Uncategorized

Kain tenun jogja, buat kamu yang independen

Kain Tenun Lurik, Simbol Kesederhanaan Masyarakat Yogyakarta

Jogja atau juga dikenal dengan nama Yogyakarta merupakan sebuah daerah yang mendapatkan julukan sebagai “kota budaya” di Indonesia.

Julukan ini sangat tepat untuk diberikan mengingat kota ini masih sangat menjunjung tinggi kelestarian dari warisan budayanya, sebagai salah satu yang bisa kita lihat ialah warisan Kain Tenun Luriknya.

Kain Tenun Lurik ini merupakan kain tenun yang cukup melegenda dan sangat terkenal di Nusantara karena memiliki tampilan yang sederhana dan mempesona dengan berbagai pilihan warna.

Barangkali anda belum begitu mengenal tentang Kain Tenun Lurik Yogyakarta ini, yuk langsung saja simak selengkapnya di bawah ini

Sejarah Kain Tenun Lurik

Sejarah Pembuatan Kain Tenun Lurik
Sejarah Pembuatan Kain Tenun Lurik – sumber: antarafoto.com

Untuk sejarahnya sendiri, Keberadaan dari Kain Tenun Lurik ini sangat berkaitan dengan jejak sejarah dari Kerajaan di Indonesia.

Hal ini terbukti ditemukannya beberapa Prasasti dari bekas peninggalan Zaman Kerajaan Mataram (Sekitar tahun 851 – 882 masehi). Serta ditemukannya wujud pemakaian Kain Lurik pada arca-arca dan relief candi di sekitar Pulau Jawa.

Asal – usul dari penamaannya, Nama “Lurik” ini berasal dari bahasa Jawa yang berarti “Garis” dimana itu terlihat pada pola-pola garis lurus dan sederhana di hampir seluruh tampilan kain.

Pola garis-garis ini mencerminkan kehidupan yang sederhana yang dianut oleh masyarakat setempat.

Seiring waktu, Kain ini pun mulai dikenal sebagai simbol identitas sosial dari para kaum “Kawulo Alit” atau kalangan masyarakat biasa (bukan golongan bangsawan) pada saat itu.

Ciri Khas Kain Lurik

Ciri Khas Kain Tenun Lurik Yogyakarta
Ciri Khas Kain Tenun Lurik – sumber: oemahetnik.com

Sebagaimana yang disebutkan di atas, Kain Lurik merupakan kain tenun yang memiliki tampilan yang cukup sederhana yaitu pola garis-garis yang membentang pada hampir keseluruhan bagian kain.

Untuk pilihan warnanya juga sangat beragam diantaranya: warna hitam, coklat, merah, kuning, biru, hijau, dan masih banyak lagi.

Kain tenun ini terbilang sangat unik daripada yang jenis tenun lainnya karena tampilan corak motif yang mudah simple dan berwarna sehingga menjadi sangat diminati oleh banyak kalangan masyarakat saat ini.

sibakul

Sibakul Jogja

You may also like...