Uncategorized

Fashion jogja, dari batik, lurik dan jumputan

Batik Lurik

Kain lurik menjadi warisan budaya yang semakin tergerus oleh perkembangan jaman. Oleh Karena itu, jangan biarkan bukti kearifan lokal ini hilang! Indonesia dikaruniai keragaman suku bangsa yang masing-masing memiliki budayanya sendiri. Hal tersebut terlihat pula pada cara berpakaian yang tidak sama antara satu suku bangsa dengan suku bangsa lainnya, berbeda dalam gaya, bentuk serta bahan yang digunakan, kemudian menjadi ciri khas masing-masing daerah bersangkutan. Demikian halnya dengan masyarakat Jawa di Yogyakarta, memiliki pakaian tradisional yang khas, yaitu salah satunya lurik.

Batik Jumputan

Siapa yang tidak mengenal batik jumputan? Salah satu warisan budaya ini sudah diakui dunia sebagai ciri khas asli Indonesia. Warisan budaya ini telah menjadi suatu kebanggaan Tanah Air karena dalam dunia fashion Indonesia begitu menonjol.

Hampir setiap daerah di wilayah Indonesia memiliki kain khas. Batik sendiri bukan hanya dimiliki oleh Pekalongan yang terkenal sebagai kota Batik. Beberapa wilayah Jawa Tengah memiliki kekayaan serupa.

Bahkan kain tradisional ini ternyata juga dimiliki oleh wilayah lain di luar pulau Jawa. Tentu dengan perbedaan ciri khas sesuai dengan daerah asalnya. Misalnya produk buatan Jawa Tengah, karena kain Solo dan Pekalongan jelas berbeda.

Motif jumputan adalah salah satu yang cukup fenomenal di Indonesia. Menggunakan bahan jumputan memberi kesan kalem dan klasik. Penasaran seperti apa karakteristiknya, berikut penjelasan selengkapnya.

sibakul

Sibakul Jogja

You may also like...