Tempat Wisata Jogja

Tempat Wisata – Jika kamu mendengar kata “Jogja”, apa sihh yang terlintas di pikiranmu ?? Pastinya yang terlintas dipikiran sobat adalah kota yang sarat akan keistimewaannya dengan berbagai macam tempat wisata yang menarik bukan ?? Tentu saja, Yogyakarta atau sering disebut Jogja merupakan daerah istimewa dan destinasi wisata terfavorit di Indonesia setelah Bali tentunya menawarkan berbagai macam pesona keindahan dan keunikan-keunikan didalamnya yang membuat nyaman pengunjungnya dan takkan bisa melupakannya.

Berbagai jenis wisata banyak ditawarkan di Jogja mulai dari wisata budaya, sejarah, alam sampai wisata minat khusus. Karna Jogja dikenal sebagai tempat wisata favorit, tentunya Jogja menawarkan berbagai macam tempat wisata unggulan yang wajib kamu kunjungi ketika menyambangi kota pelajar ini. Ibarat kalau kamu belum kesini, kamu belum bisa dikatakan pernah ke Jogja.

Daftar Tempat Wisata Jogja

Berikut kami rangkum 10 tempat wisata terfavorit di Jogja untuk kamu. Artikel ini juga recomended banget buat kamu yang baru pertama kali ke Jogja :

  • Jalan Malioboro
Tempat Wisata Jogja

Jelas saja, Jalan Malioboro yang ikonik di Kota Jogja ini menempati peringkat satu sebagai tempat wisata terfavorit di Jogja. Bisa dibilang belum pernah pergi ke Jogja kalau gak ke Jalan Malioboro. Kalau gak mampir setidaknya lewat dulu aja dehh.

Di Jalan Malioboro ini kamu bisa beli oleh-oleh, makan-makan, berswafoto, bahkan cuma bersantai aja juga asyik lhoo. Kondisi Jalan Malioboro kini pun lebih rapih karna seluruh PKL di jalan di sudah direlokasi di Teras Malioboro 1 & 2.

Jadi sobat bisa cari oleh-oleh dan makan di Teras Malioboro 1 & 2.

  • Keraton Jogja
Tempat Wisata Jogja
(Detik.com)

Karna Jogja ini merupakan Daerah Istimewa yang dipimpin oleh Sultan yaitu Sri Sultan Hamengkubuwono X. Tentunya Sultan mempunyai istana yaitu Keraton Jogja yang merupakan istana nya.

Keraton Jogja yang mempunyai nama resmi Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat merupakan salah satu istana kesultanan yang masih aktif di Indonesia. Di sini kamu bisa mengetahui terkait sejarah panjang terkait kesultanan Jogja.

Kamu bisa mengunjungi Keraton Jogja pada pukul 08.30 – 13.00 WIB, kecuali Jumat hanya sampai 11.00 WIB. Ada pemandu yang bisa menemanimu menjelajahi area Keraton dan memberikan penjelasan terkait apa saja yang ada di Keraton. Tetapi jika mau jalan-jalan sendirian pun tak apa.

Harga masuk keraton pun murah. Hanya Rp. 5000 untuk wisatawan domestik dengan bayar izin foto Rp. 1000.

  • Taman Sari
Tempat Wisata Jogja
(Travel Kompas)

Masih berada di wilayah Benteng Keraton Jogja, Taman Sari yang dulunya merupakan pemandian pribadi bagi sultan dan para permaisurinya. Meski sekarang sudah tidak digunakan lagi, Taman Sari kini menjadi salah satu tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi, terutama untuk kamu yang baru pertama kali ke Jogja.

Tempat wisata ini mempunyai area pemandian yang unik serta lorong-lorong yang sarat akan nilai sejarah dan instagramable banget. Terutama area masjid bawah tanahnya yang mempunyai arsitektur tangga yang unik. Adapun waktu buka tempat wisata Taman Sari ini yaitu setiap hari pada jam 09.00-15.00 WIB dengan harga tiket masuk Rp. 5000 untuk wisatawan domestik.

  • Benteng Vredeburg
Tempat Wisata Jogja

Benteng Vredebeburg merupakan salah satu objek wisata museum yang ada di kawasan nol kilometer. Selain bangunannya yang memiliki sejarah panjang dan kerap digunakan berfoto, Benteng Vredeburg juga menyajikan wisata edukasi berupa diorama.

Kalau kamu mengunjungi museum ini, kamu seakan diajak berkeliling empat diorama yang menyajikan sejarah perjuangan Indonesia dari masa penjajahan hingga pasca kemerdekaan. Selain itu, di museum ini juga terdapat patung para pahlawan hingga replika meriam dan replika Tugu Yogyakarta yang bisa kamu jadikan spot foto. Benteng Vredeburg sendiri buka setiap hari pada pukul 07.30 hingga 16.00 WIB. Sementara pada hari Senin tutup. Adapun tiket masuk Benteng Vredeburg adalah Rp. 3000 untuk wisatawan domestik.

  • Tugu Yogyakarta
Tempat Wisata Jogja
(Tokopedia.com)

Tugu Yogyakarta merupakan salah satu area ikonik di Jogja yang gak boleh kamu lewatkan, apalagi kalau baru pertama kali ke Jogja. Tugu Yogyakarta disebut juga dengan Tugu Pal Putih ini mempunyai nilai simbolis yang dipercaya sebagai garis magis yang menghubungkan Gunung Merapi di Utara Pantai, Keraton Yogyakarta di pusat kota, dan Parangtritis dan Panggung Krapyak di Selatan.

