Uncategorized

Olahan singkong Modern dari Mbak Limbuk

JANGAN latah dengan memberikan cokelat batangan atau cake cokelat sebagai kado untuk orang terkasih saat Valentine. Kalau kebetulan si dia suka sekali mengemil keripik singkong, hadiahi dengan keripik singkong rasa cokelat.

Merek dagang LOGUE mengeluarkan keripik singkong dengan banyak varian rasa, seperti orisinal, mocca, stroberi, keju, dan cokelat. Namun, menjelang Hari Kasih Sayang yang jatuh setiap tanggal 14 Februari, pesanan keripik singkong dengan rasa cokelat meningkat.

“Hari gini kasih cokelat batangan ke pasangan mungkin sudah biasa. Kasih keripik singkong LOGUE akan jadi sesuatu yang berbeda dan berkesan,” kata Iqbal Adiasa, salah satu pemilik usaha keripik singkong LOGUE, saat ditemui di tempat produksinya di Cilodong, Depok, Jawa Barat.

Untuk memberikan cita rasa cokelat, mereka mengolahnya dengan melelehkan cokelat compound, kemudian dicampurkan hingga merata ke keripik singkong yang sudah digoreng. Rasanya, diklaim tidak kalah dengan rasa cokelat batangan.

“Cokelat batang atau compound dilelehkan dengan ditim, kalau sudah meleleh, dicampur (ke singkong-red). Kemudian angkat dan dinginkan selama 15 menit di suhu udara. Didiamkan setengah jam sampai akhirnya dikemas,” beber Iqbal.

Iqbal menjelaskan, keripik LOGUE diluncurkan sejak Oktober 2013 dan sudah didaftarkan ke Asosiasi Usaha Mikro, Keccil, dan Menengah Indonesia (Asukmindo). Pemberian nama LOGUE, dengan maksud agar mudah diingat masyarakat. Selain itu, menurutnya singkong masih menjadi favorit masyarakat Indonesia sebagai camilan.

“Cari yang gampang diingat mencerminkan kedekatan. Kan kalau pergaulan sudah dekat, lo dan gue, bisa dekat sama konsumennya. Kenapa singkong? Karena singkong makanan kampung, Indonesia banget, gampang diolah, ingin mengangkat selera pangan lokal,” tuturnya.

Sementara produsen lain sejenis bermain di selera pedas, Iqbal memilih menciptakan rasa manis untuk olahan singkongnya. Mereka mengambil bahan baku singkong dari pemasok di Bogor, rata-rata 50 kg sekali produksi.

sibakul

Sibakul Jogja

Share
Published by
sibakul

Recent Posts

Singkong Mbak Limbuk, Produk Olahan singkong inovatif

Diversifikasi pangan sebagai substitusi nasi di Yogyakarta bisa digalakkan lewat pengolahan singkong menjadi berbagai makanan.…

2 years ago

Olahan singkong modern yang mudah dan enak

Singkong disebut juga dengan nama ketela pohon dan ubi kayu, atau istilah ilmiahnya dikenal dengan…

2 years ago

Manfaat singkong, makanan rakyat dari zaman baheula

SINGKONG makanan murah meriah yang masih umum dijumpai di pedesaan. Jangan remehkan singkong ini karena manfaatnya…

2 years ago

Cassava Cheese, menikmatinya sambil minum kopi

Di tengah Covid-19 ini, usaha apapun akan dilakukan untuk menambah penghasilan yang ada. Salah satunya…

2 years ago

Olahan singkong kekinian dari Mbak Limbuk

SINGKONG merupakan salah satu bahan makanan paling populer di Indonesia. Selain karena kandungan karbohidratnya yang…

2 years ago

Olahan singkong praktis dan lezat dari mbak limbuk

SELAIN digoreng dan dikukus, singkong juga bisa dikreasikan menjadi berbagai hidangan lezat lainnya loh! Beberapa…

2 years ago