Categories: Uncategorized

Manfaat Pupuk Organik Dibanding Pupuk Kimia

Sumber Gambar : Tirto.id

Manfaat Pupuk Organik – Pupuk organik sudah banyak dikenal oleh para petani di Indonesia lho, Sahabat Tani. Hal itu karena adanyatren pertanian organik yang mulai berkembang membuat penggunaan pupuk organik semakin banyak. Pupuk ini memiliki segudang manfaat yang baik untuk tanaman dan kesuburan tanah. Nah, Sahabat Tani Tahu Ga Apa Saja Manfaatnya?. Yuk simak pembahasaanya pada artikel berikut

Pupuk organik adalah pupuk yang tersusun dari materi makhluk hidup, seperti pelapukan sisa -sisa tanaman, hewan, dan manusia. DalamKBBI, pupuk organik diartikan sebagai zat hara tanaman yang berasal dari bahan organik. Dalam Peraturan Menteri Pertanian Nomor 2 Tahun 2006, pupuk organik adalah sebagai pupuk yang sebagian atau seluruhnya berasal dari tanaman dan atau hewan yang telah melalui proses rekayasa.

Pupuk organik dapat berbentuk padat atau cair yang digunakan untuk memperbaiki sifat fisik, kimia, dan biologi tanah. Pupuk organik mengandung banyak bahan organik daripada kadar haranya. Sumber bahan organik dapat berupa kompos, pupuk hijau, pupuk kandang, sisa panen (jerami, brangkasan, tongkol jagung, bagas tebu, dan sabut kelapa), limbah ternak, limbah industri yang menggunakan bahan pertanian, dan limbah kota (sampah).

Beberapa Manfaat Pupuk Organik Dibandingkan Pupuk Anorganik

Melansir petrokimia-gresik.com, manfaat-manfaat pupuk organik adlah sebagai berikut :

  1. Pupuk organik mengandung unsur mikro yang lebih lengkap dibanding pupuk anorganik.
  2. Pupuk organik dapat meningkatkan struktur tanah dalam arti komposisi partikel yang berada dalam tanah lebih stabil dan cenderung meningkat karena struktur tanah sangat berperan dalam pergerakan air dan partikel udara dalam tanah, aktifitas mikroorganisme menguntungkan, pertumbuhan akar, dan kecambah biji.
  3. Pupuk organik berperan positif dalam menjaga kehilangan secara luas hara Nitrogen dan Fosfor terlarut dalam tanah.
  4. Pupuk organik akan memberikan kehidupan mikroorganisme tanah yang selama ini menjadi sahabat petani dengan lebih baik.
  5. Untuk kesehatan manusia tanaman yang menggunakan pupuk organik lebih menyehatkan karena kandungan nutrisinya lebih lengkap dan lebih banyak.
  6. Pupuk organik membantu menjaga kelembaban tanah dan mengurangi tekanan atau tegangan struktur tanah pada akar-akar tanaman.
  7. Pupuk organik sangat membantu mencegah terjadinya erosi lapisan atas tanah yang merupakan lapisan mengandung banyak hara.
  8. Pupuk organik mampu berperan memobilisasi atau menjembatani hara yang sudah ada di tanah sehingga mampu membentuk partikel ion yang mudah diserap oleh akar tanaman.
  9. Kualitas tanaman yang menggunakan pupuk organik akan lebih bagus sehingga tanaman tidak mudah terserang penyakit dan tanaman lebih sehat.
  10. Pupuk organik berperan dalam pelepasan hara tanah secara perlahan dan kontinu sehingga dapat membantu dan mencegah terjadinya ledakan suplai hara yang dapat membuat tanaman menjadi keracunan.
  11. Pemakaian pupuk organik juga berperan penting dalam merawat/menjaga tingkat kesuburan tanah yang sudah dalam keadaaan berlebihan pemupukan dengan pupuk anorganik/kimia dalam tanah.

http://instagram.com/topdewe

TOP D’WE adalah produsen pupuk & Booster Alami Super – “5inOne” – POC, Bio-Kontrol, ZPT/Hormon, Herbal, Probiotik-Dekomposer. TOP D’WE – Pupuk ALami Lengkap, tanpa ribet hasil maksimal dan ramah lingkungan yang support pertanian berkelanjutan.

KONTAK TOP D’WE

IG : https://www.instagram.com/topdewe/ dan WA : wa.me/+6282220835814

Sumber Terkait :

pet rokimia-gresik.com

http://id.wikipedia.org/wiki/Pupuk_organik

https://sibakuljogja.jogjaprov.go.id/blog/pupuk-organik-topdwe/pupuk-organik-dan-kimia-pilih-mana-ya/

sibakul

Sibakul Jogja

Share
Published by
sibakul

Recent Posts

Tips dan Trik Pemupukan

Tips dan Trik Pemupukan - Pupuk mengandung bahan baku yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan…

2 years ago

Cara Membuat Pupuk Organik dari Kulit Pisang

Cara membuat pupuk organik tidak sulit, lho. Apalagi Sahabat Tani bisa menggunakan bahan yang mudah…

2 years ago

Kelebihan dan Kekurangan Pupuk-Organik

Sumber Gambar : www.99.co Kelebihan dan Kekurangan Pupuk-Organik, YUK SIMAK!!! Hallo Sahabat Tani, Tanaman dalam…

2 years ago

Anggrek Bulan, Si Cantik Sang Primadona

Sumber Gambar : Kompas.com Anggrek Bulan – Anggrek menjadi satu dari tiga bunga nasional RI. Dalam…

2 years ago

Rahasia Manfaat Buah Durian, YUK SIMAK!!!

Durian Rahasia Manfaat Buah Durian - Hallo Sahabat, semua sudah tidak asing bukan dengan buah…

2 years ago

Pupuk Kompos : Pengertian, Jenis & Manfaatnya

Pupuk Kompos Pupuk Kompos - Hallo Sahabat Tani, kali ini blog sibakul akan membahas mengenai…

2 years ago