesehatan tubuh.Beras hitam memiliki tekstur yang keras dan pera, sehingga membutuhkan waktu memasak yang cukup lama untuk membuatnya lembut. Dalam beras hitam terdapat kandungan vitamin E yang cukup tinggi sehingga baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menangkal radikal bebas, dan memperbaiki kerusakan sel pada organ hati. Setidaknya, beras ini mengandung 4,9 gram serat, 8,5 gram protein, dan 3,5 gram zat besi dalam 100 gram beras hitam.

3. Kandungan Nutrisi Beras merah

Sama dengan beras cokelat, beras merah juga memiliki tekstur yang lebih keras dan kasar. Beras merah bermanfaat untuk menjaga keseimbangan produksi sel darah merah dan hormon serotonin (hormon yang mengatur nafsu makan) lantaran mengandung zat besi dan vitamin B6. Warna merah yang ada pada beras ini didapatkan dari lapisan luar yang mengandung antosianin yang membuat warnanya merah. Dalam 100 gram beras merah terdapat 7 gram kandungan protein dan 2 gram serat.

4. Kandungan Nutrisi Beras Putih

Beras putih memiliki lapisan kulit yang sudah dibuang sebelumnya, makanya beras ini berwarna putih. Proses penggilan membuat beras putih berkurang kandungan zat gizinya jika dibandingan dengan jenis beras merah, coklat atau hitam. jika dibandingkan dengan jenis beras yang lain, beras putih mengandung serat yang lebih sedikit dari pada jenis beras lain, seperti beras merah, coklat, dan hitam. Hal tersebut dikarenakan lapisan luar dan lapisan tengah beras yang mengandung serat tinggi telah hilang akibat proses penggilingan, sedangkan pada beras merah dan hitam tidak. Kandungan nutrisi dari 100 gram beras putih mengandung 0,6 gram serat, 6,8 gram protein, dan 1,2 gram zat besi.

Setelah mengetahui perbandingan ke-4 jenis beras organik di atas, mana jenis beras organik yang menjadi favorit kamu, Sobat? Yuk, beli berbagai jenis beras berkualitas di sibakuljogja.jogjaprov.go.id/profil/SB188752 atau instagram.com/berasorganikyogyakarta.

Perbandingan Nutrisi Beras Organik
Beras Merah Organik JAWARA

Ar organik Jogja merupakan UKM mitra SiBakul Jogja. Ar organik Jogja adalah produsen beras organik yang dikenal dengan brand produk “JAWARA”. Produk unggulan beras organik yang di produksi antara lain beras merah, beras hitam, beras coklat, beras pink, pandan wangi dan beras mentik susu.
Untuk membeli produk-produk Ar organik sobat dapat mengunjungi alamat usahanya langsung  di Tangkilan 02/22, SIDOARUM, GODEAN, KABUPATEN SLEMAN Atau  sobat bisa menghubungi saluran-saluran online pemasaran Ar organik di bawah ini.

Info Kontak :

WA : 088225265151

Intagram :  @berasorganikyogyakarta atau instagram.com/berasorganikyogyakarta

Website : sibakuljogja.jogjaprov.go.id/profil/SB188752

Sumber & Artikel Terkait :

sibakuljogja.jogjaprov.go.id/blog/ar-organik-jogja

www.sehatq.com/artikel/manfaat-beras-hitam-untuk-kesehatan

hellosehat.com

blog.sayurbox.com/4-perbedaan-jenis-dan-rasa-beras/

sibakul

Sibakul Jogja

You may also like...