Blog Pasar Kota Gede YIA

7 Desa Wisata Jogja yang Asyik Dikunjungi

Desa Wisata – Yogyakarta atau sering disebut Jogja merupakan daerah istimewa dan destinasi wisata terfavorit di Indonesia setelah Bali tentunya menawarkan berbagai macam pesona keindahan dan keunikan-keunikan didalamnya yang membuat nyaman pengunjungnya dan takkan bisa melupakannya. Salah satu keunikan yang ditawarkan oleh Jogja ini adalah desa wisatanya yang memiliki berbagai macam pesona dan ciri khasnya masing-masing.

Selain pantai dan tempat wisata populer yang biasa menjadi destinasi wisatawan, ada juga destinasi yanga bisa kamu kunjungi di Jogja yaitu mengunjungi desa wisata. Karna di desa wisata, selain bisa mendapatkan pengalaman yang seru dan menyenangkan, kamu juga bisa belajar mengenai kebudayaan Jawa.

Daftar Desa Wisata

Berikut ini merupakan 7 desa wisata Jogja yang akan sangat asyik untuk sobat PKG YIA kunjungi bersama teman-teman ataupun keluarga kecilmu.

  • Desa Tanjung
desa wisata
(Kompasiana.com)

Desa pertama di Jogja yang akan sangat asyik untuk dijadikan sebagai destinasi liburan adalah Desa Wisata Tanjung. Lokasinya sendiri berada tak jauh dari pusat kota yakni hanya kurang lebih 6 kilometer.

Desa ini sendiri diresmikan pada tahun 2001 dan menawarkan suasana tradisional khas masyarakat Jawa yang terasa sangat kental. Pasalnya, kamu bisa melihatnya secara langsung mulai dari kebiasaan hingga peralatan yang dipakai.

Tidak hanya melihat secara langsung, kamu pun bisa terjun langsung untuk merasakan aktivitas masyarakat lokal di desa ini. Beberapa aktivitas seru yang bisa dilakukan adalah belajar membatik, membajak sawah hingga memanen hasil sawah.

  • Desa Manding
desa wisata
(SangPetualang)

Jika kamu tertarik untuk belajar mengenai kerajinan kulit, maka Desa Manding menjadi destinasi liburan yang seru untuk kamu kunjungi selama berada di Jogja. Selama di desa ini, kamu bisa melihat langsung proses pembuatan barang-barang kerajinan berbahan dasar dari kulit. Tak hanya itu, kamu juga bisa belajar cara membuat kerajinan kulit tersebut.

Pulang dari suatu destinasi wisata tak lengkap rasanya jika tidak membeli cindera mata dari tempat tersebut. Sama halnya selama di desa di Jogja ini, kamu bisa membeli tas, sepatu, sabuk, dan jaket berbahan dasar kulit.

  • Desa Bejiharjo
desa wisata
(Visiting Jogja)

Desa Bejiharjo menjadi desa lainnya yang bisa kamu kunjungi selama liburan. Desa satu ini termasuk salah satu desa yang cukup dikenal di Yogyakarta.

Pasalnya, desa ini merupakan juara pertama untuk penghargaan desa wisata terbaik. Desa yang sering disebut sebagai Desa Dewa Bejo ini menawarkan keindahan alam yang menakjubkan.

Sehingga, kamu bisa mengeksplorasi beberapa tempat wisata alam di sini seperti Goa Pindul, Goa Gelatik, Goa Sriti, dan masih banyak lainnya. Kamu pun bisa menikmati aktivitas seru lainnya macam body rafting atau berpetualang menggunakan jeep offroad.

  • Desa Kembang Arum
desa wisata
(Liputan6.com)

Kamu suka dengan situasi di pedesaan yang sejuk? Jika iya, ada baiknya untuk mempertimbangkan destinasi wisata yang satu ini saat liburan di Yogyakarta. Destinasi wisata yang dimaksud adalah Desa Wisata Kembang Arum. Selama di sini, kamu akan dimanjakan dengan udara yang sejuk dengan pepohonan disekelilingnya yang pastinya membuatmu semakin betah.

Jika kamu memang senang melakukan banyak aktivitas seru, beberapa aktivitas seru yang bisa dilakukan di antaranya adalah flying fox, sepak bola lumpur, tarik tambang lumpur, belajar gamelan atau menanam padi, dan masih banyak lainnya.

  • Desa Kasongan
desa wisata
(Wikipedia)

Desa selanjutnya yang bisa kamu kunjungi selama di Jogja adalah Desa Wisata Kasongan. Desa satu ini termasuk desa yang cukup familiar bagi wisatawan yang datang ke Jogja. Kerajinan gerabah menjadi daya tarik yang membuat tempat wisata ini cukup terkenal. Berada di Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Bantul, kamu hanya perlu menempuh 7 kilometer saja untuk sampai ke sini.

Salah satu barang yang seringkali diincar oleh wisatawan yang datang ke desa di Jogja ini adalah patung loro blonyo. Patung ini dipercaya membawa keberuntungan bagi si empunya jika disimpan di rumahnya.

  • Desa Pentingsari
(Alodia Tour & Leisure)

Desa Wisata Pentingsari menjadi desa di Jogja selanjutnya yang wajib masuk ke dalam bucket list tempat wisata selama liburan di Yogyakarta. Daya tarik dari tempat wisata ini adalah udara yang sejuk dan segar. Letaknya yang berada di lerang gunung Merapi, menjadikan tempat yang asyik untuk melepas segala penat dan tekanan sehari-harinya.

Selama di sini, kamu bisa melakukan beberapa aktivitas seru seperti belajar membatik, belajar gamelan, hingga mengunjungi objek wisata di sekitar desa ini. Bahkan, kamu bisa menginap lho di desa ini.

  • Desa Tembi
(Desa Wisata Bantul)

Tertarik mempelajari budaya Jawa dengan cara yang lebih santai dan menyenangkan? Desa Wisata Tembi di Kabupaten Bantul menjadi tempat yang wajib kamu kunjungi selama di Jogja.

Desa satu ini menawarkan lokasi wisata yang pastinya menarik untuk dikunjungi. Beberapa di antaranya adalah galeri batik, restoran, cottage, dan Museum Rumah Budaya Tembi.

Di museum tersebut, kamu bisa melihat berbagai macam koleksi peralatan tradisional yang biasa digunakan oleh masyarakat Jawa seperti keris, tombak, peralatan bertani, hingga peralatan seni membatik.

sibakul

Sibakul Jogja

You may also like...