Categories: Uncategorized

Tampil Beda dengan Batik Etnik Ecoprint

Tampil Beda dengan Batik Etnik – Sesuai namanya, ecoprint adalah seni membatik kain menggunakan tanin atau zat pewarna alami dari daun. Daun yang digunakan bisa beragam jenis dan bentuk. Zat pewarna yang digunakan pun juga berasal dari alam, tentunya lebih ramah lingkungan.

Meskipun menggunakan pewarna alami, warna yang dihasilkan sangat indah dan unik. Bahkan corak batik ecoprint pasti berbeda pada tiap lembar kain. Desain seperti ini membuat tampil dengan beda.

Happy, salah satu produsen batik ecoprint asal Bantul Yogyakarta menggunakan pewarna alami, warna yang dihasilkan sangat indah dan unik. Bahkan corak batik ecoprint pasti berbeda pada tiap lembar kain.

Seringkali produsen ecoprint menggunakan tanaman di halaman rumahnya untuk menbuat batik. Seperti daun Jati, jarak wulung, lanang, jarak kepyar, red tanama, tabebuya, dan daun kejaran. Dia mengaku kreativitasnya membuat batik ecoprint didapatkan dari tutorial di YouTube. 

Selain untuk busana, mengkreasi batik ecoprint menjadi blouse, kaos, outer, kemeja, daster dll. Hal ini membuat akan membuat Anda tampil beda dengan batik etnik ecoprint

Cara membuat batik ecoprint, langkah pertama kain putih polos jenis katun atau sutra dicuci untuk membersihkan kotoran dari pabrik. Lalu direndam menggunakan tawas cuka air dan bahan lainya selama 12 hingga 24 jam. Langkah ini agar pori-pori kain terbuka sehingga bisa menerima zat tanin atau pewarna alami daun secara maksimal. Selanjutnya mulai menata daun-daun yang telah dibersihkan dengan air di atas kain yang sudah siap.

Digulung kemudian di steam selama 2 jam. Setelah itu gulungan kain tersebut dibuka, dibersihkan daunya lalu dijemur atau diangin-angin kan. jangan dijemur dibawah terik matahari.

Ecoprint buatan Unick dibanderol dengan harga paling murah mulai dari Rp 80 ribu hingga paling mahal Rp 350 ribu. Tergantung jenis bahan dan barangnya. Dengan harga tersebut sudah bisa tampil beda, karena dengan harga tersebut Anda bisa menggunakan batik dengan model yang menarik

Untuk memasarkan hasil kreativitasnya Happy memanfaatkan sosial media. Paling jauh dia pernah melakukan pengiriman ke luar kota, bahkan luar Jawa. Semua itu merupakan pembeli online melalui marketplace Instagram, Shopee, order by WA, Sibakul Jogja, PKG YIA.

Untuk perawatan batik ecoprint hampir sama dengan batik tulis. Usahakan tidak mencucinya dengan detergen, cukup menggunakan sampo yang lembut atau sabun klerek. Lalu dikeringkan di suhu rendah. Disarankan agar tidak dijemur dibawah matahari.

Untuk informasi pemesanan Batik Ecoprint Hepi Kalista :

  • Shopee : hepikalista
  • Website : batikhepikalista.com
  • WhatsApp : 0858 6717 1717
  • Instagram : hepikalista

Batik Hepi Kalista yang beralamat di Jl. Bantul No. RT 002, Glondong, Tirtonirmolo, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55181.

Baca juga : https://sibakuljogja.jogjaprov.go.id/blog/batik-happy-callista/batik-happy-callista/

Batik Etnik
Batik Etnik
sibakul

Sibakul Jogja

Share
Published by
sibakul

Recent Posts

Motif Batik Yogyakarta, Punya Ciri Khas dan Filosofi

Motif Batik Yogyakarta - Setiap daerah di Indonesia memiliki batik dengan ciri khas masing-masing, tak terkecuali batik…

2 years ago

Tips Membedakan Batik Cap, Tulis dan Print

Tips Membedakan Batik - Batik adalah hasil karya bangsa Indonesia yang merupakan perpaduan antara seni…

2 years ago

Cara Menyimpan Batik Tulis Agar Tak Cepat Rusak

Cara Menyimpan Batik Tulis - Batik tulis merupakan produk kain yang diproses dengan teknik batik…

2 years ago

Tips Mengenali Batik Tulis

Tips Mengenali Batik Tulis - Batik tulis yang bernilai jual tinggi seringkali susah dibedakan dengan…

2 years ago

Rekomendasi Batik Etnik Brand Lokal

Rekomendasi Batik Etnik - Saat ini mengenakan pakaian dengan motif etnik bukanlah hal yang langka.…

2 years ago

Inovasi Masker Batik Cantik Saat Wabah Covid-19

Inovasi Masker Batik - Pandemi virus Covid-19 yang melanda Indonesia menyebabkan kebutuhan masker melonjak tajam. Peluang tersebut…

2 years ago