bangga buatan indonesia
...

Pempek kitto Atoen


Rp. 22.000,-


Detail :
Pempek kitto Atoen

Empek – empek atau yang lebih dikenal dengan nama pempek adalah makanan khas asal Palembang, Sumatra Selatan. Makanan khas ini sangatlah tersohor di pelosok Negeri Indonesia. Pempek terdiri dari campuran ikan dan sagu. Hampir seluruh wilayah Sumatra Selatan memproduksinya, sehingga sangat sulit jika kita mengatakan pempek berpusat di daerah Palembang.

Pada awalnya pempek terbuat dari jenis ikan belida. Namun, semakin langka dan mahalnya jenis ikan tersebut membuat ikan belida teralihkan menjadi ikan gabus. Pemilihan ikan gabus dikarenakan jenis ikan ini masih tergolong murah, tetapi dapat menghasilkan cita rasa gurih dan enak pada pempek.

Pada tahap selanjutnya, jenis ikan sungai lainnya mulai digunakan. Misalnya jenis ikan putak, toman, dan bujuk. Ada pula yang menggunakan jenis ikan laut seperti tenggiri, kakap merah, parang – parang, ekor kuning, dan ikan sebelah. Ikan lele, ikan dencis, serta ikan tuna putih turut pula digunakan sebagai bahan pembuatan pempek. Namun sekarang, warga Palembang mencoba membuat pempek dengan bahan dasar terigu dan nasi sebagai pengganti ikan.
Biasanya penyajian pempek ini ditemani oleh saus berwarna hitam kecoklatan yang disebut dengan cuka atau cuko (bahasa Palembang). Cuko dibuat dari air yang dididihkan, lalu ditambah gula merah, udang ebi, cabe rawit tumbuk, bawang putih, dan garam. Bagi masyarakat asli Palembang, cuko biasanya dibuat pedas untuk menggugah nafsu makan. Namun seiring masuknya pendatang dari luar Sumatra, banyak ditemukan cuko dengan rasa manis untuk yang tak menyukai rasa pedas. Pelengkap yang tak boleh ketinggalan ketika menyantap makanan berasa khas ini adalah irisan dadu mentimun dan mie kuning.
Pempek memiliki berbagai jenis hasil pengembangan dari pempek biasa. Jenis pempek yang paling terkenal adalah pempek kapal selam. Pempek ini terbuat dari telur ayam yang kemudian dibungkus dengan adonan pempek lalu digoreng dalam minyak panas. Ada juga pempek lenjer, pempek bulat (lebih dikenal dengan nama ada’an), pempek kulit ikan, pempek pistel (berisi irisan pepaya muda rebus yang telah dibumbui), pempek telur kecil, dan pempek keriting. Varian baru juga sudah mulai dibuat seperti pempek bakso, pempek keju, pempek sosis, serta pempek lenggang keju yang dipanggang di wajan anti lengket.


Pempek di simpan di frezeer bisa bertahan sampai 2 bulan di suhu ruang kemasan pempek yg sudah di vakum bertahan selama 2 hari

  Pesan Produk
SiBakul Jogja 2023