7 Tips Menjaga Kesehatan Selama Berpuasa

Tips Menjaga Kesehatan – Berpuasa merupakan salah satu cara untuk melakukan proses detoksifikasi atau pembuangan zat-zat beracun dari dalam tubuh secara alami. Akan tetapi, proses detoksifikasi ini tidak akan maksimal jika tidak diimbangi dengan penerapan gaya hidup sehat dan fit selama berpuasa.

Itulah sebabnya, asupan makanan saat sahur dan berbuka serta kebiasaan yang dilakukan selama berpuasa sangat penting untuk diperhatikan. Hal ini dilakukan agar sobat PKG YIA tetap sehat dan fit saat berpuasa.

Tips Menjaga Kesehatan

Berikut ini beberapa tips sederhana menjaga kesehatan selama berpuasa yang bisa sobat lakukan agar tubuh tetap fit selama berpuasa.

1. Jangan lewatkan sahur

(KlikDokter)

Cara paling sederhana untuk menjaga kesehatan selama berpuasa yaitu jangan melewatkan sahur. Sebagaimana sarapan pagi, sahur merupakan bagian terpenting untuk menambah asupan energi selama seharian sampai tiba waktu berbuka. Makanlah yang benar saat sahur dengan memperhatikan asupan nutrisi seimbang dari karbohidrat kompleks, serat dan protein. Sobat bisa mengkonsumsi makanan seperti beras merah, gandum, dan oat yang membuat kenyang lebih lama.

Asupan makanan yang mengandung serat tinggi berasal dari kurma, biji-bijian, kentang, sayuran dan hampir semua buah terutama aprikot, plum, pepaya dan pisang.

Sedangkan asupan protein bisa sobat dapatkan dari telur, keju, yoghurt atau daging rendah lemak yang membantu menambah energi sobat sepanjang hari.

2. Penuhi kebutuhan cairan

Sebagaian besar tubuh kita terdiri dari air, dan kita membutuhkan jumlah yang sama dengan air yang terbuang saat kita berpuasa.

Minumlah setidaknya 8-12 gelas air putih sehari agar tetap sehat selama berpuasa. Sobat bisa memenuhi cairan tersebut saat berbuka puasa hingga saat sahur agar membantu tubuh tetap terhidrasi.

Selain itu, ada baiknya sobat menghindari kafein. Pasalnya, kafein bersifat diuretik yang membuat kita lebih sering buang air kecil, sehingga cairan dalam tubuh cepat hilang.

Cobalah mengurangi minuman berkafein secara berlebihan selama bulan Ramadan untuk menghindari dehidrasi selama berpuasa.

3. Makan secukupnya

(Tribun News)

Selama Ramadhan, waktu yang paling dinanti adalah waktu berbuka. Namun sayangnya banyak orang yang “kalap” ketika menyantap hidangan berbuka.

Langsung memakan banyak makanan saat berbuka akan membuat perut kembung dan begah. Itu sebabnya makan secukupnya dianjurkan saat berbuka puasa agar tetap sehat.

Sobat bisa makan secara bertahap, saat berbuka makanlah makanan yang ringan seperti salad buah, es buah, kurma, atau air putih. Kemudian selang beberapa jam kemudian, barulah makan besar.

4. Hindari makanan berminyak

(Liputan6)

Menu gorengan untuk berbuka puasa memang menggoda sekali. Namun ada baiknya sobat menghindari segala bentuk makanan yang digoreng dengan minyak dalam jumlah banyak agar tetap sehat selama berpuasa.

Pasalnya, makanan ini akan meningkatkan risiko kenaikan kolestrol dalam tubuhmu.

5. Mengurangi makanan dan minuman yang manis

(Wolipop)

Sobat juga diharuskan mengurangi minuman dan makanan manis serta produk olahan agar tetap sehat selama berpuasa. Banyak orang yang keliru mengartikan maksud dari ‘berbuka dengan yang manis’.

Makanan atau minuman manis memang penting dikonsumsi saat berbuka untuk menormalkan gula darah. Hanya saja, sobat perlu memperhatikan porsi makanan atau minuman manis yang dikonsumsi. Apalagi jika rasa manis tersebut terbuat dari gula.

Karena tanpa disadari, minuman dan makanan manis yang kita konsumsi secara rutin selama bulan Ramadhan jutru akan menyebabkan kenaikan berat badan. Sobat harus ingat, untuk memastikan tubuh sehat selama berpuasa, maka energi yang dikeluarkan harus lebih banyak daripada energi yang masuk.

6. Olahraga

(CNN Indonesia)

Puasa bukan jadi halangan untuk melakukan aktivitas fisik. Sobat bisa melakukan olahraga dengan intesitas ringan sampai sedang setelah berbuka puasa agar fit, saat tubuh sudah terpenuhi asupan energinya.

Lakukan olahraga selama 30 menit dengan jalan kaki, bersepeda, jogging ataupun latihan lain yang sesuai dengan kondisi tubuh sobat.

7. Tidur yang cukup

Selain memerhatikan asupan makanan, pengaturan pola tidur juga merupakan hal yang penting. Mengantuk selama puasa bukanlah disebabkan karena tidak makan dan minum seharian, melainkan karena sobat tidak memiliki waktu tidur yang cukup. Jika harus bangun pagi untuk menyiapkan makan sahur, maka pada malam harinya sobat tidak boleh begadang untuk keperluan yang tidak terlalu penting.

Usahakan untuk tidur lebih cepat dari biasanya. Misalnya sesudah salat tarawih. Sebab, kurang tidur akan memengaruhi kinerja otak sehingga menghambat aktivitas sobat nantinya. Cara-cara di atas akan membantu sobat tetap sehat selama berpuasa di bulan suci Ramadhan.

sibakul

Sibakul Jogja

Recent Posts

Gelar Hajatan Merdeka Pasar Kotagede YIA

Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79, Pasar Kotagede YIA menghadirkan sebuah acara…

4 weeks ago

Kriya Gelang @unink.collection Produk Unggul berbahan Batu Alam Pilihan

Gelang berbahan batu alam telah meraih popularitas yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir, berkat keindahan…

1 month ago

Selamat Hari Pramuka! Menghidupkan Semangat Kepanduan untuk Generasi Muda Indonesia

Setiap tanggal 14 Agustus, Indonesia memperingati Hari Pramuka, sebuah momen penting yang dirayakan oleh jutaan…

1 month ago

Hari UKM 2024: Momen Penting untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Melalui Inovasi dan Kolaborasi

Hari UKM Tahun 2024, yang jatuh pada tanggal 12 Agustus, menjadi momen penting yang tidak…

1 month ago

Seni Batik @batikque_batik, Teknik dan Prosesnya

Batik merupakan salah satu warisan budaya yang sangat berharga di Indonesia. Dengan teknik dan proses…

1 month ago

Panduan Memilih Oleh-Oleh Khas Yogyakarta di Galeri @pasarkotagedeyia

Panduan Memilih Oleh-Oleh yang tepat sering kali diperlukan menjadi bagian yang menyenangkan sekaligus menantang dari…

1 month ago