Uncategorized

Baju shibori yang cocok buat kondangan dan acara formal

Yogyakarta – Sebagian dari kita mungkin pernah mendengar atau melihat kata ini di feed media sosial atau saat membaca artikel tren fashion. Saya bilang “sebagian dari kita” adalah karena tren ini tergolong baru. Shibori mulai naik daun beberapa tahun ini, tapi baru makin populer sekitar setahun belakangan. Di panggung fashion dunia, shibori mulai terlihat bersliweran di fashion runway pada tahun 2013.

Shibori dalam Tory Burch Spring 2013 Collection

Shibori dalam desain Ann Demeulemeester, desainer kenamaan asal Belgia.

Jadi apa sih shibori itu?

Shibori adalah teknik celup-tahan manual ala Jepang yang menciptakan pola pada bahan. ‘Tahan’ dalam proses pencelupan ini maksudnya adalah agar pewarnanya tidak teraplikasi ke semua bahan dan hanya teraplikasi ke bagian-bagian tertentu saja, untuk bisa menciptakan pola tadi (konsep yang sama digunakan saat membuat batik). Pada perkembangannya, teknik pembuatan shibori bermacam-macam, mulai dari teknik celup sampai teknik tenun.

Saya sendiri suka banget dengan motif shibori dan mulai mengaplikasikannya ke dalam desain-desain Rama shibori sejak awal tahun ini. Saya membeli kain shibori langsung dari pengrajinnya di Yogyakarta, yang rumahnya masuk pelosok di dekat sawah.

Senangnya bisa beli langsung dari pengrajinnya yang saya kenal lewat Instagram. The power of digital marketing!

Saat ini, koleksi shibori REE sudah makin beragam dan jadi salah satu koleksi yang paling menyenangkan. 

Shibori Wrap Blouse

IMG_5311

Dengan model wrap pita pada samping, blus dengan tenun shibori ini memberi kesan manis buat penampilan kamu. Dipadukan dengan celana panjang bahan dan heels, siap buat dipakai ke kantor. Dipadukan dengan celana pendek, acara jalan-jalan jadi lebih stylish, deh. Beli Shibori Wrap Blouse di sini.

Shibori Cape

IMG_5313

Cape yang memakai bahan katun yang halus dan tenun shibori. Cocok buat dipakai buat ke kantor atau ke acara-acara non formal lainnya. Seperti yang bisa dilihat pada gambar, styling-nya bisa bermacam-macam. Bisa dipadukan dengan simple blus dan celana bahan, bisa juga pakai jeans. Tergantung occasion. Jangan lupa pakai heels agar penampilan kamu lebih maksimal.

Shibori Blouse

Blus ini cantik banget kalau dipakai ke acara-acara non atau semi formal. Acara dengan dress code‘A Touch of Indonesia’, misalnya. Dipadukan dengan jeans seru juga. O ya, tenun shibori itu buatan tangan ya jadi motifnya nggak selalu sama di semua bahan. Klik di sini untuk membeli.

Nggak hanya itu, masih banyak koleksi shibori lainnya di REE.

Kiri ke kanan: Shibori Puffy Sleeves, Red Shibori Cape dan Shibori White Shirt.

sibakul

Sibakul Jogja

You may also like...