tempat belanja Jogja

UKM Fashion dan PerhiasanGaleri Pasar Kotagede YIA atau disingkat PKG YIA ini merupakan salah satu galeri yang terletak di Bandara kebanggaan masyarakat Jogja yaitu Yogyakarta International Airport (YIA). Galeri ini juga merupakan kebanggaan para pelaku UKM di Jogja. Karena di Galeri ini menjajakan lengkap beraneka ragam jenis oleh-oleh dan produk-produk UKM terbaik yang dihasilkan dari tangan-tangan para pelaku UKM Jogja.

Konsep interior dan eksterior Galeri Pasar Kotagede YIA ini bernuansa khas Jogja dengan perpaduan antara Benteng Kraton serta suasana Malioboro dan Kraton. Tidak hanya itu, Galeri Pasar Kotagede YIA ini dijaga oleh among tamu yang berpakaian khas Jawa dengan apiknya. Disertai juga dengan keramah tamahan dan senyumannya membuat kita yang mengunjunginya akan sulit untuk melupakannya. Ditambah lagi dengan alunan gamelan dan angkringan membuat kita ingin berlama-lama disana.

Galeri Pasar Kotagede YIA ini bisa anda temui di ruang tunggu penumpang Bandara YIA. Jadi, bagi anda yang berkunjung ke Jogja dan ingin kembali ke tempat asal tetapi belum sempat membeli oleh-oleh khas Jogja. Tidak perlu khawatir, di Galeri Pasar Kotagede ini menjajakan segala jenis oleh-oleh yang dimana pengelompokkan jenis barangnya ditata dengan rapih layaknya etalase mall modern.

Galeri Pasar Kotagede YIA telah memiliki mitra lebih dari 500 UMKM yang terdiri dari UMKM Fashion dan Perhiasan, Kerajinan dan Dekorasi Rumah, Makanan dan Minuman Kemasan, serta UKM Kuliner. Pada artikel ini kami akan menyajikan seri artikel mitra-mitra Galeri Pasar Kota Gede YIA yang pada artikel ini akan mengangkat UKM Fashion dan Perhiasan bagian 1.

UKM Fashion dan Perhiasan Bagian 1 Mulfa Collection

Mulfa Collection adalah satu diantara banyak usaha mikro kecil dan menengah di bidang craft dan fashion di Indonesia, kami memulai usaha ini pada pertengahan tahun 2018. Semangat kami adalah mengkampanyekan dan menjaga keberlangsungan lingkungan hidup agar tetap lestari melalui karya craft dan fashion yang bernilai ekonomi. Sehingga setiap produk yang dihasilkan terdapat pesan cinta lingkungan.

Mulfa Collection menghadirkan produk motif ecoprinting, teknik motif pada media kain menggunakan bahan yang ramah lingkungan. Bahan dasar produk kami adalah kain sebagai media cetak, daun bunga dan ranting akar sebagai motifnya. Dalam proses penawaran, kami menggunakan bahan alam seperti kulit pohon, empon-empon dan dedaunan.

Inilah yang menjadi keunggulan dari ecoprinting yaitu dimana warna serta desain yang dihasilkan adalah berdasarkan bahan-bahan alam. Jadi, membuat satu desain yang ditampilkan pada baju tersebut tidak mungkin sama dengan baju lainnya. Hal inilah yang menambah nilai dari produk karya seni yang dihasilkan Mulfa Collection. Oleh karna itu, kedepannya Mulfa Collection dapat terus meningkatkan pemasaran dan kampanye bahwa karya seni yang dihasilkan melalui ecoprinting adalah salah satu keunggulan dari hasil karya nusantara kita.

Natural House

Natural House adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang Interior Rumah yang berisi produk-produk inovatif dan orisinil terletak di Kasongan, Bantul, Yogyakarta. Natural House merupakan pusat handicraft yang menawarkan puncak kenyamanan bagi rumah-rumah hunian dan meneduhkan setiap sudut ruangan dengan aneka barang fungsional berbalut sentuhan seni optimal. Di bawah pimpinan Andre Suryaman Alumnus ITB jurusan seni rupa dan ilmu ekonomi yang dimiliki Achis Siswanti istrinya mempunyai perpaduan kekuatan yang membuat bisnis yang digelutinya menggelinding kencang.

