Blog Pasar Kota Gede YIA

Pantai Parangtritis dan Yang Menarik di Sekitarnya

Pantai Parangtritis – Jika kamu mendengar kata “Jogja”, apa sihh yang terlintas di pikiranmu ?? Pastinya yang terlintas dipikiran sobat adalah kota yang sarat akan keistimewaannya dengan berbagai macam tempat wisata yang menarik bukan ?? Tentu saja, Yogyakarta atau sering disebut Jogja merupakan daerah istimewa dan destinasi wisata terfavorit di Indonesia setelah Bali tentunya menawarkan berbagai macam pesona keindahan dan keunikan-keunikan didalamnya yang membuat nyaman pengunjungnya dan takkan bisa melupakannya.

Berbagai jenis wisata banyak ditawarkan di Jogja mulai dari wisata budaya, sejarah, alam sampai wisata minat khusus. Karna Jogja dikenal sebagai tempat wisata favorit, tentunya Jogja menawarkan berbagai macam objek wisata unggulan yang wajib kamu kunjungi ketika menyambangi kota pelajar ini. Salah satu objek wisata itu adalah Kawasan Wisata Pantai Parangtritis.

Berkunjung ke Yogyakarta rasanya belum lengkap kalau kamu tidak berkunjung ke Pantai Parangtritis. Pantai yang berbentuk landai ini menghadap langsung ke Samudera Hindia memang menawarkan pemandangan yang sangat indah. Akan tetapi, tidak banyak yang tahu bahwa dari Pantai Parangtritis kamu bisa mengakses banyak tempat wisata lain yang tidak kalah menarik. Berikut adalah daftar tempat wisata yang bisa diakses sobat PKG YIA setelah berkunjung ke Pantai Parangtritis.

7 Tempat Wisata Menarik Sekitar Pantai Parangtritis

  • Bukit Paralayang Watugupit
pantai parangtritis

Kalau kamu punya waktu untuk menikmati pemandangan matahari tenggelam, tidak ada salahnya kamu mampir ke Bukit Paralayang Watugupit. Tempat ini menawarkan pemandangan pantai selatan dan luasnya Samudera Hindia dari atas bukit.

Selain bisa berfoto, kamu juga bisa menikmati sajian kuliner sederhana sembari bersantai menikmati pemandangan di warung yang tersedia di atas bukit ini. Lokasinya hanya berada 2 kilometer dari Pantai Parangtritis, namun medan yang menanjak dan curam membuat pengendara harus lebih berhati-hati.

  • Gumuk Pasir Parangkusumo
pantai parangtritis

Gumuk Pasir Parangkusumo adalah salah satu kenampakan alam bukit pasir dengan tipe Barchan yang terbentuk secara alami akibat hembusan angin dari pantai selatan. Di sini, kamu bisa berfoto seperti tengah berada di tengah padang pasir Timur Tengah. Tak hanya bisa berfoto, ada juga atraksi seperti sandboarding yang bisa kamu nikmati.

  • Taman Pelelangan Ikan (TIP) Pantai Depok
pantai parangtritis

Berbeda dengan Pantai Parangtritis, Pantai Depok lebih banyak menawarkan wisata kuliner makanan laut atau seafood segar langsung dari tangkapan nelayan. Di sini, kamu bisa memilih sendiri berbagai jenis ikan segar, termasuk udang, kerang, kepiting, bahkan lobster yang ingin dikonsumsi dengan harga lebih murah daripada di supermarket.

  • Pemandian Air Panas Parangwedang
pantai parangtritis

Tak banyak yang tahu bahwa di dekat Pantai Parangtritis ada tempat pemandian air panas yang bisa digunakan untuk melepas lelah setelah seharian berwisata. Pemandian Air Panas Parangwedang memiliki air panas alami dari batuan vulkan yang ada di bawah permukaan tanah yang kaya kandungan mineral namun tanpa kandungan belerang.

Tempat pemandian ini dulunya digunakan oleh raja-raja Mataram, namun kini bisa diakses publik. Walau begitu, pada hari-hari tertentu tempat ini masih digunakan untuk melakukan berbagai ritual.

  • Taman Bunga Matahari Pantai Samas
pantai parangtritis

Pantai Samas yang berlokasi di sekitar Pantai Parangtritis juga menawarkan objek wisata menarik. Sebelum memasuki area pantai banyak ditemui kebun bunga matahari yang dibuat oleh warga setempat. Beberapa diantaranya juga ditanami jenis bunga lain dengan warna-warni menarik dan ditata rapi sehingga menarik untuk dijadikan lokasi berfoto.

  • Gua Langse

Lokasi Gua Langse yang berada di tepian tebing yang menghadap ke Samudra Hindia membuatnya memiliki aura magis yang memberikan ketenangan bagi wisatawan. Konon gua ini pernah menjadi tempat pertapaan beberapa tokoh seperti Senopati, Sunan Kalijaga, Syekh Siti Jenar dan Syekh Maulana Maghribi.

Bisa jadi alternatif tempat wisata setelah mengunjungi Pantai Parangtritis, situs Gua Langse bisa diakses dengan mengambil jalan yang mengarah ke Wonosari. Kamu bisa bebas masuk tetapi harus tetap berhati-hati karena lokasinya berada di tebing dan diminta menghormati kepercayaan setempat.

  • Gua Jepang

Selain Gua Langse, ada juga Gua Jepang yang pada zaman dahulu digunakan para tentara untuk mengawasi gerakan tentara lawan di Pantai Parangtritis dari atas bukit. Di kompleks ini terdapat beberapa gua buatan tentara Jepang dengan nuansa lembab dan remang-remang.

Ada beberapa gua yang diberi nomor 1 hingga 18, sementara pemandangan indah ke arah Pantai Parangtritis bisa dinikmati di gua nomor 10. Namun keindahannya membuat lokasi ini banyak digunakan sebagai tempat berfoto baik wisata hingga prewedding.

Adapun jarak dari bandara YIA ke Pantai Parangtritis ini sekitar 35,8 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam-an. Semoga bisa menjadi referensi yang tepat untuk sobat PKG YIA yang ingin berkunjung ke Pantai Parangtritis.

 

sibakul

Sibakul Jogja

You may also like...