oleh-oleh jogja

Oleh-oleh Jogja – Yogyakarta adalah daerah tujuan wisata terbesar kedua setelah Bali. Berbagai jenis obyek wisata ada di sini, bukan di blog ini ya, tapi di wilayah ini. Beberapa objek wisata yang berkembang diantaranya wisata alam, wisata sejarah, wisata budaya, wisata pendidikan, bahkan yang terbaru wisata malam. Nama daerahnya memakai sebutan DIY sekaligus statusnya sebagai Daerah Istimewa. Status Yogyakarta sebagai Daerah Istimewa berkenaan dengan runutan sejarah Yogyakarta, baik sebelum maupun sesudah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Sebagai daerah tujuan wisata populer ada banyak produk oleh-oleh yang bisa kamu dapatkan sebagai buah tangan. Googling saja dengan jarimu dan lebih dari 70 juta hasil pencarian akan dihadirkan cuma buat kamu… ya kamuuu. Banyak banget produk populer yang tampil seperti bakpia dan olahan coklat, walang goreng, wingko, kerajinan perak, dan souvenir.

Oleh-oleh Jogja
Hasil pencarian oleh-oleh Jogja

Di artikel ini saya ingin mengangkat sebuah pusat oleh-oleh di Bandara di bagian keberangkatan, yang tentunya buat kamu pengguna bandara YIA atau bepergian dengan pesawat udara tidak perlu repot lagi untuk mencari oleh-oleh. Tempatnya istimewa benget jogja nya, dengan banyak sekali pilihan oleh-olehnya.

Disini kamu bisa beli semua yang kamu bayangin, impikan, inginkan, hayalkan tentang semua oleh-oleh jogja. Nama tempatnya adalah Pasar Kotagede YIA, Kebanggaan UKM Jogja Istimewa Galeri Pasar Kota Gede YIA, wuihhh gemeter ya baca nya!!!, tapi ini beneran PKG YIA adalah Pusat Oleh-Oleh Jogja terlengkap di Bandara.

Profil Oleh-oleh Jogja Produk UKM Galeri Pasar Kota Gede YIA

Oleh-oleh jogja di PKG
Pasar Kota Gede YIA

PKG YIA adalah tempat 500 Usaha Kecil Menengah (UKM) yang telah terpilih menjajakan produknya. Galeri ini memiliki lebih dari 4000 produk yang telah melalui proses kurasi ketat dari Dinas Koperasi UKM DIY. So… Kamu bisa bayangin semua produk di PKG YIA adalah produk pilihan yang telah lolos kurasi, jumlahnya ada 4000 lebih, dan kalau kamu beli semuanya yang empat ribunya itu, itu kebanyakan, percayalah….

Bagi UKM DIY, agar produknya dapat di jual di Galeri Pasar kota Gede YIA adalah capaian tersendiri dan tentunya merupakan kebanggaan. Dan berita bagusnya nilai-nilai kebanggaan itu kamu bisa temukan di tempat ini.

Produk Pasar Kota Gede YIA terbagi empat kelompok, yaitu :

  • Craft and home decoration
  • Fashion and jewellery
  • Packing Food and beverage
  • Culinary
  • Batik Premium
  • Food Court

Craft and home decoration

Bagian Craft and Home decoration atau kerajinan dan dekorasi rumah terdapat 679 produk yang bisa dipilih, beberapa diantaranya adalah :

  • Produk Kayu batik
  • Produk tatah sungging dan wayang kulit
  • Produk Kerajinan Miniatur
  • Gantungan kunci, pembatas buku
  • Box tissue dan tempat penyimpanan
  • Lilin aromatherapy

Fashion and Jewellery

Fashion dan Jewellery (perhiasan) Merupakan salah satu jenis produk terbanyak, ada sekitar 2.951 produk fashion dan perhiasan yang di jual di Pasar Kota Gede YIA, beberapa diantaranya :

  • Batik tulis dan batik cap
  • Produk kain eco print dan kain jumputan
  • Pakaian, topi dan masker
  • Tas, sandal dan sepatu
  • Perhiasan perak dan kerajinan perak
  • Aksesoris gelang, anting dan kalung
  • Jam tangan kayu
  • Cincin akik dan kerajinan batu mulia

Packing food and Beverage

Pada Kelompok Packing food terdapat 845 produk yang bisa dibawa, beberapa diantaranya adalah

  • Jajanan khas seperti Bakpia, thiwul, geplak
  • Aneka jajanan seperti olahan coklat, peyek coklat
  • Makanan khas kemasan seperti gudeg, thiwul
  • Aneka Abon ikan, ayam, sapi
  • Aneka Produk Sambal dan bumbu masakan jawa
  • Aneka produk minuman instan seperti wedang uwuh, kunir asem, teh celup, teh tubruk
  • Aneka minuman kemasan seperti

Profil Pusat Oleh-oleh jogja Pasar Kotagede YIA

Pasar Kota Gede YIA – Buat sobat yang sedang berada di ruang tunggu penumpang di dalam Bandara YIA maka sobat akan menjumpai sebuah tulisan besar Pasar Kotagede. Didalamnya terdapat Galeri UKM DIY dan Angkringan Malioboro yang menyuguhkan aneka macam produk dari UKM DIY. Konsep eksterior dan interiornya bernuansa khas Jogja, perpaduan antara Benteng Kraton dan suasana Malioboro dan Kraton.

