Uncategorized

Ngalang Gunungkidul antara legenda, sejarahm budaya dan pisang coklat

Gunungkidul adalah salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Pusat pemerintahan berada di Kecamatan Wonosari. Dengan luas sekitar satu per tiga dari luas daerah induknya, kabupaten ini relatif rendah kepadatan penduduknya daripada kabupaten-kabupaten lainnya. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Klaten dan Kabupaten Sukoharjo di utara, Kabupaten Wonogiri di timur, Samudra Hindia di selatan, serta Kabupaten Bantul dan Kabupaten Sleman di barat. Kabupaten Gunungkidul memiliki 18 kecamatan. Sebagian besar wilayah kabupaten ini berupa perbukitan dan pegunungan kapur, yakni bagian dari Pegunungan Sewu. Gunungkidul dikenal sebagai daerah tandus dan sering mengalami kekeringan di musim kemarau, namun menyimpan kekhasan sejarah yang unik, selain potensi pariwisata, budaya, maupun kuliner khas Gunungkidul.

Inilah Sejarah Dan Seni Budaya Yang Masih Melekat Di Gunungkidul Yogyakarta

Kabupaten Gunungkidul didominasi oleh pegunungan yang merupakan bagian barat dari Pegunungan Sewu atau Pegunungan Kapur Selatan, yang membentang di selatan Pulau Jawa mulai dari kawasan tersebut ke arah timur hingga Kabupaten Tulungagung. Pegunungan Kidul terbentuk dari batu gamping, menandakan bahwa pada masa lalu merupakan dasar laut. Temuan-temuan fosil hewan laut purba mendukung anggapan ini. Kawasan ini mulai menjadi daratan akibat pengangkatan-pengangkatan tektonik dan vulkanik sejak Kala Miosen.

Didesa Ngalang, Gunung kidul, Yogyakarta terdapat kreasi oleh-oleh yang bernama Macho. Macho adalah prodak makanan yang dibuat dari pisang yang diolah menjadi keripik. kudapan banyaknya rasa dari keripik Macho yang terbuat dari irisan pisang yang di goreng dan menjadi keripik, yang dibungkus dalam kemasan yang keren dan lebel rasa sehingga memudahkan konsumen gampang untuk memilih rasa keripik yang diinginkan, Macho menghadirkan bermacam rasa ada Coklat, Manis, Gurih, dan Pedas. 

Jadi selain bakpia , jika anda menginginkan oleh-oleh lainnya anda bisa memilih Macho. Harga keripik Macho juga terbilang cukup terjangkau.

Jenis pisang yang digunakan biasanya sama dengan pisang yang biasa digunakan untuk pisang goreng; yaitu pisang ulipisang kepok atau pisang raja sereh. Di Yogyakarta, Keripik pisang sebagai salah satu variasi keripik favorit atau cemilan favorit yang banyak diminati kosumen. Selain kripik Macho juga ada prodak lain seperti jahe merah instan.

sibakul

Sibakul Jogja

You may also like...