Perusahaan ini berdiri sejak tahun 1996 yang pada awalnya memproduksi kertas daur ulang (kertas seni) yang dijual secara lembaran. Kemudian perusahaan mengembangkan ke arah pendesainan produk jadi yang fungsional seperti gift items, accessories, mirror, photo frame, candle holder, table lamp, furniture, vas, statue, painting dan masih banyak dekorasi lainnya yang terbuat dari berbagai material. Hingga saat ini, Natural House mempunyai 16 karyawan dengan produk pemasaran yang bermacam-macam berupa barang–barang kerajinan yang terbuat dari terracotta, kayu, bambu, fiber, rattan, seagrass, glass, aluminium, mendong, cooper, dll. Dalam melakukan penjualan produknya, selain dijual secara langsung pada konsumen (retail).

Natural House Homedeco juga menerima order baik lokal maupun buyer luar negeri yaitu Eropa, Kanada, Amerika, Spanyol, Australia, Malaysia, Singapura, Cyprus, Libanon, Prancis ,Italia, Denmark dan Turki. Tujuan utama didirikannya Natural House adalah untuk membidik pasar industri, memajukan dan mengembangkan potensi industri local terutama di wilayah Kasongan. Dengan adanya kegiatan export, secara tidak langsung Natural House telah memberikan kontribusi sekaligus devisa untuk pemerintah daerah dan pusat. Selain itu juga untuk membuka lapangan kerja serta memberi tambahan pendapatan dan kesejahteraan karyawannya. Dengan memasarkan produknya di wilayah dalam dan luar negeri, Natural House telah mengalami perkembangan yang cukup signifikan.

Soedrajad Batik

Batik Indonesia sebagai Warisan Budaya Dunia, momentum tersebut mestinya dimaknai oleh segenap negeri ini untuk meningkatkan harkat hidup para pengrajin dan buruh batik tradisional. Selain menjadi warisan budaya yang masyhur, batik juga harus menjadi leverage ekonomi rakyat Indonesia.

Hal inilah yang mendasari Soedrajad Batik tergerak untuk ikut andil dalam menjaga warisan budaya Indonesia. Diharapkan pula dengan terus meningkatkan pelayanan kualitas dan senantiasa memberikan sesuatu yang berbeda dan unik tentunya hal ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi peminat Karya Seni Batik.

Soedrajad Batik dikenal dengan produk batik dengan teknik capnya. Motif khasnya menyerupai huruf S dan D. dengan pakem kawung. Minimalis dan elegan tetapi tetap modern sesuai selera anak muda zaman now. Soedrajad Batik saat ini bisa kita jumpai di PKG YIA. Sebagai oleh-oleh dari Jogja.

Gracia Bag

Berawal dari keinginan menciptakan sebuah produk yang akan menyempurnakan penampilan anda yang ingin berpenampilan artistic. Gracia Bag hadir dengan desain dan bahan khas Indonesia seperti kulit sapi, batik, agel mendong dll. Gracia Bag adalah produk yang dikerjakan dengan konsep 100% handmade, dari proses pemilihan bahan, penganyaman, hingga finishing.

Semua dikerjakan oleh para artisan yang berpengalaman. Sebagian besar proses produksi dikerjakan di rumah-rumah pengrajin dengan mengutamakan proses produksi padat karya. Bahan dasar yang dipakai dipilih dari bahan berkualitas tinggi dengan proses pengerjaan yang sangat hati-hati oleh pengrajin yang terlatih hingga dapat menghasilkan sebuah produk yang berkualitas.

Adapun proses pembuatan Gracia Bag ini dibuat dengan proses memadukan bahan kulit dengan kain batik, agel, bahkan karung goni. Dengan mempertimbangkan fungsi dan fashion, Gracia Bag berharap dapat melengkapi penampilan anda yang ingin tetap terlihat art look, fashionable dan berkelas. Adapun alamat UKM Gracia berada di Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Untuk mengembangkan bisnisnya, Gracia Bag juga melakukan ekspansi menjajaki pasar luar kota bahkan luar negri. Diluar Jogja, Gracia Bag sudah merambah pasar di Jakarta dan Surabaya. Dengan kehadiran Gracia Bag juga, memberikan kesempatan para perempuan di sekitar tempat usaha untuk berdaya mendapatkan uang tambahan tanpa meninggalkan kegiatan mengasuh anak.

By sibakul