Categories: Uncategorized

Black Garlic Mencegah Kanker, Benarkah?

Black Garlic

Black Garlic Mencegah Kanker? – Bawang hitam merupakan bahan makanan kuno. Pertama kali dibuat di Korea sekitar 4.000 tahun lalu, dan kini kembali digemari oleh pelaku gaya hidup sehat maupun ahli gizi. Para ilmuwan juga telah menemukan banyak manfaat kesehatan yang tidak ditemukan dalam bawang putih biasa.

Black garlic atau bawang putih hitam, kini menjadi bahan makanan sehat yang tengah naik daun. Sobat bisa dengan mudah mendapatkannya di pasar swalayan. Namun, apa sebenarnya manfaat utama bawang putih berwarna hitam ini?

Melansir gooddoctor.co.id bawang hitam memiliki kandungan polifenol yang lebih tinggi, yaitu hampir 10 kali lipat dari bawang putih biasa. Senyawa organik seperti S-alil sistein (SAC) juga lebih efektif untuk mengatasi peradangan. Diyakini bawang hitam mengandung S-allycysteine, yakni sebuah senyawa yang terbukti menurunkan risiko kanker. Menambahkan bawang hitam pada masakan pun bisa membantu menyehatkan tubuh.

Melansir GridHEALTH.id  bawang   hitam dapat menghentikan pertumbuhan dan multiplikasi sel kanker. Bawang hitam atau black garlic, memiliki potensi mencegah terjadinya kanker.

Bagaimana bisa black garlic mencegah kanker?

Untuk diketahui, kanker disebabkan oleh pembelahan sel yang cepat, pertumbuhan, dan multiplikasi. Nah Sobat, ketika balck garlic dikonsumsi dan dicerna pencernaan, bawang hitam langsung menuju akar masalah pertumbuhan sel dan menghancurkannya. Bawang putih hitam menghentikan protein yang membantu pembelahan sel yang cepat. Ini dilakukan oleh bawang hitam yang menghancurkan sinyal yang membantu menghasilkan protein. Selain itu, akumulasi mutasi DNA juga berkontribusi terhadap kanker.

So, jika kita mengonsumsi bawang putih hitam secara teratur atau seperti yang diarahkan oleh dokter, itu meningkatkan produksi mutasi atau penekan tumor dalam tubuh yang dikenal sebagai PTEN, yang menghentikan akumulasi DNA dari akumulasi. Sehingga membantu memastikan bahwa kita tidak terkena kanker.

Penting diketahui, aktivasi berlebihan gen Akt dan p-Akt diketahui menyebabkan kanker. Bawang putih hitam mengurangi produksi gen-gen ini, sehingga mengurangi risiko kita yang rutin mengonsumsi bawang putih hitam menderita kanker. Karena bawang putih hitam memiliki kemampuan untuk menghentikan pertumbuhan sel, para ahli medis telah membuktikan bahwa itu dapat digunakan untuk membantu mengobati leukemia.

Ketika bawang putih hitam dikonsumsi, jumlah enzim dalam tubuh meningkat, termasuk yang mampu menyebabkan kematian sel. Mereka adalah reseptor kematian 4 dan sel-sel reseptor ligan Fas, yang terletak di membran sel tubuh manusia. Sel-sel reseptor ini menempel pada molekul kanker, menyebabkan mereka mati.

Bawang putih hitam juga mengurangi efek enzim Poly-ADP-ribose-polimerase, yang bertanggung jawab untuk perbaikan sel kanker. Ini berarti bahwa begitu sel-sel reseptor kematian menempel pada sel-sel kanker, mereka sepenuhnya mati.

Nah sobat, sudah tahu kan manfaat black garlic ini. Tertarik untuk mencoba konsumsi bawang hitam atau Black garlic? Sobat Bahiko bisa memesan langsung bawang hitam di www.bahiko.com atau instagram.com/bahiko.garlic .

Bahiko garlic – instagram.com/bahiko.garlic

Artikel terkait : https://sibakuljogja.jogjaprov.go.id/blog/bawang-hitam-bahiko/2022/04/25/khasiat-bawang-hitam-untuk-asam-lambung/

https://health.grid.id/read/351707304/bawang-putih-hitam-alias-black-garlic-obat-mujarab-sejak-abad-ke-18-ini-8-manfaatnya?page=all

sibakul

Sibakul Jogja

Share
Published by
sibakul

Recent Posts

Bawang Hitam Solusi Jantung Sehat

Penyakit-Jantung-tokopedia.com/blog Bawang Hitam Solusi Jantung Sehat- Jantung adalah organ vital yang berfungsi sebagai pemompa darah…

2 years ago

Cara Membuat Bawang Hitam,Mudah Banget Lho!

Cara Membuat Bawang Hitam - Bawang hitam memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan. Selain…

2 years ago

Black Garlic Obat Diabetes, Mitos Atau Fakta?

Sumber : Halodoc Black Garlic Obat Diabetes - Melansir alodokter.com Diabetes adalah penyakit kronis yang…

2 years ago

Bawang Hitam Untuk Pria : Rahasia dan Manfaat

Dari Healthline Bawang Hitam Untuk Pria - Bawang hitam saat ini mulai dikenali masyarakat Indonesia.…

2 years ago

Bawang-Hitam Untuk Atasi Asam-Urat

Bawang Hitam Untuk Asam Urat Bawang-Hitam Untuk Atasi Asam-Urat- Asam urat adalah salah satu penyakit…

2 years ago

Bawang Hitam Jogja, ya BAHIKO

Bahiko Garlic Bawang Hitam Jogja - Hallo Sobat Bahiko, Tentunya sudah pada kenal kan dengan…

2 years ago