Uncategorized

Pantai Gunungkidul, Asik Dikunjungi Oleh-olehnya Enak Dinikmati

pantai gunung kidul
Sumber Gambar : Pinterest.com

Pantai Gunungkidul Hallo Sibakul Travelers. Menikmati suasana pantai di akhir pekan bisa jadi pilihan yang tepat untuk kamu yang merasa penat dengan rutinitas sehari-hari. Suara ombak dan suasana alam yang menyenangkan bisa jadi obat paling mujarab untuk mengatasi stres. Di Daerah Istimewa Yogyakarta, ada salah satu kabupaten yang bernama Gunungkidul. Berkat lokasinya yang berbatasan dengan Samudera Hindia, kabupaten ini menjadi surganya pantai cantik di Jogja.

Obyek wisata pantai merupakan obyek wisata unggulan Kabupaten Gunungkidul yang terbentang 72 km di wilayah selatan mulai dari ujung barat ke ujung timur dan salah satunya adalah kawasan yang terdiri tujuh pantai yang letaknya saling berdekatan. Ketujuh pantai itu adalah pantai Baron, Kukup, Sepanjang, Drini, Krakal,Slili, Sundak dan Ngandong.

Meski terkenal dengan pemandangannya yang menawan, beberapa pantai di Gunung Kidul juga masih sangat asri karena belum banyak diketahui para wisatawan. Birunya laut yang masih terjaga bisa jadi pemandangan yang bukan hanya menyejukkan mata tapi juga sangat instagramable bila diabadikan dengan kamera. Nah, Sibakul Travelers bisa banget lho pergi berlibur dan ber-healing ria ke pantai-pantai yang ada di Gunung Kidul, Yogyakarta. Hihihi 😊

Selain kamu bisa menikmati indahnya puluhan pantai yang ada di Wonosari, Gunungkidul, kamu juga harus mencicipi kulinernya, atau oleh-oleh untuk dibawa pulang. Sebab, rasanya pasti kurang lengkap kalau kamu sudah jalan-jalan di wisata Gunungkidul tapi nggak sekalian mampir untuk berburu oleh-oleh.  Apa saja ya?

Oleh-oleh Enak Didekat Pantai Gunungkidul

Berikut oleh-oleh khas Gunungkidul yang bisa Sibakul Travelers bawa pulang setelah mengunjungi pantai didaerah Gunung kidul.

  1. Tiwul dan Gathot

Kuliner ini adalah santapan khas Gunungkidul dan bisa dijadikan oleh-oleh. Di Gunungkidul, tiwul adalah makanan pengganti nasi, rasanya manis dan gurih serta teksturnya juga sangat lembut. Sedangkan Gathot terbuat dari singkong yang memiliki rasa manis dan gurih dengan tekstur empuk.  Tiwul dan Gathot yang paling terkenal adalah milik Yu Tum.

2. Belalang atau Walang Goreng

Belalang goreng memiliki rasa yang unik dan sangat enak lho, Sibakul Travelers. Oleh-oleh ini bisa ditemukan dengan mudah di sepanjang jalan arah ke pantai Gunungkidul. Harganya murah, mulai dari Rp 5 ribu untuk bungkus kecil hingga Rp 25 ribuan per toples. Berani coba?

3. Keripik Pisang

Keripik pisang merupakan salah satu cemilan yang banyak digemari, lho. Keripik pisang yang terkenal di Gunungkidul adalah keripik pisang dari Rumah Chocolate ( MaCHO ). Keripik pisang ini terdiri dari berbagai varian rasa seperti rasa manis, gurih, pedas, dan coklat. Cocok banget nih dijadiin oleh-oleh dari Gunungkidul.

So, Jika kamu berencana mengunjungi Yogyakarta jangan ragu untuk memasukkan pantai-pantai di Gunung Kidul sebagai tempat wisata yang wajib dikunjungi selama kamu di Jogja dan jangan lupa untuk mencicipi nikmatnya makanan khas dari Gunungkidul yang tentunya bisa dijadikan oleh-oleh andalan untuk keluarga tercinta, Sibakul Travelers.

pantai gunungkidul
Bachoc ( Banana Coklat )

Rumah Chocolate ( Machoc) adalah UMKM asal Gunungkidul, Yogyakarta yang memproduksi keripik pisang dengan berbagai varian rasa unik dan endak dilidah. Keripik pisang ini terdiri dari rasa manis, gurih, coklat, dan pedas. Rumah Chocolate memrpduksi keripik pisang coklat dengan merk Cerigis (Ceriping Gedhang Istimewa) dan Bachoc (Banana Coklat) yang berbeda sensasi rasa coklatnya serasa coklat premium. Alamat rumah chocolate ada di Jl. Raya Karang, Sentut, Ngalang, Kec. Gedang Sari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55862. Buka Setiap Hari ( Kecuali Jumat ) dari jam 09.00 – 16.00 WIB.

Info Kontak :

Instagram : @rumahchocolate_ atau http://instagram.com/rumahchocolate_

WA : 0877-3833-8780

Sumber dan Artikel Terkait :

https://www.idntimes.com/

https://sibakuljogja.jogjaprov.go.id/blog/rumah-chocolate/

sibakul

Sibakul Jogja

You may also like...