Uncategorized

Topi dari serat alam, kece dan sangat membumi

Berbagai bentuk dan model hasil kerajinan tangan kualitas eksport berbahan baku serat alam seperti tas, topi, dompet, alas meja, tutup lampu serta pajangan rumah terpajang cantik dan rapi disalah satu galeri produk kerajinan tangan serat di Jl.Saman Utara No.56, Bangunharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta.

Tempat tersebut terkenal di jogja dengan produk kerajinan tangan berbahan serat. Bahan serat yang digunakan adalah serat agel, enceng gondok, pandan serta akar wangi. Walaupun sempat menemui kesulitan dalam pemasarannya pada masa pandemi, kerajinan serat di Pixel Craft tetap bertahan dan terus berkembang.

Dan saat ini justru berbuah manis bagi penggiat industry kerajinan serat di Desa Bangunharjo. Hasil kerajinan serat dilirik oleh para pengusaha dan konsumen pada saat itu karena murah, fungsi dan kegunaan yang sama serta didukung oleh model yang kekinian.

Saat ini jumlah pengepul hasil kerajinan serat berjumlah lebih dari 13 orang. Sekurangnya 100 produk dihasilkan oleh satu pengepul tiap minggunya. Harga produk hasil kerajinan tersebut bervariasi tergantung model. Rata-rata tiap produknya dibandrol dengan harga antara Rp. 40.000,- sampai dengan Rp. 500.000,-.

Tidak bisa dipungkiri saat ini produksi kerajinan serat alam di pixel craft juga memenuhi permintaan pengusaha-pengusaha seperti Jakarta dan Bali. Hal ini menjadi PR besar bagi para pengrajin serat alam, bagaimana untuk memperluas jangkaun pemasaran produk-produk hasil kerajinan tangan serat alam tersebut.

Dengan adanya Bandara Baru di Kulon Progo New Yogyakarta International Airport (NYIA). Diharapkan membuka peluang bagi para pengrajinan serat alam untuk bisa memenuhi pangsa pasar manca negara seperti Amerika, Belanda, Jepang serta Cina.

sibakul

Sibakul Jogja

You may also like...