Categories: Uncategorized

Tips Mengenali Batik Tulis

Tips Mengenali Batik Tulis – Batik tulis yang bernilai jual tinggi seringkali susah dibedakan dengan batik cap dan print yang harganya jauh relatif lebih murah.

Padahal, batik tulis merupakan produk kain dengan tingkatan teknik terbaik. Pengerjaannya dilakukan secara manual dengan tangan, sehingga membutuhkan ketelitian dan keahlian membatik lebih baik dibandingkan batik cap maupun print.

Batik tulis bisa dibilang menjadi batik terbaik, sekaligus batik dengan harga yang paling mahal dari jenis lainnya. Hal tersebut dikarenakan proses pembuatannya memakan waktu paling lama dari jenis batik yang lain. Dari segi kualitas dan estetika, batik tulis juga lebih unggul.

Bahkan banyak batik tulis yang hanya memiliki satu kain tiap satu motifnya. Ditambah lagi, keragaman budaya Indonesia yang kaya tercermin dari karya batik di penjuru Nusantara, mengingat hampir setiap daerah memiliki corak khas batik masing-masing. Sehingga, tiap lukisan pembuat batiknya akan berbeda-beda.

Itulah mengapa batik kualitas utama ialah batik buatan tangan, baik ditulis maupun dicap.

Satu tingkat di bawah batik tulis dan batik cap, ialah kain tekstil yang diberi print motif batik. Jenis ini sebenarnya bukan termasuk batik, melainkan kain print batik.

Minkul punya beberapa tips bagaimana sih cara membedakan batik tulis yang berkualitas tinggi dan juga bagaimana perbedaan dengan batik cap dan batik print.

Yuk simak cara membedakannya:

  • Tinta batik tulis tembus ke belakang

Batik yang melewati proses pencantingan ataupun pengecapan dengan menggunakan lilin, akan tembus ke kain bagian belakang. Maka dari itu harus dilihat dari dua sisi kain (bolak-balik).

Pada batik yang asli, bagian depan dan belakang memiliki warna, corak, dan motif yang persis sama. Semua tintanya tembus ke belakang.

Namun jika kain print, hanya berwarna di satu sisi, sedang sisi lainnya putih seperti kain asalnya.

  • Batik print memiliki bau tekstil yang menyengat

Pertama, ciumlah bau kainnya. Batik kain print akan mengeluarkan bau tekstil yang menyengat.

Sedangkan batik asli mengeluarkan bau malam yang tak menyengat. “Bau kain print itu bau tinta kimia, jadi nyengat. Kalau bau malam khas lilin, gak menyengat,” jelas Tri.

  • Batik palsu justru lebih rapi

Kain print yang diklaim sebagai batik ternyata akan menghaslkan motif yang lebih rapi dari batik aslinya. Batik buatan tangan baik dicap maupun tulis memang tidak serapi print, karena manual menggunakan gerakan tangan manusia.

“Batik yang print itu kan kerjaan mesin, jadi wajar lebih presisi dari garis dan warnanya. Kalau yang asli malah ada seninya,” kata Tri sambil memperlihatkan perbedaan kedua batik tersebut kepada KompasTravel.

  • Harganya jauh beda

Ungkapan “ada harga, ada rupa” nampaknya bisa diterapkan saat membeli batik.

Batik khas Semarang yang ditulis harga per dua meter kainnya mulai Rp 300.000 hingga jutaan, dan batik cap memiliki harga sekitar Rp 150.000.

Sedangkan kain print yang bermotif batik hanya Rp 50.000 per dua meter persegi.

  • Awas, banyak yang sama

Kekurangan lain jika Anda membeli kain print bermotif batik ialah akan menemukan banyak motif yang sama di pasaran. Karena sekali produksi menghasilkan banyak batik dengan motif sama.

Minkul punya rekomendasi salah satu produsen batik tulis di Yogyakarta, yaitu Batik Hepi Kalista. Batik Hepi Kalista adalah UMKM yang bergerak di bidang fashion yang memproduksi  batik tulis, batik cap, syal batik, pasmina batik, kain motif jumputan, shibori, blouse, kaos, baju etnik, masker, yang dibuat handmade, yang pengerjaannya dilakukan dengan menggunakan tangan manusia bukan printing yang pewarnaannya dari warna alami.

Untuk informasi pemesanan Batik Ecoprint Hepi Kalista :

  • Shopee : hepikalista
  • Website : batikhepikalista.com
  • WhatsApp : 0858 6717 1717
  • Instagram : hepikalista

Batik Hepi Kalista yang beralamat di Jl. Bantul No. RT 002, Glondong, Tirtonirmolo, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55181.

Tips Mengenali Batik Tulis

Baca juga : https://sibakuljogja.jogjaprov.go.id/blog/batik-happy-callista/cara-membuat-batik-jumputan-yang-mudah-dipraktikkan/ , https://sibakuljogja.jogjaprov.go.id/blog/batik-happy-callista/cara-membuat-batik-jumputan-yang-mudah-dipraktikkan/

sibakul

Sibakul Jogja

Share
Published by
sibakul

Recent Posts

Motif Batik Yogyakarta, Punya Ciri Khas dan Filosofi

Motif Batik Yogyakarta - Setiap daerah di Indonesia memiliki batik dengan ciri khas masing-masing, tak terkecuali batik…

2 years ago

Tips Membedakan Batik Cap, Tulis dan Print

Tips Membedakan Batik - Batik adalah hasil karya bangsa Indonesia yang merupakan perpaduan antara seni…

2 years ago

Cara Menyimpan Batik Tulis Agar Tak Cepat Rusak

Cara Menyimpan Batik Tulis - Batik tulis merupakan produk kain yang diproses dengan teknik batik…

2 years ago

Rekomendasi Batik Etnik Brand Lokal

Rekomendasi Batik Etnik - Saat ini mengenakan pakaian dengan motif etnik bukanlah hal yang langka.…

2 years ago

Inovasi Masker Batik Cantik Saat Wabah Covid-19

Inovasi Masker Batik - Pandemi virus Covid-19 yang melanda Indonesia menyebabkan kebutuhan masker melonjak tajam. Peluang tersebut…

2 years ago

Cara Membuat Batik Jumputan yang Mudah

Cara Membuat Batik Jumputan - Indonesia adalah negara kepulauan dan merupakan negara yang memiliki flora…

2 years ago