Ketika masuk ke dalam Pasar Kotagede kita disambut oleh among tamu dengan pakaian jawa yang sangat apik, keramah tamahan dan senyumnya akan sulit di lupakan, ditambah alunan gamelan dan angkringan, bisa membuat kita ingin berlama-lama disana. Di galeri tersebut juga menghadirkan ribuan produk UMKM yang ditata layaknya etalase mall modern, aneka produk ditata secara apik dan menarik sehingga sulit untuk tidak membeli dalam jumlah banyak.

Model Pengelolaan Mitra Pasar Kotagede YIA

Jumlah UKM Mitra Galeri Pasar Kota Gede YIA sekitar 500 UKM dengan lebih dari 4000 produk. Jumlah tersebut masih tergolong sedikit jika dibandingkan dengan jumlah UMKM di DIY yang jumlahnya lebih dari 300 ribu. Untuk pengelolaan Pasar Kotagede YIA Dinas Koperasi dan UKM DIY menerapkan 2 model pergantian UKM, pertama dengan model sistem evaluasi setiap 3 bulan untuk melihat produk-produk yang banyak diminati dan yang tidak. Sehingga jika produk tidak diminati maka akan diganti dengan produk yang lain dan UKM lain.

Dan yang kedua adalah sistem rolling dimana secara berkala setiap UKM akan diganti dengan UKM lainnya, dengan maksud untuk memberi kesempatan UKM-UKM lebih merata, Penyegaran display produk, dan memperkenalkan UKM unggulan DIY lebih banyak lagi.

Untuk UKM mitra yang sudah tidak tampil lagi produknya maka ditampilkan di fasilitas Display Digital yang akan menghadirkan profil-profil pendek dari setiap UKM. DI Galeri Pasar Kotagede YIA terdapat sekitar 4 TV yang di sebar di beberapa titik yang di gunakan untuk Display promosi profil UKM Mitra.

Untuk menjadi mitra Galeri Pasar Kotagede YIA, UKM harus melalui Kurasi Pasar Kotagede YIA Dinas Koperasi dan UKM. Mitra PKG sebelumnya harus terdaftar sebagai mitra SIBakul Jogja yaitu satu platform aplikasi untuk pembinaan UKM DIY.

Proses Kurasi Pasar Kotagede YIA
Proses Kurasi PKG YIA

Setelah terdaftar sebagai mitra SiBakul Jogja peserta mengikuti kegiatan MarketHUB yang merupakan pasar digital UMKM DIY. Lolos dari MarketHUB maka bisa mengajukan Kurasi Pasar Kotagede dan mengikuti tahapan dari mulai verifikasi oleh Kabupaten Kota hingga kegiatan Kurasi Produk dan QC.

Semua tahapan dilakukan secara online melalui aplikasi SIBakul Jogja, kecuali kegiatan kurasi produk, dimana akan ada penilaian langsung dari Kurator kepada produk UKM.

Konsep Penataan Galeri PKG YIA

Pasar Kotagede di Bandara YIA ini tidak hanya menjadi tempat bertemunya para konsumen, tetapi juga ada konsep untuk pelestarian budaya. Konsepnya selain Galeri yang menampilkan produk kebudayaan, seperti Gamelan, Wayang dan alunan musik Jawa, juga dengan mengintegrasikan nilai-nilai budaya dalam bentuk pelayanan kepada pembeli, penataan eksterior dan interior, serta pengenalan budaya melalui literasi digital yang di tampilkan di media display, dan media cetak yang disediakan.

Penataan Produk Galeri Pasar Kotagede YIA
Penataan Produk Galeri PKG YIA

Untuk konsep penataan produk Galeri Pasar Kotagede pengelompokannya dijajar sesuai jenisnya, bukan asal daerahnya. Ketika berkeliling di galeri dengan luas sekitar 1.200 meter persegi ini akan dijumpai barang-barang yang dijual antara lain aneka minuman tradisional, makanan oleh-oleh, boneka, kacamata dengan bingkai kayu, stick drum, aneka pernak-pernik, hingga kaos dan pakaian batik.

By sibakul