oleh-oleh jogja

UKM Makanan dan MinumanGaleri Pasar Kotagede YIA atau disingkat PKG YIA ini merupakan salah satu galeri yang terletak di Bandara kebanggaan masyarakat Jogja yaitu Yogyakarta International Airport (YIA). Galeri ini juga merupakan kebanggaan para pelaku UKM di Jogja. Karena di Galeri ini menjajakan lengkap beraneka ragam jenis oleh-oleh dan produk-produk UKM terbaik yang dihasilkan dari tangan-tangan para pelaku UKM Jogja.

Konsep interior dan eksterior Galeri Pasar Kotagede YIA ini bernuansa khas Jogja dengan perpaduan antara Benteng Kraton serta suasana Malioboro dan Kraton. Tidak hanya itu, Galeri Pasar Kotagede YIA ini dijaga oleh among tamu yang berpakaian khas Jawa dengan apiknya. Disertai juga dengan keramah tamahan dan senyumannya membuat kita yang mengunjunginya akan sulit untuk melupakannya. Ditambah lagi dengan alunan gamelan dan angkringan membuat kita ingin berlama-lama disana.

Galeri Pasar Kotagede YIA ini bisa anda temui di ruang tunggu penumpang Bandara YIA. Jadi, bagi anda yang berkunjung ke Jogja dan ingin kembali ke tempat asal tetapi belum sempat membeli oleh-oleh khas Jogja. Tidak perlu khawatir, di Galeri Pasar Kotagede ini menjajakan segala jenis oleh-oleh yang dimana pengelompokkan jenis barangnya ditata dengan rapih layaknya etalase mall modern.

Galeri Pasar Kotagede YIA telah memiliki mitra lebih dari 500 UMKM yang terdiri dari UMKM Fashion dan Perhiasan, Kerajinan dan Dekorasi Rumah, Makanan dan Minuman Kemasan, serta UKM Kuliner. Pada artikel ini kami akan menyajikan seri artikel UKM mitra Galeri Pasar Kota Gede YIA UKM Makanan dan Minuman bagian 1.

UKM Makanan dan Minuman Kemasan Bagian 1

Profil Pisang Echa99

Pisang Echa99 merupakan UKM yang bergerak di bidang olahan makanan yaitu keripik pisang lumer coklat. Dengan berbagai macam varian pisang echa99 yang diterima dengan baik oleh masyarakat. Serta dikemas dengan kemasan yang manis dan mudah dibawa. Jadi, cocok banget dibuat untuk oleh-oleh saat berkunjung ke Yogyakarta.

Visi : Meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.
Misi : (1) Membuat produk keripik yang berkualitas. (2) Menggunakan bahan baku dari petani lokal. (3) Memberdayakan masyarakat setempat. (4) Meningkatkan promosi produk melalui media online maupun dengan media promosi lainnya.

Pisang Echa99 memproduksi kripik pisang dengan berbagai macam varian rasa keripik lumer di antanya rasa coklat, green tea, strawberry, dan masih banyak varian lainnya.

Pisang juga dikenal dengan buah yang mempunyai berbagai macam manfaat seperti :

  1. Sebagai sumber karbohidrat dan vitamin A.
  2. Dapat menurunkan berat badan.
  3. Dapat mengatasi anemia.
  4. Dapat melancarkan aliran oksigen ke otak.
  5. Meningkatkan kekebalan tubuh.
  6. Menyehatkan tulang.

Siji Siji Wedang Uwuh

Wedang uwuh adalah salah satu minuman tradisional yang kerap digunakan dalam pengobatan tradisional. Wedang uwuh ini dalam Bahasa Jawa mempunyai arti yang unik, yakni wedang berarti minuman dan uwuh berarti sampah. Singkatnya dijuluki sebagai minuman sampah. Wedang uwuh siji ini terdiri dari : daun pala, daun cengkeh, daun kayu manis, jahe kering, secang, gagang cengkeh, dan gula batu kristal. Masa kadaluarsa 1 tahun manfaat wedang uwuh, diantaranya :

  • Menurunkan Kolesterol
  • Mengobati Masalah Perut
  • Menghilangkan Capek
  • Menghilangkan Nyeri
  • Menyegarkan Badan
  • Meningkatkan Kekebalan Tubuh
  • Melancarkan Sirkulasi Darah
  • Menyembuhkan dan Mencegah Masuk Angin
  • Menghangatkan Badan
  • Mengatasi sakit gigi
  • Mengobati perut kembung
  • Mengatasi sakit kepala
  • Mengatasi obesitas

KOPINATA

KOPINATA adalah produk dari UKM Pabriek Kopi Nata. Produsen pioneer khusus kopi rendah kafein yang terletak di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Produk kami menggunakan 100% kopi asli Indonesia. Dengan bahan-bahan asli Indonesia, dibuat di Indonesia, oleh Rakyat Indonesia.

