Blog Pasar Kota Gede YIA

Museum Ullen Sentalu : Sejarah dan Daya Tarik

Museum Ullen Sentalu – Yogyakarta atau sering disebut Jogja merupakan daerah istimewa dan destinasi wisata terfavorit di Indonesia setelah Bali tentunya menawarkan berbagai macam pesona keindahan dan keunikan-keunikan didalamnya yang membuat nyaman pengunjungnya dan takkan bisa melupakannya. Salah satu keunikan yang ditawarkan oleh Jogja ini adalah desa wisatanya yang memiliki berbagai macam pesona dan ciri khasnya masing-masing.

Selain pantai dan tempat wisata populer yang biasa menjadi destinasi wisatawan, ada juga museum yang bisa sobat PKG YIA kunjungi di Jogja yaitu mengunjungi Museum Ullen Sentalu. Museum ini merupakan salah satu museum yang mengenalkan kebudayaan para bangsawan Mataram.  Lokasi museum ini berada di Jalan Boyong, Kaliurang, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Selain menampilkan kebudayaan masa Kerajaan Mataram Islam, Museum Ullen Sentalu juga menampilkan kehidupan para bangsawan di masa Kasunanan Surakarta, Kasultanan Yogyakarta, Praja Mangkunegaran, dan Kadipaten Pakualaman.

Sejarah Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu didirikan oleh pemerintah Jogja yang diprakarsai oleh keluarga Haryono dan Yayasan Ulating Blencong. Nama Ullen Sentalu yang disematkan pada museum ini adalah singkatan dari sebuah pepatah Jawa yakni Ulating Blencong Sejatining Tataraning Lumaku.

Falsafah ini mempunyai arti nyala lampu blencong sebagai petunjuk bagi umat manusia dalam melangkah dan meniti kehidupan. Harapannya dengan adanya museum ini dapat menjadi pengingat bagaimana jati diri bangsa dan budaya yang ditanamkan oleh kerajaan Mataram dulu.

Museum ini selesai dibangun dan diresmikan pada tanggal 1 Maret 1997 oleh KGPAA Paku Alam VIII. Sejak peresmiannya tersebut, destinasi wisata ini mulai ramai dan menjadi salah satu tempat wisata terkenal di Jogja.

Letak museum ini berada di atas ketinggian daerah pegunungan Sleman dengan luas lahan sekitar 1.2 hektar. Lokasinya yang berada di lereng gunung Merapi membuat tempat ini terasa sejuk dengan suhu sekitar 15 hingga 25 derajat celcius.

Ditambah lagi banyaknya pepohonan yang tumbuh di sekitar kawasan museum ini semakin menambah asrinya suasana. Area museum ini dikenal juga dengan nama Ndalem Kaswargan atau Rumah Surga berkat keindahan dan suasananya yang damai.

Daya Tarik Museum

Museum Ullen Sentalu

Terdapat dua keunikan yang dimiliki oleh Museum Ullen Sentalu yang tidak bisa kamu dapatkan di tempat lain. Bahkan dua keunikan tersebut sukses membuat museum ini menjadi tempat favorit bagi para pengunjung untuk menghabiskan waktu liburannya.

  • Koleksi

Ada dua koleksi yang dimiliki oleh Museum Ullen Sentalu. Koleksi tersebut adalah koleksi narasi dan koleksi tetap. Museum ini memiliki koleksi narasi berupa mahakarya lukisan. Koleksi lukisan yang ada di Museum ini dipajang untuk mengapresiasi isi dari lukisan tersebut. Kamu bisa memahami arti dari kumpulan lukisan tersebut dari para pemandu yang menjelaskan tentang makna lukisan tersebut.

  • Arsitektur

Selain koleksinya yang memang sangat beragam, gaya arsitektur yang dimiliki oleh Museum Ullen Sentalu juga sangat keren dan menawan. Pasalnya, Museum ini mengadopsi arsitektur bergaya perpaduan Jawa dan gotik Eropa abad pertengahan. Kamu bisa melihat indahnya tempat ini yang dihiasi dengan taman serta pahatan di beragam sisi. Maka dari itu, tempat ini menjadi terlihat sangat damai dan mistis dalam waktu yang sama.

Tidak hanya itu, suasananya yang dingin karena berada di pegunungan juga sangat pas untuk kamu yang ingin melepas penat dari hiruk pikuk kota. Tempat yang luas ini bisa kamu jelajahi dan nikmati gaya bangunannya yang khas sekali. Ada juga beberapa patung dan kolam di berbagai sudut museum yang membuatnya tampak sangat indah. Bahkan, ada tumbuhan-tumbuhan merambat yang tumbuh menutupi bagian-bagian gedung di museum ini.

Fasilitas

Terdapat beberapa fasilitas yang bisa kamu gunakan di museum ini. Diantaranya adalah pemandu wisata, toko oleh-oleh, restoran, dan fasilitas dasar seperti toilet. Pemandu wisata yang ada di sini pun sangat interaktif sehingga kamu bisa mendapatkan segala informasi mengenai sejarah dan budaya Jawa dengan lengkap dari mereka. Kamu juga bisa menanyakan hal-hal yang ingin kamu tahu mengenai budaya Jawa pada mereka. Pemandu wisata yang ada di sini sudah termasuk pada harga tiket masuknya, jadi kamu tidak perlu mengeluarkan uang lagi.

sibakul

Sibakul Jogja

You may also like...