Kurasi Pasar Kotagede YIADinas Koperasi dan UKM DIY merupakan lembaga yang terus konsisten dalam upaya memajukan sektor UKM yang ada di wilayah DIY. Salah satu upaya yang terus ditingkatkan dalam hal ini adalah proses digitalisasi UKM. Karna dengan proses digitalisasi ini, dapat membuka kesempatan lebih luas lagi untuk UKM dan masyarakat pelanggan UKM mendapatkan cara yang lebih baik dalam bertransaksi.

Sebagai upaya meningkatkan proses digitalisasi UKM, Dinas Koperasi dan UKM DIY menciptakan suatu terobosan yaitu mengembangkan layanan website Pasar Kotagede YIA yaitu sibakuljogja.jogjaprov.go.id/pasarkotagedeyia. Sebagai layanan pemasaran online untuk mendukung model bisnis Galeri Pasar Kotagede YIA.

Pada website Pasar Kota Gede YIA itu sendiri ditampilkan berbagai macam fitur seperti menampilkan berbagai macam jenis produk yang dijajakan di Pasar Kotagede YIA, Produk Promo, Mitra PKG, Profil Usaha, Postingan Instagram Gallery UKM Pasar Kotagede, dan beberapa artikel mengenai Galeri Pasar Kotagede YIA. Galeri Pasar Kotagede YIA memiliki mitra UKM sebanyak 500 UKM dengan lebih dari 4000 produk. Jumlah tersebut masih tergolong sedikit jika dibandingkan dengan jumlah UMKM di DIY yang jumlahnya lebih dari 300 ribu.

Sebagai usaha untuk peningkatan kualitas UKM di DIY dan menambah mitra UKM yang ingin menjajakan produknya di Galeri Pasar Kotagede YIA. Dinas Koperasi d an UKM DIY terus membuka kesempatan bagi para pelaku UKM diseluruh DIY untuk mengembangkan usahanya melalui program SiBakul dengan digitalisasi UKM pada sistem SiBakul dan program pembinaan untuk pengembangan kualitas produk UKM.

Khususnya pada Galeri Pasar Kotagede YIA ini, program SiBakul Dinas Koperasi dan UKM DIY menyediakan layanan kurasi Pasar Kotagede YIA. Namun, pelaku UKM yang ingin mengajukan kurasi Pasar Kotagede YIA agar bisa memasarkan produk-produknya di Galeri Pasar Kotagede YIA, harus menjalani proses atau tahapan yang harus dipenuhi. Berikut penjelasannya.

Proses kurasi Pasar Kotagede YIA yang harus dilakukan

Adapun proses untuk menjadi mitra Galeri Pasar Kotagede YIA, pelaku UKM harus melalui proses kurasi Pasar Kotagede YIA Dinas Koperasi dan UKM. Dalam melakukan proses kurasi di PKG YIA, UKM harus melakukan rangkaian proses pendaftaran. Sebelumnya, mitra PKG YIA diharuskan terlebih dulu untuk terdaftar sebagai mitra SiBakul Jogja yaitu suatu platform aplikasi untuk pembinaan UKM di wilayah Jogja.

Setelah terdaftar sebagai mitra SiBakul Jogja, peserta diharuskan mengikuti kegiatan MarketHUB yang merupakan pasar digital UMKM DIY. Pada MarketHUB UKM akan diminta untuk mengupload beberapa produk yang nantinya akan dibantu untuk pemasaran di SiBakul MarketHUB.

This image has an empty alt attribute; its file name is image-1024x482.png
Proses kurasi pasar kotagede yia melalui aplikasi SiBakul

Adapun proses kurasi MarketHUB meliputi kelengkapan data diri, data usaha, NIB dan konten produk yang di upload. Unsur yang harus dipenuhi pada konten produk yang akan di upload antara lain :

  • Produk yang dijual merupakan produk buatan UKM DIY.
  • Produk tersebut bukanlah produk yang dilarang atau melanggar hukum dan aturan, misal tas kulit dari hewan yang di lindungi dan minuman keras.
  • Foto produk jelas.
  • Judul produk sesuai dengan nama produk yang di jual.
  • Deskripsi produk informatif dan ada informasi kadaluarsa untuk produk makanan.
  • Terdapat informasi terkait berat kemasan dan dimensi.
  • Serta mengisi titik lokasi pengambilan atau lokasi UKM untuk dibantu dengan program free ongkir dan sejenisnya.

