Categories: Uncategorized

Tips Memasak Beras Coklat, Dijamin Pulen dan Empuk

Nasi dari Beras Coklat

Tips Memasak Beras CoklatHallo Sibakul Friends, beras memiliki banyak jenis, salah satunya adalah beras coklat organik. Apa itu beras coklat? Bagaimana tips memasak beras coklat? Nah, dari pada penasaran langsung aja simak penjelasan dibawah ini.

Beras coklat (brown rice)  atau beras pecah kulit jauh lebih bergizi daripada nasi putih biasa dan bisa menjadi makanan yang sehat sekaligus mengenyangkan. Beras coklat memang memiliki nutrisi yang lebih tinggi dibanding beras putih. Namun, teksturnya lebih keras. Hal inilah yang kerap membuat kita enggan mengonsumsinya. 

Tips memasak beras coklat sangatlah sederhana dan mudah lho, hanya dibutuhkan sedikit lebih banyak air dan waktu daripada nasi putih biasa. Kira-kira kenapa ya, memasak beras coklat membutuhkan waktu lebih lama? Jawabannya karena beras coklat hanya mengalami satu kali penggilingan, Sobat. Sehingga beras ini masih memiliki lapisan kulit ari. Lapisan kulit ini yang menyebabkan air sulit masuk saat proses memasak, sehingga menyebabkan nasi coklat menjadi lebih keras.

Memasak beras coklat agar pulen tidak harus menggunakan rice cooker. Meski jika menggunakannya akan lebih simpel, namun mince sibakul akan berikan tips memasak beras coklat yang bisa diterapkan dengan alat masak apapun nih, hehehe 😊.

Berikut Tips Cara Memasak Beras Coklat Agar Pulen dan Empuk Maksimal

Tips pertama, Sobat perlu menambahkan air 50% lebih banyak dibanding saat memasak beras putih. Beras coklat memiliki kulit ari yang keras namun kaya nutrisi. Karenanya dibutuhkan banyak air dan proses menanak yang lebih lama. Sebagai contoh, jika kamu menggunakan 500 ml dengan gelas ukur (2 gelas biasa) air untuk menanak 370 gram  beras putih, maka Sobat perlu menambahkan 250 ml air lagi untuk menanak 370 gram beras coklat. 

Dengan cara ini, Sobat akan mendapatkan nasi coklat yang pulen dan mudah dinikmati bersama aneka lauk dan  sayur segar.

Tips kedua, jika tidak ingin memasak beras coklat dalam waktu yang lama, Sobat dapat melakukan cara yang kedua ini, lho. Caranya adalah rendam beras coklat selama 20-30 sebelum menanaknya, ya. Proses perendaman akan membuat kulit ari lebih lunak, karena partikel air telah memasuki kulit ari dan biji beras. Setelah maksimal 30 menit, segera masak beras coklat tersebut dengan perbandingan air yang sama dengan saat memasak beras putih.

Demikian Tips cara memasak beras coklat yang akan mendukung mewujudkan hidup sehat sobat dan keluaga. Oh iya, perlu diketahui bahwa nasi coklat memang mengandung serat yang lebih tinggi dibanding nasi putih serta nasi coklat kaya akan antioksidan. Selamat Mencoba Sobat.

Oh iya nih, jika masih bingung dimana mendapatkan beras colat organik, Sobat bisa membeli merek “JAWARA”, beras organik alami dengan kualitas unggul di instagram.com/berasorganikyogyakarta. Yuk, cek produknya sekarang.

Ar organik Jogja merupakan UKM mitra SiBakul Jogja. Ar organik Jogja adalah produsen beras organik yang dikenal dengan brand produk “JAWARA”. Produk unggulan beras organik yang di produksi antara lain beras merah, beras hitam, beras coklat, beras pink, pandan wangi dan beras mentik susu. Untuk membeli produk-produk Ar organik sobat dapat mengunjungi alamat usahanya langsung  di Tangkilan 02/22, SIDOARUM, GODEAN, KABUPATEN SLEMAN Atau  sobat bisa menghubungi saluran-saluran online pemasaran Ar organik di bawah ini.

Info Kontak :

WA : 088225265151

Intagram :  @berasorganikyogyakarta atau instagram.com/berasorganikyogyakarta

Website : sibakuljogja.jogjaprov.go.id/profil/SB188752

Sumber & Artikel Terkait :

kecipir.com



sibakul

Sibakul Jogja

Share
Published by
sibakul

Recent Posts

Beras-Organik Jogja, “JAWARA” Beras Favoritnya

Beras-Organik Jogja - Hallo Sibakul Friends. Sekarang ini sudah banyak orang yang mengenal dan mengkonsumsi…

2 years ago

Mentik Wangi Susu, Beras Jepang-Nya Indonesia

Sumber Gambar : Martani.id Mentik Wangi Susu - Hallo Sobakul Friends. Beras organik belakangan ini…

2 years ago

Nasi Merah vs Nasi-Putih, Pilih Mana Ya?

Sumber Gambar : Klikdokter.com Nasi Merah vs Nasi-Putih - Nasi adalah makanan pokok masyarakat di…

2 years ago

Perbandingan Nutrisi Beras Organik,Yang Mana Paling Sehat?

Sumber Gambar : Myfood.co.id Perbandingan Nutrisi Beras Organik  - Nasi merupakan makan pokok oang Indonesia.…

2 years ago

Kandungan Gizi Beras Hitam, Ajaib & Luarbiasa !!!

Sumber Gambar : Alodokter.com Kandungan Gizi Beras Hitam - Apakah Sibakul Friends pernah mengonsumsi atau…

2 years ago

Rekomendasi Beras Organik Terbaik : Jenis dan Merek

Rekomendasi Beras Organik Terbaik - Beras organik mempunyai banyak varian. Biasanya orang-orang hanya memilih berdasarkan…

2 years ago