Blog Pasar Kota Gede YIA

4 Tempat Unik Merayakan Upacara Kemerdekaan HUT di Jogja

Merayakan Upacara

Sumber Gambar Inspirasi Tempat Merayakan Upacara : Kompas

Merayakan Upacara – HUT RI adalah momen penting bagi bangsa Indonesia untuk merayakan dan mengenang perjuangan para pahlawan dan tokoh-tokoh yang telah berjuang untuk meraih kemerdekaan. Perayaan HUT RI sering kali melibatkan upacara bendera, pawai, perlombaan, konser musik, pameran sejarah, dan berbagai kegiatan yang mempromosikan semangat persatuan dan kebangsaan.

HUT RI juga menjadi waktu yang tepat untuk merefleksikan kemajuan, pencapaian, serta tantangan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia sejak merdeka. Hal ini juga menjadi ajang untuk memupuk semangat nasionalisme dan cinta tanah air.

Jogja merupakan salah satu kota yang kaya akan budaya dan sejarah Indonesia. Berikut adalah 4 tempat unik di Jogja yang bisa sobat PKG YIA pertimbangkan untuk merayakan upacara HUT kemerdekaan RI:

Daftar Tempat Merayakan Upacara

  1. Pantai Baron

Pada tahun 2019, ada upacara bendera di Pantai Baron mulai pukul 10.00 di tanggal 17 Agustus. Pengibaran bendera dalam upacara HUT ke-74 RI di Pantai Baron, Kabupaten Gunungkidul, menjadi gelaran tahun ketujuh, saat itu.

Upacara unik ini diharapkan menjadi magnet bagi wisatawan.  Lebih unik, tahun 2018, upacara dilakukan di tengah laut. Adapun teknis upacaranya yakni dengan menancapkan tiang di sebuah papan yang diapungkan di tengah laut.

Setelah teks proklamasi dikumandangkan, lalu peserta upacara menceburkan dirinya ke tengah laut. Dari ratusan peserta tersebut, tiga di antaranya khusus membawa bendera merah-putih. Sedangkan, ratusan peserta lainnya mengikuti dari belakang dengan cara berenang menerjang gelombang memakai pelampung.

Tiga orang pembawa bendera berhasil mencapai papan tertancap tiang yang terapung di tengah laut. Namun, tak sedikit peserta lainnya sempat gagal ke tengah laut karena diterjang tingginya gelombang Laut Selatan.

Setelah tiga orang berhasil mendekat ke papan, lalu mereka mengibarkan bendera merah-putih. pascaberkibar, lantas mereka bersama-sama menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dilanjut memekikkan ‘merdeka’. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan turut disiagakan perahu jukung dan jet ski di sekitar lokasi upacara bendera di tengah Laut Selatan. Sejumlah personel SAR juga disiagakan.

2. Kawasan Wisata Malioboro

Untuk kali pertama, perhelatan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-74 di Yogyakarta, diramaikan dengan kegiatan upacara yang digelar ratusan pedagang kaki lima (PKL) di kawasan wisata Malioboro, Sabtu 17 Agustus 2019.

Para wisatawan yang kebetulan sejak pagi sudah menyambangi jantung wisata Kota Gudeg itu pun menjadi saksi acara unik nan khidmat, yang diikuti perwakilan 22 paguyuban pedagang yang berjualan di Malioboro. Para pedagang itu mengenakan berbagai pakaian adat, baju surjan, batik, dan kebaya secara khidmad menggelar upacara itu di depan pintu masuk Kantor Gubernur DIY Kepatihan sisi barat yang berbatasan langsung dengan jalan Malioboro.

3. Gunung Merapi

Di tahun 2021, bendera merah putih berukuran besar berkibar dengan latar belakang puncak Gunung Merapi di Bukit Klangon desa Glagaharjo, Cangkringan.

Sang saka merah putih itu tampak gagah berkibar bertepatan dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-76 pada Selasa (17/8/2021). Terhitung upacara peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia itu sudah empat kali ini dilaksanakan.

Namun, ada yang cukup berbeda dari upacara pengibaran bendera berukuran 9×6 meter tersebut. Jika sebelumnya pengibaran dilakukan saat menyambut tanggal 17 Agustus, tapi kali ini dilakukan tepat pada hari kemerdekaan.

4. Jogja Bay Waterpark

Pada tahun 2019, kawasan wisata Jogja Bay Waterpark menggelar upacara HUT ke-74 Kemerdekaan RI dengan cara yang unik.

Bertempat dia area Jogja Bay South Beach, seluruh peserta upacara yang terdiri dari pengunjung, masyarakat sekitar, manajemen, karyawan, dan staf Jogja Bay Waterpark juga mengenakan seragam ala pejuang 1940-an.

Jenis seragam seperti baju perang, laskar wanita, kebaya jadul, seragam cokelat bercorak loreng, dan ikat kepala warna merah-putih serta topi akan dikenakan.

Upacara bendera bertajuk Upacara di Atas Awan itu diawali dengan peluncuran bendera Jogja Bay Waterpark dari dari lantai II Menara Brando Boomeranggo oleh seorang pirates diterima oleh salah satu pasukan pengibar bendera.

Itulah sederet tempat unik di Yogyakarta yang biasa menjadi tempat upacara bendera di hari kemerdekaan. Kalau sobat PKG YIA, mau ikut yang dimana?

sibakul

Sibakul Jogja

You may also like...