Uncategorized

Fashion kain tenun buat acara formal dan santai

Yogyakarta – Indonesia memiliki banyak jenis kain tradisional, salah satunya adalah kain tenun. Kain tenun merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang harus dilestarikan. Indonesia memiliki beragam macam kain tenun yang unik dengan berbagai warna, motif, jenis bahan atau benang, serta memiliki makna dan nilai sejarah yang dimiliki setiap daerah di Indonesia. Perkembangan industri kain tenun di berbagai daerah Indonesia merupakan upaya yang sangat penting untuk melestarikan warisan budaya sekaligus kebanggan yang dapat mencerminkan jati diri bangsa Indonesia.

Kini, banyak anak muda Indonesia terinspirasi untuk mengenakan tenun ikat bertema etnik modern yang cocok untuk semua kalangan agar tetap tampil modis dan stylish. Berikut ini ragam fashion items berbahan kain etnik tenun Indonesia yang dapat kamu pakai Beauties.

1. Batik Tenun Macak Ethnic

Salah satu karya yang diminati para wisata di jogja, Batik Tenun Macak Ethnic yang berada di Jl. Malioboro yogyakarta. Tenun ini populer karena seluruh pengrajinnya menggunakan bahan pewarna alami untuk memproduksi kain-kain tenun. “Pewarna alami telah kami gunakan sejak 10-15 tahun lalu,” sehingga batik tenun ethnic memiliki kwalitas yang bagus. Untuk harganya pun batik tenun macak ethnic terbilang cukup terjangkau dan serta banyaknya macam yang bisa dipilih sesuai keinginan.

2. Dress Etnik Tenun Ikat Jepara

Dress etnik tenun ikat alat tenun bukan mesin Jepara Indonesia
Dress etnik tenun ikat Jepara/foto: id.pinterest.com/Bebatikan Jogja

Dress ini terbuat dari bahan tenun ikat atbm (alat tenun bukan mesin) Jepara asli Beauties. Lewat potongan asimetris serta dilengkapi obi atau sabuk pinggang dari kain, menjadikan kamu tampil cantik dan elegan saat memakainya.

3. Blouse Etnik Tenun Ikat Jepara

Blouse etnik unik yang terbuat dari tenun ikat Jepara
Blouse etnik tenun ikat Jepara/foto: id.pinterest.com/Bebatikan Jogja

Blouse etnik yang satu ini cocok dipakai untuk pergi ke kantor atau hangout bersama teman, terbuat dari bahan tenun ikat Jepara yang dikombinasi dengan bahan tenun lurik di bagian depan, blus etnik model batwing ini ada kancing di bagian depan sehingga jika kamu memakainya akan terlihat stylish.

4. Toraja Hoodie Cardigan

Model outer hoodie cardigan Toraja
Toraja hoodie cardigan/foto: instagram.com/awanethniccraft/kintanveriana

Jika kamu sering memakai outer atau luaran, mengapa tidak untuk mencobanya dalam pilihan bahan kain tenun. Tak hanya lewat permainan corak dan warna yang vibran, beberapa juga memiliki desain dan aksen yang unik seperti hoodie

5. Bucket Hat

Bucket hat sangat populer di kalangan anak muda.
Bucket Hat/foto: instagram.com/awanethniccraft

Belakangan ini, bucket hat sangat digemari oleh kalangan anak muda Beauties. Pilihan bucket hat berbahan kain tenun yang dipadukan dengan kain katun ini menjadikan kamu tampil fashionable.

6. Tas Slingbag Tenun Etnik Toraja

Slingbag tas tenun etnik Toraja
Tas tenun etnik Toraja/foto: instagram.com/awanethniccraft

Tas model sling dalam material tenun etnik Toraja dapat menjadi pilihan aksesori yang stylish  untuk menemani aktivitas kamu Beauties. Cocok untuk dikenakan dalam acara formal maupun santai. Serta mudah kamu padu-padankan dengan outfit model dan warna apapun.

7. Clutch Tenun Bali

Putu Clutch Bag simple
Putu clutch bag kain tenun Bali/foto: instagram.com/wearmanikan

Clutch ini terbuat dari kain tenun Bali yang didesain dalam siluet klasik dan elegan ini cocok dipakai untuk kamu yang akan menghadiri acara formal agar terlihat semakin modis.

8. Obi Tenun Lurik

Obi atau sabuk pinggang dari tenun lurik ini membuat kamu tampil elegan
Obi Tenun Lurik/foto: instagram.com/@dariwulan

Obi atau sabuk pinggang dari kain tenun lurik membuat kamu tampil elegan Beauties. Lurik merupakan salah satu kain tradisional khas Yogyakarta, bermotif garis dengan warna suram yang diselingi aneka warna benang.

Marilah menggunakan produk lokal hasil karya bangsa sendiri Beauties. Selain akan memperkenalkan dan memajukan budaya Indonesia di mata dunia, memakai kain tenun dapat ikut serta melestarikan budaya tersebut.

sibakul

Sibakul Jogja

You may also like...