Desa Wisata Tinalah : Desa Wisata yang Penuh Inovasi

Desa Wisata Tinalah – Yogyakarta atau sering disebut Jogja merupakan daerah istimewa dan destinasi wisata terfavorit di Indonesia setelah Bali tentunya menawarkan berbagai macam pesona keindahan dan keunikan-keunikan didalamnya yang membuat nyaman pengunjungnya dan takkan bisa melupakannya. Salah satu keunikan yang ditawarkan oleh Jogja ini adalah desa wisatanya yang memiliki berbagai macam pesona dan ciri khasnya masing-masing.

Selain pantai dan tempat wisata populer yang biasa menjadi destinasi wisatawan, ada juga destinasi yanga bisa sobat PKG YIA kunjungi di Jogja yaitu mengunjungi Dewi Tinalah. Desa Wisata Tinalah atau disebut juga Dewi Tinalah merupakan salah satu desa wisata di kawasan tempat wisata Kulon Progo berada di kawasan Pegunungan Menoreh.

Di Dewi Tinalah ini terdapat paket live in, homestay, camping, makrab, gathering, outbound, rivertubing, jelajah alam, wisata sejarah, goa sriti, Situs Rumah Sandi Negara, Wisata Alam Puncak Kleco, susur sungai Tinalah, kuliner, wedang rempah, workshop, oleh oleh produk desa (UMKM) wingko Tinalah, kripik pegagan, geblek, klanting, aneka kripik. Dewi Tinalah juga merupakan salah satu tempat studi banding desa wisata di Jogja.

Asal Usul Nama Dewi Tinalah Sebagai Brand Desa Wisata Tinalah

Dewi Tinalah merupakan Brand Desa Wisata Tinalah yang telah digunakan sejak tahun 2013. Nama ini unik dan terdengar cantik. Dewi Tinalah menggambarkan sosok sahabat yang selalu memberikan rasa nyaman dan ketenangan. Hal ini menjadi moto Dewi Tinalah dengan mengusung konsep pengembangan desa wisata dengan tag line Pesona Alam dan Budaya. Tinalah ini sebagai simbol kehidupan seperti Sungai Tinalah yang selalu mengalir memberikan sumber kehidupan bagi sekitar.

Tinalah berasal dari kata dasar Talah dalam bahasa Jawa yang berarti bergegas atau bersegera. Dalam tata Bahasa Jawa terdapat seselan atau imbuhan in dengan penguatan arti membuat kata tersebut menjadi kata yang berarti kata kerja. Talah dan seselan in menjadi Tinalah yang dapat diartikan sebagai bersegera atau bergegas untuk bekerja atau membuat karya. Hal ini seperti sifat air yang selalu mengalir memberikan kebermanfaatan bagi sekitar. Semangat bergegas untuk berkarya menjadi semangat masyarakat di kalurahan Purwoharjo untuk terus berkarya mengkreasikan seluruh potensi desa.

Kegiatan yang Menarik di Dewi Tinalah

Untuk kegiatan menarik di Dewi Tinalah. Kamu dapat menikmati paket menarik dan berbagai kegiatan yang disediakan di sini, antara lain : Menginap di Joglo Wiguna dan Omahku, menginap bersama alam, menginap di rumah Joglo, out bound (mancakrida: ina), camping area, makrab Jogja, Tinalah Tubing, family dan community gatheringTinalah Trekking, susur Sungai Tinalah, Joglo Meeting Room, Live in, wisata alam di Puncak Kleco, Situs Rumah Sandi Negara.

Bagi kamu yang ingin belajar terkait tahap merintis dan mengembangkan desa wisata, dapat juga menghubungi Dewi Tinalah. Kamu bisa mempelajari tentang POKDARWIS (kelompok sadar wisata), tata kelola desa wisata berkelanjutan dan bersinergi, serta praktik terbaik pemasaran pariwisata desa wisata secara online-digital era 4.0 yang telah dipraktikkan oleh Dewi Tinalah.

Sudah banyak penyelenggara kegiatan yang melakukan kegiatan wisata di Dewi Tinalah baik dari wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Berbagai tipe wisatawan yang berminat datang ke Dewi Tinalah yaitu solo wisatawan, rombongan, instansi sekolah, perguruan tinggi, instansi pemerintah maupun swasta, organisasi, maupun komunitas. Kamu bisa memilih layanan Paket Wisata Jogja dan Paket Wisata Kulon Progo di Dewi Tinalah dengan menghubungi narahubung Dewi Tinalah untuk menikmati berbagai paket kegiatan yang seru dan penuh kenangan.

Penghargaan yang Diperoleh Dewi Tinalah

  • Kolaborasi Dewi Tinalah bersama dengan Tim Pengabdian Masyarakat (Abdimas) UAJY dan UKRIM Yogyakarta mendapatkan peringkat 2 Terbaik Nasional dalam Program Penelitian Kebijakan Kampus Merdeka (MBKM) dan Pengabdian Kepada Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian dan Purwarupa PTS 2021.
  • Dewi Tinalah menjadi 50 besar desa wisata terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 dan menjadi desa wisata kategori digital dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tahun 2021.
  • Dewi Tinalah Raih Penghargaan Digital, SDGs, dan Youth Creative Tourism Destination Award 2022.

Alamat

Alamat Dewi Tinalah berada di Jalan Persandian Km. 5. Desa Purwoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Adapun jarak dari Bandara YIA ke Dwei Tinalah ini sekitar 45,3 km dengan waktu tempuh 1 jam 10 menit.

sibakul

Sibakul Jogja

Recent Posts

Gelar Hajatan Merdeka Pasar Kotagede YIA

Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79, Pasar Kotagede YIA menghadirkan sebuah acara…

4 weeks ago

Kriya Gelang @unink.collection Produk Unggul berbahan Batu Alam Pilihan

Gelang berbahan batu alam telah meraih popularitas yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir, berkat keindahan…

1 month ago

Selamat Hari Pramuka! Menghidupkan Semangat Kepanduan untuk Generasi Muda Indonesia

Setiap tanggal 14 Agustus, Indonesia memperingati Hari Pramuka, sebuah momen penting yang dirayakan oleh jutaan…

1 month ago

Hari UKM 2024: Momen Penting untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Melalui Inovasi dan Kolaborasi

Hari UKM Tahun 2024, yang jatuh pada tanggal 12 Agustus, menjadi momen penting yang tidak…

1 month ago

Seni Batik @batikque_batik, Teknik dan Prosesnya

Batik merupakan salah satu warisan budaya yang sangat berharga di Indonesia. Dengan teknik dan proses…

1 month ago

Panduan Memilih Oleh-Oleh Khas Yogyakarta di Galeri @pasarkotagedeyia

Panduan Memilih Oleh-Oleh yang tepat sering kali diperlukan menjadi bagian yang menyenangkan sekaligus menantang dari…

1 month ago