Categories: Uncategorized

Cara Menyimpan Batik Tulis Agar Tak Cepat Rusak

Cara Menyimpan Batik Tulis – Batik tulis merupakan produk kain yang diproses dengan teknik batik paling tinggi lantaran membutuhkan tingkat ketelitian tinggi.

Tak heran apabila hasilnya indah dan mengandung makna filosofi mendalam. Sentuhan tangan langsung dari para pengrajin membuatnya bernilai tinggi dibandingkan batik cap atau print. Maka sudah sewajarnya jika sang pemilik berhati-hati dalam penyimpanannya.

Jika tidak disimpan dengan baik, kain batik tulis rentan akan kerusakan dan warnanya pudar. Risik lain yang mengintai adalah ngengat yang bisa memakan kain.

Agar batik tulis koleksi kita awet, pelajari bagaimana cara menyimpan batik tulis yang benar.

  • Digantung, jangan dilipat

Melipat baju batik akan meninggalkan bekas lipatan yang susah diluruskan ketika kain itu disetrika. Atau, bisa jadi bagian tinta yang terlipat luntur sehingga baju batik terlihat kurang apik. Solusinya, kita bisa menggantung baju batik tulis agar tetap lurus dan licin. Lain halnya dalam menyimpan kain batik.

Kain batik sebaiknya tidak dilipat, tetapi digulung. Lewat teknik ini, tekstur kain yang halus dan rapi akan terjaga sampai kita siap untuk menggunakan kain batik.

Jika tidak memiliki papan kayu yang biasa digunakan penjual di toko batik, pipa paralon atau bahan lainnya bisa dijadikan alternatif untuk meletakkan kain batik.

Usahakan tidak ada bagian kain yang terlipat. Selalu tarik kain perlahan-lahan dan rapikan seluruh permukaan kain setiap kali kita menggulung kain tersebut.

  • Berikan jarak saat digantung

Cara ini akan mencegah tinta dan warna pada baju batik tulis menempel dengan baju batik tulis lainnya. Untuk baju batik yang digantung, berikan jarak sekitar tiga sampai empat sentimeter antara satu dan yang lain. Bisa juga melapisi setiap baju batik dengan plastik baju gantung, sehingga kita tidak perlu memberikan jarak. Nah, pada koleksi kain batik yang digulung, lebih aman jika gulungan kain dilapisi kain polos berbahan katun atau kain halus lainnya. 

  • Simpan kain batik di lemari

Batik tulis harus diperlakukan berbeda dari kain biasa. Simpan kain batik ini di lemari bersuhu kering, jangan di tempat lembap. Jika kain batik tulis diletakkan di tempat yang lembap, ngengat dan serangga lain akan menghampiri dan menggerogoti kain. Alhasil batik tulis kesayangan menjadi berlubang. Catatan lainnya, pastikan kain atau baju batik benar-benar dalam kondisi kering sebelum disimpan di lemari pakaian. Kain yang tidak kering juga mudah ditumbuhi jamur dan ngengat. 

  • Beri lada atau akar wangi

Saat menyimpan kain batik di lemari atau koper, lapisi batik tulis dengan kain atau kertas satu demi satu. Selain itu, berikan sedikit lada atau akar wangi, yang akan menghindarkan kain dari ngengat.

  • Jangan pakai kapur barus

Biasanya kita menyimpan pakaian di lemari dengan menambahkan kapur barus. Khusus untuk batik tulis, jangan diberi kapur barus karena zat padat ini bersifat keras dan mampu merusak kain batik.

  • Jangan gunakan parfum atau pengharum lemari

Pewangi setrika, wewangian seperti parfum, atau pengharum lemari merupakan bahan yang keras, jadi jangan dipaparkan ke kain atau kemeja batik tulis. Jika batik tulis terpapar bahan-bahan tersebut, maka akan terdapat bekas noda yang sulit dihilangkan atau dicuci di kain atau kemeja batik tulis.

Minkul punya rekomendasi salah satu produsen batik tulis di Yogyakarta, yaitu Batik Hepi Kalista. Batik Hepi Kalista adalah UMKM yang bergerak di bidang fashion yang memproduksi  batik tulis, batik cap, syal batik, pasmina batik, kain motif jumputan, shibori, blouse, kaos, baju etnik, masker, yang dibuat handmade, yang pengerjaannya dilakukan dengan menggunakan tangan manusia bukan printing yang pewarnaannya dari warna alami.

Untuk informasi pemesanan Batik Ecoprint Hepi Kalista :

  • Shopee : hepikalista
  • Website : batikhepikalista.com
  • WhatsApp : 0858 6717 1717
  • Instagram : hepikalista

Batik Hepi Kalista yang beralamat di Jl. Bantul No. RT 002, Glondong, Tirtonirmolo, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55181.

Cara Menyimpan Batik Tulis

Baca juga : https://sibakuljogja.jogjaprov.go.id/blog/batik-happy-callista/cara-membuat-batik-jumputan-yang-mudah-dipraktikkan/ , https://sibakuljogja.jogjaprov.go.id/blog/batik-happy-callista/jumputan-siap-angkat-potensi-wisata/

sibakul

Sibakul Jogja

Share
Published by
sibakul

Recent Posts

Motif Batik Yogyakarta, Punya Ciri Khas dan Filosofi

Motif Batik Yogyakarta - Setiap daerah di Indonesia memiliki batik dengan ciri khas masing-masing, tak terkecuali batik…

2 years ago

Tips Membedakan Batik Cap, Tulis dan Print

Tips Membedakan Batik - Batik adalah hasil karya bangsa Indonesia yang merupakan perpaduan antara seni…

2 years ago

Tips Mengenali Batik Tulis

Tips Mengenali Batik Tulis - Batik tulis yang bernilai jual tinggi seringkali susah dibedakan dengan…

2 years ago

Rekomendasi Batik Etnik Brand Lokal

Rekomendasi Batik Etnik - Saat ini mengenakan pakaian dengan motif etnik bukanlah hal yang langka.…

2 years ago

Inovasi Masker Batik Cantik Saat Wabah Covid-19

Inovasi Masker Batik - Pandemi virus Covid-19 yang melanda Indonesia menyebabkan kebutuhan masker melonjak tajam. Peluang tersebut…

2 years ago

Cara Membuat Batik Jumputan yang Mudah

Cara Membuat Batik Jumputan - Indonesia adalah negara kepulauan dan merupakan negara yang memiliki flora…

2 years ago