Categories: Uncategorized

Motif Batik Yogyakarta, Punya Ciri Khas dan Filosofi

Motif Batik Yogyakarta – Setiap daerah di Indonesia memiliki batik dengan ciri khas masing-masing, tak terkecuali batik Yogyakarta. Salah satunya terletak pada warnanya. Warna dasar batik Yogyakarta adalah putih atau biru kehitaman.

Sementara itu, pewarnaan motifnya didominasi cokelat atau soga, putih bersih atau pethak, biru tua atau wedel, dan hitam atau cenderung biru pekat kehitaman.

Minkul punya informasi mengenai lima motif Yogyakarta yang paling populer nih, yuk simak!

  • Motif Semen

Motif Semen dimaknai sebagai penggambaran dari “kehidupan yang semi” (kehidupan yang berkembang atau makmur). Terdapat beberapa jenis ornamen pokok pada motif-motif semen. Yang pertama adalah ornamen yang berhubungan dengan daratan, seperti tumbuh-tumbuhan atau binatang berkaki empat.

  • Motif Parang Rusak Barong

Salah satu motif yang paling populer di antara semua jenis batik Nusantara adalah parang. Garis diagonal perengan, terdapat motif seperti bentuk huruf S dengan ornamen bulatan pada kedua ujungnya. Bentuk S tersebut saling menjalin tanpa terputus dengan mengikuti garis diagonal perengan tadi. Secara umum, bentuk dasar berupa huruf S terinspirasi dari gulungan ombak yang tidak henti-henti. Gulungan ombak tersebut menyimbolkan semangat atau daya juang manusia agar selalu ada dan tidak hilang. Sementara jalinan tidak terputus menggambarkan usaha seseorang agar ia tidak pernah menyerah melainkan selalu bergerak. Ini juga bisa diartikan sebagai hubungan antar keluarga yang tidak boleh terputus. Sedangkan garis diagonal perengan mengandung makna cita-cita, penghormatan kepada nilai-nilai agung. Motif ini berasal dari Keraton Surakarta. Namun ini juga populer di Yogyakarta maupun bagian Jawa lainnya.

  • Batik Ceplok Kasatrian

Batik ceplok atau ceplokan merupakan jenis batik yang memiliki pola atau motif dengan bentuk dasar geometri, seperti persegi, oval maupun bintang yang disusun melingkar sehingga menyerupai sekuntum bunga dengan pola simetris. Bentuk tersebut terinsirasi dari buah kawung atau buah aren yang dibelah empat.

Variasi dalam batik ceplok sangat kaya, bentuk utama geometris bisa diisi atau dalam istilah batik disebut isen-isen dengan motif batik lainya seperti kawung, parang klithik, truntum atau hiasan isen-isen lainnya seperti bunga dan gerdo atau garuda.

Motif batik ceplok ini menggambarkan suratan takdir dan keteraturan kehidupan, bawah dalam kehidupan di dunia sudah ada aturan dan garisnya. Sehingga dharapkan sipemakai batik ini dapat menjalani hidup secara teratur. Pada zaman dulu, batik ceplok digunakan oleh aparat pemerintahan. Dengan menggunakan motif batik ini diharapan para aparat pemerintahan akan bertugas dengan benar dan jujur.

  • Motif Kawung

Kain motif ini merupakan motif batik di Indonesia yang paling terkenal dari Jogja. Dari motifnya, batik Kawung memiliki arti yang melambangkan harapan agar manusia selalu ingat dari mana asal-usulnya. Dalam arti lain, motif Kawung ini juga dapat diartikan dengan makna kesempurnaan, kemurnian dan kesucian. 

  • Motif Nitik

Batik nitik ini merupakan batik khas Yogyakarta, yang mana asalnya tepatnya di Desa Wonokromo dekat Kotagede. Motif ini melambangkan keanekaragaman seperti daun, sulur, dan bunga, serta digambarkan membentuk pola geometris. Batik nitik dibuat dengan teknik dobel ikat yang dikenal dengan “Patola” atau “Cinde”. Masyarakat Jawa dikenal sebagai kelompok masyarakat yang memegang teguh nilai-nilai budaya. Pandangan hidup kelompok ini sering kali dituangkan dalam bentuk kesenian yang indah, salah satunya adalah batik.

Bermacam-macam bukan Motif Batik Yogyakarta? Minkul punya rekomendasi salah satu produsen batik di Yogyakarta, yaitu Batik Hepi Kalista. Batik Hepi Kalista adalah UMKM yang bergerak di bidang fashion yang memproduksi  batik tulis, batik cap, syal batik, pasmina batik, kain motif jumputan, shibori, blouse, kaos, baju etnik, masker, yang dibuat handmade, yang pengerjaannya dilakukan dengan menggunakan tangan manusia bukan printing yang pewarnaannya dari warna alami.

Untuk informasi pemesanan Batik Ecoprint Hepi Kalista :

  • Shopee : hepikalista
  • Website : batikhepikalista.com
  • WhatsApp : 0858 6717 1717
  • Instagram : hepikalista

Batik Hepi Kalista yang beralamat di Jl. Bantul No. RT 002, Glondong, Tirtonirmolo, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55181.

Motif Batik Yogyakarta
Motif Batik Yogyakarta

Baca juga : https://sibakuljogja.jogjaprov.go.id/blog/batik-happy-callista/rekomendasi-batik-brand-lokal-dengan-etnik-modern/ , https://sibakuljogja.jogjaprov.go.id/blog/batik-happy-callista/oleh-oleh-khas-yogyakarta-apa-aja-sih/

sibakul

Sibakul Jogja

Share
Published by
sibakul

Recent Posts

Tips Membedakan Batik Cap, Tulis dan Print

Tips Membedakan Batik - Batik adalah hasil karya bangsa Indonesia yang merupakan perpaduan antara seni…

2 years ago

Cara Menyimpan Batik Tulis Agar Tak Cepat Rusak

Cara Menyimpan Batik Tulis - Batik tulis merupakan produk kain yang diproses dengan teknik batik…

2 years ago

Tips Mengenali Batik Tulis

Tips Mengenali Batik Tulis - Batik tulis yang bernilai jual tinggi seringkali susah dibedakan dengan…

2 years ago

Rekomendasi Batik Etnik Brand Lokal

Rekomendasi Batik Etnik - Saat ini mengenakan pakaian dengan motif etnik bukanlah hal yang langka.…

2 years ago

Inovasi Masker Batik Cantik Saat Wabah Covid-19

Inovasi Masker Batik - Pandemi virus Covid-19 yang melanda Indonesia menyebabkan kebutuhan masker melonjak tajam. Peluang tersebut…

2 years ago

Cara Membuat Batik Jumputan yang Mudah

Cara Membuat Batik Jumputan - Indonesia adalah negara kepulauan dan merupakan negara yang memiliki flora…

2 years ago