Blog Pasar Kota Gede YIA

Taman Pelangi Jogja : Wisata Malam yang Instagramable

Taman Pelangi – Jika kamu mendengar kata “Jogja”, apa sihh yang terlintas di pikiranmu ?? Pastinya yang terlintas dipikiran sobat adalah kota yang sarat akan keistimewaannya dengan berbagai macam tempat wisata yang menarik bukan ?? Tentu saja, Yogyakarta atau sering disebut Jogja merupakan daerah istimewa dan destinasi wisata terfavorit di Indonesia setelah Bali tentunya menawarkan berbagai macam pesona keindahan dan keunikan-keunikan didalamnya yang membuat nyaman pengunjungnya dan takkan bisa melupakannya.

Berbagai jenis wisata banyak ditawarkan di Jogja mulai dari wisata budaya, sejarah, alam sampai wisata minat khusus. Karna Jogja dikenal sebagai tempat wisata favorit, tentunya Jogja menawarkan berbagai macam objek wisata unggulan yang wajib kamu kunjungi ketika menyambangi kota pelajar ini. Salah satu objek wisata itu adalah Taman Pelangi.

Taman Pelangi menjadi penanda bahwa Jogja memang layak menyandang status sebagai destinasi wisata nasional favorit. Taman Pelangi ini merupakan sebuah cerminan akan nilai kreativitas, kebutuhan wisata era kekinian yang berpadu dengan wisata kuliner yang Jogja banget.

Kebanyakan tempat wisata di Jogja dikunjungi pada siang hari. Oleh karena itu, keberadaan Taman Pelangi menjadi pelengkap kesempurnaan wisata di Yogyakarta. Taman Pelangi ini terkenal sebagai wisata malam Jogja, yang sangat cocok sebagai destinasi wisata keluarga, dan wisata kuliner di malam hari.

Meskipun kebanyakan yang mengunjunginya adalah kaula muda. Justru hal tersebut juga mengisyaratkan bahwa Taman Pelangi ini tersaji untuk semua kalangan, dan semua usia. Jadi bagi sobat PKG YIA yang sedang jalan-jalan ke Jogja. Harus banget nihh mengunjungi tempat wisata ini.

Asal-Usul Taman Pelangi

Kalau kamu bingung kenapa Taman Pelangi masuk sebagai kategori wisata malam Jogja, atau bertanya-tanya “emang pelangi muncul di malam hari?”, maka inilah jawabannya.

Sejarah penamaan Taman Pelangi merujuk kepada view yang dihadirkan di kawasan tersebut. Taman Pelangi dipenuhi oleh lampu –lampu, dan lampion, yang berwarna – warni layaknya sebuah pelangi. Kondisi tersebut menjadi hiperbola, sekaligus menjadi sejarah penamaan Taman Pelangi Jogja. Bahkan, patung-patung yang ada di area Taman Pelangi ini bisa menyala.

Penamaan taman pelangi bukan hanya di Jogja saja, namun ada di beberapa tempat lainnya seperti :

  1. Taman Pelangi Surabaya
  2. Taman Pelangi Sentul
  3. Taman Pelangi Bogor
  4. Taman Pelangi Pangalengan

Taman Pelangi yang sedang kita bahas pada artikel kali ini yaitu Taman Pelangi Jogja yang terletak di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Daya Tarik

1. Lampu, Atau Lampion

Daya tarik yang pertama dari Taman Pelangi yaitu kawasannya dihiasi dengan aneka lampu yang berwarna-warni, serta lampion, sehingga menyajikan spot yang Instagramable.

Wisata malam biasanya kurang identik dengan spot Instagramable, namun berbeda dengan Taman Pelangi, alam sekitar yang berpadu dengan lampu, atau lampion, akan menjadikan hasil jepretan kamera anda layak diposting di media sosial.

2. Aneka Bentuk Patung Yang Menyala

Daya tarik selanjutnya dari Taman Pelangi ini adalah keberadaan beberapa replika, atau patung – patung yang bisa menyala. Tentu saja hal tersebut menjadi spot favorit pengunjung untuk melakukan selfie. Di area inipun terdapat banyak sekali ragam permainan yang bisa dinikmati oleh kamu beserta keluarga.

3. Satu Kawasan Dengan Museum Monumen Yogya Kembali

Taman Pelangi buka dari sore hingga malam hari.  Anda tidak perlu menunggu sore hari, karena lokasi Taman Pelangi Jogja satu kawasan dengan Museum Monumen Jogja Kembali.

Museum tersebut buka saat pagi hingga sore hari. Sehingga saat menunggu dibukanya Taman Pelangi ini, kamu dan keluarga bisa terlebih dahulu melakukan wisata sejarah di Museum Monumen Jogja Kembali.

4. Wisata Kuliner

Tak lengkap rasanya jika wisata malam tidak ditutup dengan wisata kuliner. Di kawasan Taman Pelangi ini terdapat banyak sekali stand kuliner khas jogja yang bisa anda nikmati. Harganya sangat bersahabat, dan tidak menguras isi dompet. Tetapi tidak mengurangi citarasa yang disajikan.

Lokasi

Taman Pelangi berlokasi di Jl. Ring Road Utara, Jongkang, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jam Buka

Senin – Kamis: pukul 17.00 – 22.00 WIB Jumat – Minggu: pukul 17.00 – 23.00 WIB

Cara Pergi Dari Bandara YIA ke Taman Pelangi

Kalau kamu mau berangkat dari bandara YIA ke Taman Pelangi, jarak tempuh yang harus kamu lalui sekitar 47,2 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 15 menit. Kamu bisa juga menggunakan kereta bandara YIA kemudian berhenti di Stasiun Yogyakarta, setelah itu bisa lanjut dengan Trans Jogja dan berhenti di halte Monjali.

sibakul

Sibakul Jogja

You may also like...