Uncategorized

Kelebihan Pupuk Kimia dan Pupuk Organik, Sebuah Pertimbangan Logis Untuk Keberlanjutan Lingkungan

kelebihan pupuk kimia
Sumber Gambar : www.rumah.com

Kelebihan Pupuk Kimia dan Pupuk Organik – Pengunaan Pupuk bertujuan untuk menyuburkan dan memaksimalkan pertumbuhan tanaman.  Jenis pupuk diantaranya adalah pupuk Organik dan Pupuk Kimia. Para petani sudah sangat familiar dengan pupuk kimia dan pupuk organik. Masing-masing jenis pupuk tersebut mempunyai kelebihan tersendiri. Nah, Sahabat Tani, kali ini kita akan membahas secara ringkas tentang kelebihan-kelebihan dari kedua jenis pupuk tersebut.

Kelebihan Pupuk Kimia ( Anorganik )

Terdapat beberapa keunggulan pupuk kimia/anorganik yang perlu diketahui. Berikut penjelasannya dikutip dari buku Petunjuk Penggunaan Pupuk karya Pinus Lingga.

  1. Mempercepat Pertumbuhan Tanaman, pemberiannya dapat terukur dengan tepat karena takaran hara pupuk anorganik umumnya pas.
  2. Kebutuhan tanaman akan hara dapat dipenuhi dengan perbandingan yang tepat. Misalnya, hingga saat panen, singkong menyedot hara nitrogen 200 kilogram per hektare, sehingga bisa diganti dengan takaran pupuk N yang pas.
  3. Pupuk anorganik tersedia dalam jumlah cukup. Maksudnya adalah, kebutuhan akan pupuk bisa dipenuhi dengan mudah asalkan ada uang.
  4. Pupuk anorganik mudah diangkut karena jumlahnya relatif sedikit dibandingkan pupuk organik seperti kompos atau pupuk kandang. Hasil kalkulasi biaya angkut pupuk ini juga jauh lebih murah dibanding pupuk organik.
  5. Pupuk kimia dapat menyuburkan tanah yang tidak subur secara cepat. Hal tersebut karena pupuk kimia mengandung zat hara seperti nitrogen fosfor, kalium, belerang, magnesium, serta kalium yang penting bagi pertumbuhan tanaman.

Kelebihan Pupuk Organik

Melansir pertanian.go.id terdapat beberapa keunggulan pupuk organik yang perlu diketahui diantaranya :

  1. Pupuk Organik bisa dibuat sendiri karena bahan pembuat pupuk organik bisa didapat dari alam
  2. Kandungan unsur Mikro lebih lengkap jika dibandingkan dengan pupuk kimia.
  3. Meningkatkan suplai bahan organik dan unsur hara untuk lahan, jika unsur tersebut meningkat maka dengan sendirinya akan memperbaiki sifat, kimia dan biologi tanah.
  4. Pupuk Organikbisa menjaga kelembaban dari tanah, sehingga akan mengurangi tekanan atau tegangan struktur tanah pada tanaman.
  5. Pupuk Organikjuga mampu membantu mencegah erosi lapisan atas tanah sehingga kesuburan tanah pun terawat dan terjaga.
  6. Pupuk organikbisa meningkatkan daya ikat tanah.
  7. Pupuk Organikmemberi suplai bahan makanan untuk organisme organisme yang baik untuk tanah dan tanaman.
  8. Pupuk Organiklebih aman bagi tanaman serta lingkungan. Hasil dari tanaman pun lebih sehat untuk manusia.

So, Sahabat Tani, melihat kelebihan masing-masing jenis pupuk diaats, maka penggunaan keduanya dalam budidaya dapat dilakukan. Pupuk kimia dan organik saling mendukung kelebihan dan menutupi kekurangan sehingga didapatkan pemupukan ideal. Pemupukan ideal ini mampu menciptakan tanaman yang sehat dan mampu menyerap unsur hara yang dibutuhkan. Beberapa jenis pupuk kimia yang sering digunakan yaitu pupuk SP-36 (super phosphate), pupuk urea, dan pupuk KCL, dll. Untuk pupuk organik  Sahabat Tani bisa menggunakan pupuk organik berkulitas “Pupuk TOP DWE”. Sahabat dapat memesan langsung memalui mstech.co.id atau topdwe.blogspot.com.

kelebihan pupuk kimia
Pupuk Top DWE

TOP D’WE adalah produsen pupuk & Booster Alami Super – “5inOne” – POC, Bio-Kontrol, ZPT/Hormon, Herbal, Probiotik-Dekomposer. TOP D’WE – Pupuk ALami Lengkap, tanpa ribet hasil maksimal dan ramah lingkungan yang support pertanian berkelanjutan.

KONTAK TOP D’WE

IG :  instagram.com/topdwe.id dan WA : wa.me/+6282220835814

Sumber dan Arikel Terkait :

kumparan.com

pertanian.go.id

sibakuljogja.jogjaprov.go.id/blog/pupuk-organik-topdwe

sibakul

Sibakul Jogja

You may also like...