Pantai Timang : Surga Tersembunyi di Pantai Selatan Yogyakarta

Pantai Timang – Jika sobat PKG YIA mendengar kata “Jogja”, apa sihh yang terlintas di pikiranmu ?? Pastinya yang terlintas dipikiran sobat adalah kota yang sarat akan keistimewaannya dengan berbagai macam tempat wisata yang menarik bukan ??

Tentu saja, Yogyakarta atau sering disebut Jogja merupakan daerah istimewa dan destinasi wisata terfavorit di Indonesia setelah Bali tentunya menawarkan berbagai macam pesona keindahan dan keunikan-keunikan didalamnya yang membuat nyaman pengunjungnya dan takkan bisa melupakannya.

Berbagai jenis wisata banyak ditawarkan di Jogja mulai dari wisata budaya, sejarah, alam sampai wisata minat khusus. Karna Jogja dikenal sebagai tempat wisata favorit, tentunya Jogja menawarkan berbagai macam tempat wisata unggulan yang menjadi favorit para wisatawan, salah satunya adalah wisata pantai.

Kali ini kami akan membahas untuk sobat mengenai pantai yang disebut sebagai surga tersembunyi di pantai selatan yaitu Pantai Timang.

Sejarah Pantai Timang dan Pesonanya

(Google Maps, sumber : fan tae)

Awalnya pantai ini bukanlah merupakan sebuah lokasi wisata, Pantai Timang hanya digunakan nelayan untuk mencari lobster di sekitar pantai khususnya di Pulau Timang atau Watu Panjang. Karena hewan yang satu ini dikenal hidup di karang dan bebatuan, cocok sekali dengan topografi dari Pulau Timang atau Pulau Watu Panjang.

Karena pulau tersebut tak seperti pulau kebanyakan yang dihiasi pepohonan yang rindang, pulau ini hanya berupa batuan karang bertebing batu. Dan untuk mencapai ke pulau tersebut, nelayan setempat membuat sebuah gondola sederhana untuk digunakan sebagai alat transportasi mereka dalam menyebrangi lautan.

Ketenaran Pulau Timang dimulai ketika Running Man, yang merupakan salah satu variety show terkenal asal Korea Selatan berkunjung dengan mengirimkan dua perwakilan anggotanya. Yakni Lee Kwang Soo dan Jeon So Min, yang datang sekitar tahun 2017 silam. Kemudian mereka mencoba wahana gondola yang terkenal ekstrem apalagi jika ombak sedang ganas.

Lama kelamaan wisatawan banyak yang datang ke pantai ini dan mencoba wahana gondola tersebut, untuk memacu adrenalin mereka. Pantai Timang, yang terletak di kawasan pantai selatan Yogyakarta, merupakan salah satu surga tersembunyi di Indonesia yang menawarkan keindahan alam yang spektakuler.

Dengan kombinasi tebing karang yang menjulang tinggi, ombak yang ganas, dan pulau-pulau kecil yang tersebar di sekitarnya, Pantai Timang menawarkan pengalaman yang tidak terlupakan bagi para wisatawan yang mengunjunginya. Terletak sekitar 35 kilometer dari kota Yogyakarta, pantai ini terkenal dengan fenomena alamnya yang menakjubkan, yaitu jembatan gantung bambu yang menghubungkan daratan dengan Pulau Timang yang terisolasi.

Jembatan gantung ini dikenal dengan sebutan “gondola” atau “jembatan setan” oleh penduduk setempat karena sensasi menegangkan yang ditawarkan saat menyeberanginya. Untuk mencapai Pulau Timang, wisatawan harus naik gondola yang ditarik oleh penjaga pantai menggunakan tali tambang. Sensasi mendebarkan dan adrenalin yang terasa saat berada di atas gondola dengan ombak yang ganas dan tebing karang di bawahnya, membuat pengalaman ini begitu unik dan tak terlupakan.

(Google Maps, sumber : Bernard Rouhi)

Selain gondola, pantai ini juga menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan. Pasir putih yang lembut, tebing-tebing karang yang menjulang tinggi, dan ombak yang menghantam pantai menciptakan pemandangan yang spektakuler. Pantai ini juga menjadi tempat yang ideal bagi para pecinta fotografi dengan keindahan alam yang dapat diabadikan dalam frame-frame indah.

Bagi pecinta petualangan, Pantai Timang juga menawarkan pengalaman seru dengan menyewa perahu nelayan lokal untuk mengunjungi pulau-pulau kecil di sekitar pantai. Pulau-pulau ini menyajikan keindahan alam yang belum tersentuh dan menyuguhkan panorama yang memukau.

Selain keindahan alamnya, Pantai Timang juga terkenal dengan hasil lautnya, terutama lobster. Lobster Timang menjadi hidangan utama yang diincar oleh wisatawan yang berkunjung ke pantai ini. Wisatawan dapat menikmati hidangan lezat lobster segar dengan harga yang terjangkau di warung-warung makan di sekitar pantai.

Tiket Masuk

  • Harga tiket masuk Pantai Timang sangat murah, yakni dengan membayar Rp. 5.000,- saja per orang.
  • Jika hendak mencoba gondola harus membayar sebesar Rp. 150.000,-
  • Naik jembatan gantung membayar Rp. 100.000,-

Jam Buka

Jam operasional dimulai hari Sabtu hingga Kamis, mulai pukul 08.00 hingga pukul 17.00 waktu setempat. Sedangkan untuk hari Jumat pantai ini ditutup untuk wisatawan.

Fasilitas

Fasilitas yang ada diantaranya:

  • Gazebo atau saung sederhana
  • Warung makanan dan minuman
  • Spot foto
sibakul

Sibakul Jogja

Recent Posts

Kolaborasi Fordasi 2024: Membangun Sumber Daya Manusia Kreatif dan Inovatif Menuju Indonesia Emas

Fordasi (Forum Desentralisasi Daerah Khusus dan Istimewa) merupakan sebuah inisiatif yang dibentuk secara nasional untuk…

20 hours ago

Diskon Besar-Besaran di Galeri Pasar Kotagede YIA: Kesempatan Belanja Hemat Selama Bulan September

Bagi para wisatawan dan pengunjung Yogyakarta International Airport (YIA), September 2024 adalah bulan yang penuh…

2 weeks ago

Keripik Pare dan Tahu dari UKM @intanrahmadhani_snack: Oleh-Oleh Khas Jogja yang Unik dan Menyehatkan

Ketika berbicara tentang Yogyakarta, oleh-oleh khas menjadi salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan. Selain…

2 weeks ago

Gelar Hajatan Merdeka Pasar Kotagede YIA

Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79, Pasar Kotagede YIA menghadirkan sebuah acara…

4 weeks ago

Kriya Gelang @unink.collection Produk Unggul berbahan Batu Alam Pilihan

Gelang berbahan batu alam telah meraih popularitas yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir, berkat keindahan…

1 month ago

Selamat Hari Pramuka! Menghidupkan Semangat Kepanduan untuk Generasi Muda Indonesia

Setiap tanggal 14 Agustus, Indonesia memperingati Hari Pramuka, sebuah momen penting yang dirayakan oleh jutaan…

1 month ago