Uncategorized

Kopi Tubruk, kopi klasik yang ta lekang zaman

Kopi Tubruk Adalah?

Yogyakarta – Kopi tubruk adalah sajian kopi khas Indonesia. Air panas dituang langsung ke bubuk kopi dalam gelas. Cara membuat kopi tubruk dinilai paling simpel dan mudah karena tidak membutuhkan alat khusus. Namun jangan salah, penyeduhan yang asal dapat merusak rasanya. Simak tips ini untuk mengetahui caranya.

Indonesia memiliki sejarah yang panjang dengan kopi, beragam minuman kopi khas Indonesia dapat ditemui di kedai-kedai, salah satunya adalah kopi tubruk. Metode ini awalnya berasal dari daerah Jawa dan Bali. Karena perkembangan zaman dan migrasi penduduk, metode ini pun hampir digunakan di seluruh Indonesia.

Di Indonesia, metode atau cara membuat kopi tubruk adalah metode yang paling tua. Menurut sejarah, metode seduh ini awalnya diperkenalkan oleh pedagang dari timur tengah pada era kolonial.

Kopi tubruk adalah minuman yang disajikan bersama ampas. Untuk membuatnya, panaskan air hingga mendidih, kemudian giling biji kopi dengan grinder. Apabila Anda membeli kopi dalam bentuk bubuk maka tidak perlu menggilingnya. Setelah air mendidih, tunggu sebentar (sekitar 2 menit), tuang air panas ke dalam gelas dan sajikan.

Cara membuat kopi tubruk sangat bebas dan ukuran giling biji yang digunakan pada dasarnya sesuai selera. Banyak yang menyarankan menggunakan coarse grind size. Namun, Sasame Coffee menyarankan ukuran giling ideal untuk tubruk adalah fine.

Bubuk yang semakin kecil akan lebih mudah tenggelam dan bisa langsung dinikmati, rasa yang dihasilkan juga akan lebih kuat jika digiling fine. Memangsemakin halus gilingan akan terasa lebih pahit jika over extracted, namun itu tidak akan terasa selama minuman belum dingin.

Keunikan rasa yang dihasilkan sajian dengan metode ditubruk adalah pada body dan richness-nya. Durasi waktu ekstraksi berlangsung lama karena bubuk yang dicelupkan menghasilkan body dan rasa yang kuat.

Tak sedikit para pecinta kopi yang menyukai metode ini karena tidak membutuhkan alat seduh khusus dalam prosesnya. Menyeduh dengan metode tubruk sangat mudah, Anda hanya membutuhkan air panas, gelas, dan grinder.

sibakul

Sibakul Jogja

You may also like...