Jika sudah lolos dari MarketHUB, maka peserta dapat mendaftarkan diri pada kurasi Pasar Kotagede YIA. Adapun langkah pendaftaran yang harus dilakukan dalam proses kurasi PKG YIA antara lain :

  • Memilih produk yang ingin dilakukan proses kurasi.
  • Memilih tipe kurasi.
  • Menyerahkan data legalitas usaha.
  • Menyerahkan data legalitas produk.
  • Menentukan aspek produksi.
  • Menentukan aspek pasar.
  • Menentukan model bisnis.
This image has an empty alt attribute; its file name is image-3-1024x269.png
Aktivitas daftar kurasi pasar kotagede yia oleh UKM

Setelah melakukan pendaftaran. Maka UKM dapat melanjutkan ke langkah berikutnya yaitu mengikuti mulai dari verifikasi oleh kabupaten/kota hingga kegiatan kurasi produk dan QC. Adapun proses verifikasi pada kabupaten/kota mengenai seputar kelengkapan berkas usaha, antara lain :

  • Berkas untuk legalitas usaha :
    – NIB
    – NPWP
    – KTP
  • Berkas untuk legalitas produk :
    – Pengajuan HKI
    – Jogjamark
    – Khusus produk kemasan ada lampiran PIRT/MD
  • Untuk kelengkapan informasi UKM mengisi beberapa data, yaitu :
    – Data diri
    – Data usaha
    – Aspek produksi
    – Aspek Pasar
    – Model Bisnis

Proses verifikasi yang dilakukan pada kabupaten/kota ini meliputi :

  • Melihat atau mengecek terkait UKM yang diajukan.
  • Verifikasi kelengkapan data profil usaha.
  • Verifikasi legalitas usaha.
  • Verifikasi legalitas produk.
  • Memberikan catatan untuk rekomendasi yang harus dilakukan terhadap UKM.
  • Memutuskan lolos dan tidak lolos verifikasi terhadap UKM yang diajukan.
Aktivitas verifikasi UKM pada kabupaten/kota

Jika sudah lolos verifikasi, peserta UKM akan mendapatkan pemberitahuan jadwal kurasi. Ketika pelaksanaan, peserta UKM diharuskan membawa produk yang akan dinilai oleh kurator. Kemudian kurator akan memutuskan tiga kondisi, yaitu lolos, lolos dengan catatan, dan tidak lolos.

Untuk status lolos dengan catatan, UKM harus melaksanakan rekomendasi sesuai catatan kurator dan mengisi form konfirmasi sudah melakukan rekomendasi.

Bagi yang lolos, UKM akan menerima informasi jadwal QC yang kemudian produk mulai di pasarkan di Galeri Pasar Kotagede.

Seluruh rangkaian aktivitas UKM pada proses kurasi pasar kotagede YIA

Semua tahapan kurasi dilakukan secara online melalui aplikasi SiBakul Jogja, kecuali kegiatan kurasi produk, dimana akan ada penilaian langsung dari kurator kepada produk UKM.

Proses oleh kurator dan admin kurasi online

Dalam proses kurasi Pasar Kotagede YIA, yang bertanggungjawab dalam hal ini adalah kurator dan admin kurasi online. Untuk melakukan proses kurasi, kurator melakukan berbagai rangkaian proses kurasi yang meliputi :

  • Mengecek undangan kurasi yang masuk.
  • Melakukan verfikasi aspek produksi.
  • Verifikasi aspek pasar.
  • Verifikasi model bisnis
  • Melakukan proses kurasi produk.
  • Memberikan catatan terkait rekomendasi yang harus dipenuhi UKM.
  • Memutuskan lolos dan tidak lolos verifikasi terkait UKM yang diajukan.
Rangkaian proses verifikasi UKM oleh kurator

Setelah kurator menyatakan bahwa UKM yang diajukan lolos verifikasi. Maka selanjutnya admin bertanggungjawab dalam melaksanakan proses kurasi online.

Pertama-tama, admin haruslah terlebih dahulu melakukan login pada sistem di https://sibakuljogja.jogjaprov.go.id. Kemudian admin melakukan langkah-langkah proses kurasi online yaitu :

  • Melihat daftar UKM yang lolos verifikasi setelah dilakukannya proses verifikasi oleh kurator.
  • Memberikan informasi terkait daftar kurasi.
  • Mengecek daftar UKM yang lolos kurasi.
  • Memberikan informasi terkait jadwal QC pada UKM yang lolos kurasi.
Rangkaian proses kurasi pasar kotagede yia oleh admin

Pada proses kurasi online oleh admin pada sistem https://sibakuljogja.jogjaprov.go.id. Admin harus melakukan beberapa rangkaian verifikasi antara lain :

  • Verifikasi kelengkapan data dengan melihat data UKM.
  • Verifikasi legalitas usaha.
  • Verifikasi legalitas produk.
  • Menentukan apakah UKM lolos verifikasi atau tidak.
  • Memberikan catatan bagi UKM yang tidak lolos verifikasi.
  • Memutuskan kondisi lolos jika pada kelengkapan data UKM sudah lengkap dan dinilai sesuai.

Cukup sekian mengenai artikel panduan proses kurasi Pasar Kotagede YIA ini. Adapun tujuan ditulisnya artikel ini tak lain adalah untuk memberikan informasi penting terkait proses atau tahapan yang harus dipenuhi atau dijalankan dalam mengajukan kurasi Pasar Kotagede YIA atas produk UKM yang ingin di pasarkan di Galeri Pasar Kotagede YIA. Semoga bermanfaat.

By sibakul