Diantaranya kopi arabika, robusta dan juga kopi liberika. Kopi rendah kafein kami diolah tanpa menggunakan solvent/zat pelarut kafein dan tanpa bahan pengawet. Sehingga kopi kami “NYAMAN DI LAMBUNG DAN GAK BIKIN DEG-DEG-AN”. Dengan kata lain, produk kami “Zero Chemical”. Kopi kami aman dikonsumsi untuk semua usia. Kopi rendah kafein kami juga bisa bertahan 2 tahun dan bisa disimpan didalam ataupun diluar kulkas.

Butuh waktu 2 bulan proses, dari setelah panen sampai kopi bisa tersaji di meja konsumen. Perlu kecermatan dan juga ketelitian agar zat baik dari kopi tidak hilang setelah proses produksi ini. Sehingga kopi yang dihasilkan TIDAK HANYA KOPI RENDAH KAFEIN, NAMUN JUGA KAYA MANFAAT. Dan limbah dari proses produksi kami berupa limbah organik yang langsung kami manfaatkan sebagai pupuk tanaman. Sehingga proses produksi kami “Ramah Lingkungan” atau dengan kata lain “Zero Waste”.

Ji-PONG Sambal

Produsen sambal dan aneka makanan ringan sebagai produk asli kota Yogyakarta dan telah diwariskan secara turun temurun kepada kami sebagai generasi kedua yang akan memperkenalkan produk tersebut kepada masyarakat luas baik nasional maupun internasional. Baik secara offline maupun online dengan berkesinambungan dan terus menerus berinovasi seiring perkembangan zaman. Secara resmi didirikan pada tahun 2014 di kota Yogyakarta dengan cakupan pengiriman gratis ke seluruh Indonesia dengan jumlah pembelian tertentu.

Kami adalah generasi kedua yang menurunkan resep keluarga sampai pada saat ini. Sambal Ji-PONG ini dibuat dari bahan-bahan lokal pilihan tanpa bahan tambahan pangan. Dengan proses pembuatan dari cabai yang sudah dicuci bersih, dimasak dan diaduk selama 2 jam nonstop, serta didinginkan kurang lebih selama 1 malam setelah berubah warnanya dan airnya menguap. Membuat sambal Ji-PONG ini tidak diragukan lagi akan keamanan dan kehalalannya untuk dikonsumsi.

Sambal Ji-PONG ini mempunyai keunggulan yaitu tidak menggunakan msg dan bahan pengawet, hanya memakai kaldu jamur dan semuanya memakai bahan alami tidak ada campuran sedikitpun. Sambal Ji-PONG inipun mempelopori makan hidup sehat dan juga pola hidup sehat.

Sarisa Merapi Manisan Salak Khas Jogja

Manisan salak merupakan salak dalam air gula yang dikemas secara higienis dengan mesin modern. Manisan salak Sarisa Merapi diolah menggunakan bahan baku salak pondoh pilihan dengan kematangan buah maksimal 70% yang merupakan buah asli khas Sleman. Manisan ini merupakan oleh-oleh khas Sleman, berbahan baku lokal, sisa dari potongan salak dibuat dodol salak, sari salak dan tepung salak. Sedangkan biji dan kulitnya kami jadikan kompos untuk memupuk tanaman. Manisan salak ini dibuat tanpa pewarna buatan, sebab pewarna kuning airnya menggunakan secang dan warna merah menggunakan buah naga.

Ide memproduksi manisan salak ini muncul ketika harga salak anjlok pada November 2016. Manisan salak ini diproduksi dengan tujuan untuk meningkatkan nilai jual salak yang rendah, yang membuat petani salak merugi, sehingga kami Kelompok Wanita Tani Kemiri Edum berinovasi untuk mengangkat harga salak dengan mengolahnya menjadi manisan salak. Manisan salak pondoh Sarisa Merapi di produksi oleh Kelompok Wanita Tani Kemiri Edum di Lereng Merapi, tepatnya di Dusun Kemiri, RT 001/ RW 007, Kelurahan Purwobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

By sibakul