Blog Pasar Kota Gede YIA

Wisata Alam Kalibiru : Wisata Indah Dekat YIA

Wisata Alam Kalibiru – Jogja yang merupakan destinasi wisata favorit tidak ada henti-hentinya menawarkan berbagai macam pesona yang salah satunya keindahan yang disajikan pada objek wisata alamnya. Salah satu objek wisata itu tak lain adalah Wisata Alam Kalibiru yang terletak di Perbukitan Menoreh, tepatnya di Desa Kalibiru, Sermo, Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo. Lokasinya terdapat pada ketinggian 450 meter di atas permukaan laut ini merupakan Wisata Alam Hutan Kemasyarakan. Wisata alam inipun tak jauh dari Bandara YIA.

Wisata Alam Kalibiru ini memang sangat diminati oleh para wisatawan. Ketika pada masa liburan, bisa dipastikan objek wisata ini ramai dikunjungi pengunjung baik dari keluarga maupun anak-anak muda. Dari atas puncak, sobat PKG YIA bisa menyaksikan pemandangan yang sangat indah. Diantaranya adalah deretan Perbukitan Menoreh yang subur nan-hijau. Ketika cuacanya sedang cerah, kamu bisa menyaksikan debur ombak pantai selatan dari kejauhan. Sementara di sisi timur, kamu bisa melihat dataran yang menghampar luas tak terbatas. Di puncak terdapat sebuah prasasti batu, menara pandang, serta fly over.

Asal Mula Wisata Alam Kalibiru

Kalibiru kini menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak diminati oleh wisatawan. Baik wisatawan dari Indonesia maupun sejumlah negara di dunia. Keindahan alam yang masih asri menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Tak heran jika Desa wisata alam Kalibiru menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi.

Keberhasilan pengembangan tempat wisata satu ini, tentu saja tidak lepas dari peran warga sekitar. Pada awalnya, wisata Kalibiru dibangun atas inisiatif warga sekitar. Di mana berkeinginan agar hutan di area tersebut tetap bertumbuh hijau, sejuk dan asri. Selain itu juga atas dasar keinginan untuk memulihkan hutan yang dulunya tandus dan gersang menjadi hijau kembali. Siapa sangka, keinginan itu ternyata mampu membawa berkah bagi masyarakat sekitar.

Bisa dilihat, wisata alam Kalibiru setiap harinya semakin diminati oleh wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia. Seiring berjalannya waktu, objek wisata yang terletak pada ketinggian 450 mpdl ini semakin dikenal luas oleh masyarakat dunia. Tentu saja, hal ini tidak lepas dari peran media sosial yang semakin masif. Karena melihat potensi besar itu, membuat warga sekitar berinisiatif membangun sejumlah sarana prasarana yang layak untuk para pengunjung.

Spot Foto Menarik

Wisata Alam Kalibiru terletak di perbukitan Manoreh dengan luas sekitar 1.047 ha. Pada ketinggian itu, para pengunjung akan disuguhkan bentangan panorama alam yang memukau dan memesona. Di tempat wisata ini, para pengunjung juga dimanjakan dengan sejumlah wahana bermain dan fasilitas yang menarik.

Wisata alam ini sendiri terdapat banyak tempat menarik. Di mana memungkinkan para pengujung untuk mengabadikan momen manis dengan kamera pribadi. Adapun beberapa spot foto menarik yang ada di wisata alam Kalibiru adalah sebagai berikut:

  • Flaying Fox dan High Rope

Salah satu wahana permainan yang menarik di wisata alam Kalibiru adalah Flaying Fox dan High Rope. Kedua permainan ini mampu memacu adrenalin para pengujung. Bahkan bisa membuat jantung berdebar. Meski begitu, permainan di wisata alam satu ini sangat seru dimainkan dan dapat menghilangkan penat. Tak hanya itu, para pengunjung juga dapat mengabadikan momen indah dengan kamera pribadi. Dengan latar belakang hamparan panorama alam yang menakjubkan, dijamin akan menghasilkan foto yang Instagramable.

  • Menara Pandang

Selain Flaying Fox dan High Rope, wisata alam ini juga terkenal dengan menara pandangnya. Menara yang menjadi ikon desa wisata satu ini, telah menjadi gardu pandang yang banyak diburu para wisatawan. Bahkan, para pengunjung dapat melihat keindahan Waduk Sermo dari menara ini. Jika beruntung, wisatawan juga bisa melihat matahari terbenam dari atas ketinggian menara pandang. Oleh karenanya, jangan lupa untuk membawa kamera agar bisa mengabadikan momen terbaik di menara pandang.

Fasilitas

Wisata Alam Kalibiru dilengkapi dengan sejumlah fasilitas yang mampu memanjakan para wisatawan. Salah satu fasilitas yang tersedia adalah tempat makan. Banyak sekali sajian kuliner lezat yang tersedia di objek wisata alam Kalibiru.

Tak hanya itu saja, wisata alam ini juga sudah dilengkapi dengan penginapan. Tak perlu khawatir, harga yang ditawarkan masih bisa dikatakan cukup terjangkau. Harga diketahui mulai dari Rp100 ribu per malam.

sibakul

Sibakul Jogja

You may also like...