7 Tips Mengelola Uang THR Lebaran Dengan Tepat

Tips Mengelola THR – Ketika hari Lebaran tiba, hal yang ditunggu-tunggu selain berkumpul bersama keluarga dan teman-teman tercinta adalah ketika mendapatkan uang Tunjangan Hari Raya atau THR. Setelah mendapatkan uang THR, pasti sobat PKG YIA ingin sekali membeli barang-barang seperti baju baru atau bahkan tablet yang sudah lama sobat idamkan!

Namun, sobat harus tetap membatasi penggunaan THR. Jangan sampai sobat menjadi boros dan membeli hal-hal yang sebenarnya tidak diperlukan dan berujung menyesalinya di kemudian hari.

Untuk tips mengelola uang THR lebaran, yuk simak artikel berikut ini !

Tips Mengelola THR Lebaran


(Detik.Com)

Agar THR sobat tidak terbuang sia-sia dan tetap bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, Inilah 7 tips mengelola uang THR Lebaran yang berhasil Blog PKG YIA rangkum !

1. Siapkan Uang untuk Zakat

Membayar zakat fitrah hukumnya wajib dipenuhi oleh umat Islam ketika bulan Ramadan. Maka, sobat harus gunakan uang THR atau dana yang kamu punya untuk memenuhi kewajiban ini. Aturan zakat mal adalah memberikan bahan pokok makanan, beras atau gandum, sebanyak 2,5 kg kepada mustahik atau badan pengurus zakat setempat. Atau, Toppers juga bisa memberikan uang tunai sesuai nominal harga bahan pokok di daerah sobat.

2. Sisihkan untuk Berbagi dengan Keluarga

Setelah kewajiban dan alokasi dana THR sobat sudah terpenuhi, gunakan uang THR sobat untuk berbagi bersama sanak saudara di keluarga sobat. Nominalnya sesuaikan dengan kemampuan pembayaran sobat, asalkan bisa beri secara merata untuk saudara, orang tua, keponakan, paman, sampai tante, mereka pun akan berterima kasih untuk THR yang sobat berikan. Bagi-bagi THR kini lebih klop jika menggunakan amplop lebaran yang lucu dan unik.

3. Pisahkan Uang untuk Ditabung

Nah, tips mengelola uang THR selanjutnya adalah untuk memisahkan uang untuk ditabung, Sobat PKG YIA ! Nah, uang THR bisa digunakan untuk menambah jumlah tabungan sobat. Pisahkan sejumlah uang THR yang sobat dapat ke dalam rekening tabungan sobat. Uang THR ini sangat berguna untuk tabungan jika sobat pandai mengelolanya.

4. THR untuk Karyawan

Tips mengelola uang THR berikutnya adalah menyiapkan uang THR untuk karyawan. Jika sobat memiliki asisten rumah tangga atau supir dirumah, sebaiknya siapkan uang THR untuk mereka. Terkadang kita tidak menyadarinya, tapi uang THR akan sangat berguna untuk mereka jika mereka ingin pulang kampung.

5. Buat Rencana Pengeluaran

Membuat perencanaan pengeluaan merupakan tips mengelola uang THR yang sangat berguna, Sobat PKG YIA ! Gunakan THR dengan bijak dan uang THR jangan dihabiskan seluruhnya. Mulai buat anggaran pengeluaran terlebih dahulu. Tentukan pengeluaran yang diprioritaskan hingga pengeluaran yang dapat dikurangi.

6. Berbagilah dengan yang Membutuhkan

Sobat juga bisa mengelola uang THR dengan menggunakannya untuk berbagi. Mungkin tidak terdengar seperti tips mengelola uang THR yang baik, tapi di sekitar kita ada banyak orang yang juga membutuhkan uang. Dengan berbagi dan membantu orang yang kurang mampu, uang THR sobat akan terpakai untuk hal yang bermakna bagi orang lain.

7. Dana Darurat

Menyisihkan uang THR untuk dana darurat merupakan tips mengelola uang THR yang wajib dilakukan. Sobat bisa menyisihkan uang THR sobat untuk menambah simpanan dana darurat. Keperluan mendadak bisa terjadi kapan saja, dan biayanya juga tidak bisa diprediksi, jadi sobat harus siap untuk mengeluarkan dana untuk keperluan darurat.

Nah, itulah 7 cara mengelola uang THR Lebaran agar uang THR yang sobat dapatkan bisa terkelola dengan tepat dan tidak boros ! Sudah siap belum menyiapkan rencana pengeluaran untuk uang THR sobat ? Yang pasti jangan lupa untuk menyisihkan uang untuk belanja produk UKM unggulan di Galeri Pasar Kotagede YIA !!!

sibakul

Sibakul Jogja

Recent Posts

Kolaborasi Fordasi 2024: Membangun Sumber Daya Manusia Kreatif dan Inovatif Menuju Indonesia Emas

Fordasi (Forum Desentralisasi Daerah Khusus dan Istimewa) merupakan sebuah inisiatif yang dibentuk secara nasional untuk…

20 hours ago

Diskon Besar-Besaran di Galeri Pasar Kotagede YIA: Kesempatan Belanja Hemat Selama Bulan September

Bagi para wisatawan dan pengunjung Yogyakarta International Airport (YIA), September 2024 adalah bulan yang penuh…

2 weeks ago

Keripik Pare dan Tahu dari UKM @intanrahmadhani_snack: Oleh-Oleh Khas Jogja yang Unik dan Menyehatkan

Ketika berbicara tentang Yogyakarta, oleh-oleh khas menjadi salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan. Selain…

2 weeks ago

Gelar Hajatan Merdeka Pasar Kotagede YIA

Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79, Pasar Kotagede YIA menghadirkan sebuah acara…

4 weeks ago

Kriya Gelang @unink.collection Produk Unggul berbahan Batu Alam Pilihan

Gelang berbahan batu alam telah meraih popularitas yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir, berkat keindahan…

1 month ago

Selamat Hari Pramuka! Menghidupkan Semangat Kepanduan untuk Generasi Muda Indonesia

Setiap tanggal 14 Agustus, Indonesia memperingati Hari Pramuka, sebuah momen penting yang dirayakan oleh jutaan…

1 month ago