Uncategorized

Kue Lebaran 2023, Yukk Intip Fakta Unik Kue Kastengel!

Published by

Kue Lebaran 2023 – Menyambut hari raya Idul Fitri, umat muslim berbondong-bondong menyediakan kue lebaran di meja tamunya. Tradisi open house atau berkeliling rumah-rumah tetangga, kerabat, serta kolega membuat kebanyakan orang berusaha memberikan suguhan terbaik untuk dinikmati bersama. Kue lebaran jenis kering menjadi andalan sajian karena rasanya yang enak dan bervariasi. Tak ketinggalan kacang bawang atau kacang lainnya.

Kue lebaran yang banyak menjadi favorit orang-orang untuk lebaran 2023 ini contohnya putri salju, nastar, kue sagu, lidah kucing, kastengel, dan lain sebagainya. Salah satu yang akan dibahas dalam artikel ini yaitu kastengel karena hampir ada di setiap toples orang-orang saat hari raya. Terlebih, rasanya yang gurih bercampur manis serta aromanya sangat khas.

Kastengel adalah kue kering yang dibuat dari adonan tepung terigu, telur, margarin, dan parutan keju. Kue ini berbentuk persegi panjang, panjangnya sekitar 3–4 cm dan lebarnya 1 cm, dan dipanggang di dalam oven hingga kuning keemasan. Kastengel merupakan kue kering dengan pengaruh Belanda-Indonesia dalam bentuk stik, umumnya ditemukan di Belanda dan Indonesia. Namanya sendiri menggambarkan bahan, bentuk dan asalnya; kaas adalah kata dalam bahasa Belanda untuk “keju”, sedangkan stengels berarti “tongkat” atau bila diartikan penuh, kastengel berarti kue keju batangan. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa kaastengels memiliki arti keju batangan secara etimologi. Selain itu, kastengel juga sering kali disebut sebagai cheese fingers atau keju jari.

Adonan inti kastengel ialah tepung terigu, margarin, keju, telur, margarin, serta parutan keju. Kue ini ternyata dulunya termasuk hidangan mewah dan sangat langka karena hanya ditemukan di rumah-rumah nyonya Belanda atau perempuan pribumi yang menikah dengan pria Belanda.

Fakta lainnya yakni kastengel aslinya berukuran 30 cm. Akan tetapi, sulit menemukan oven sebesar itu di Indonesia sehingga kue ini diubah menjadi lebih kecil.

Fakta menarik yang terakhir, salah satu kota di Belanda yaitu tepatnya di Krabbedijke, pernah menggunakan kastengel sebagai alat tukar. Masyarakat setempat melakukan barter menggunakan kastengel karena keju dianggap sebagai makanan yang berharga.

Demikian fakta-fakta tak terduga kue kastengel yang lazim menjadi bagian dari kumpulan kue lebaran. Selamat berbelanja untuk persiapan menyambut Idul Fitri 2023.

This post was last modified on May 10, 2023 11:08 pm

sibakul

Sibakul Jogja

Share
Published by

Recent Posts

Kandungan Gizi yang Terkandung di Dalam Camilan Kue Kastengel

Kue kastengel adalah salah satu camilan yang cukup populer di Indonesia, terutama saat momen Hari… Read More

1 year ago

Kue Kering Lezat untuk Menyambut Hari Raya Idul Adha

Hari Raya Idul Adha adalah hari raya besar umat muslim yang dirayakan di seluruh dunia.… Read More

1 year ago

Kue Nastar Masih Menjadi Favorit Kue Lebaran Idul Adha

Lebaran Idul Adha identik dengan berbagai macam kue kering yang enak dan lezat. Salah satu… Read More

1 year ago

Hampers Kue Kering untuk Hadiah Spesial Lebaran

Hampers kue kering untuk lebaran merupakan hadiah yang sangat populer saat menyambut hari raya Idul… Read More

1 year ago

Sensasi Kue Kering nastarkastengel yang Tak Tergantikan

Tak hanya enak, sensasi kue kering kami juga memberi anda kenangan manis. Kue kering selalu… Read More

1 year ago

Kue Kering Lebaran Tradisi yang Menghangatkan dan Merekatkan

Kue kering Lebaran merupakan salah satu tradisi yang paling dinantikan oleh masyarakat Indonesia. Kue ini… Read More

1 year ago