Tugu yang didirikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I pada tahun 1755 merupakan salah satu destinasi wajib yang harus dikunjungi oleh para pelancong yang berasal dari luar Yogyakarta. Umumnya, Tugu Yogyakarta ini merupakan tempat berfoto yang wajib dikunjungi sebagai bukti kalau kamu pernah ke Jogja.

  • Candi Prambanan
Tempat Wisata Jogja
(CNN Indonesia)

Candi Prambanan merupakan salah satu tempat wisata favorit di Jogja yang wajib kamu kunjungi, tepatnya di perbatasan antara Klaten Jawa Tengah dan Yogyakarta. Kompleks Candi Hindu terbesar di Indonesia ini menawarkan berbagai macam keindahan seperti hiasan relief yang diukir mengelilingi candi dan menceritakan kisah Ramayana dan Krishnayana.

Candi Prambanan ini berlokasi sekitar 17 KM dari pusat kota Jogja. Apabila kamu tidak mempunyai kendaraan pribadi, kamu bisa pergi ke Candi Prambanan ini dengan menggunakan bus dan turun di halte Prambanan.

  • Candi Borobudur
Tempat Wisata Jogja
(theAsianparent)

Candi Borobudur ini sebenarnya tidak terletak tepat di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, melainkan di Magelang Jawa Tengah atau sekitar 40 KM dari pusat kota Jogja. Namun candi Budha terbesar di dunia ini adalah salah satu tempat wisata yang wajib kamu kunjungi kalau kamu berlibur ke Jogja.

Berbentuk persegi dengan 9 platform dan satu candi utama di puncaknya, menjadikan bentuk Borobudur ini benar-benar indah baik dilihat dari sekitarnya maupun dari ketinggian. Dindingnya berukir, dan bukan hanya sekedar ukiran. Namun ukiran tersebut menceritakan terkait kondisi masyarakat di masa itu hingga cerita-cerita Budha.

Candi Borobudur ini terkenal hingga ke berbagai belahan dunia, candi ini merupakan candi Budha terbesar di dunia.

  • Pantai Parangtritis
Tempat Wisata Jogja
(AZWisata.com)

Pantai Parangtritis ini cukup populer bagi orang yang ingin melancong ke Jogja, berlokasi kurang lebih 25 km dari selatan Kota Jogja. Wajib banget untuk kamu kunjungi pantai ini kalau kamu berwisata ke Jogja apalagi kalau baru pertama kali.

Pantai ini mempunyai garis pantai yang cukup panjang dan area pasir pantai yang sangat luas, jadi kamu bisa menikmati banyak hal di pantai ini. Mulai dari berburu foto keren di gumuk pasir, mengendarai ATV atau delman, bermain pasir, bahkan hanya sekedar bersantai ria menikmati angin laut juga asyik kok. Di pantai ini juga kamu bisa menikmati pemandangan sunset terbaik. Usahakan untuk datang menjelang sore.

  • Lereng Gunung Merapi
Tempat Wisata Jogja
(Indonesia Travel)

Gunung Merapi merupakan salah satu gunung di sekitar Jogja. Ada dua pilihan yang bisa kamu pilih jika mengunjungi Gunung Merapi : mendakinya atau mengikuti tour dengan mobil jeep ke area Kaliadem di lereng Gunung Merapi. Jika kamu ingin mendaki, tentu kamu harus memiliki persiapan ekstra karna mendaki Gunung Merapi tidaklah mudah.

Tetapi jika kamu ingin mengikuti tour dengan mobil jeep. Kamu bisa memesan private jeep tour ke Kaliadem yang banyak disediakan di sekitaran kawasan wisata Gunung Merapi. Kamu bisa memilih berapa jumlah rombongan yang akan mengikuti tour ini. Dari jeep tour ini juga kamu bisa melihat langsung Bunker Kaliadem, bekas-bekas letusan Gunung Merapi beberapa tahun lalu, dan tentu saja, kegagahan gunung dari dekat.

  • Bukit Becici
Tempat Wisata Jogja
(Meluncur.com)

Bukit ini menjadi salah satu tempat wisata favorit di Jogja yang ramai dikunjungi terutama semenjak kunjungan Presiden ke 44 Amerika Serikat, Barrack Hussein Obama pada tahun 2017. Beliau mengatakan bahwa Bukit Becici merupakan salah satu tempat favoritnya ketika di Indonesia.

Bukit Becici merupakan kawasan hutan pinus dengan luas mencapai 4,4 hektar dengan ketinggian kurang lebih 380 mdpl. Oleh karena itu suasana bukit ini sangat sejuk dan menenangkan.

Dari atas puncak kamu bisa melihat pemandangan Candi Prambanan dan bentang alam kota Jogja yang begitu indah. Selain itu, di arah selatan juga kamu bisa melihat siluet pantai selatannya Jogja, Gunung Merapi dan Gunung Sindoro.

Nahh, sekian rangkuman 10 tempat wisata terfavorit Jogja buat kamu yang sedang berwisata ke Jogja khususnya yang baru pertama datang ke Jogja. Kalau kamu datang ke Jogja mendarat dari Bandara YIA. Jangan lupa untuk mampir ke Galeri Pasar Kota Gede YIA !!!

Sekilas Galeri Pasar Kotagede YIA

Pasar Kotagede YIA
Pusat oleh-oleh Galeri Pasar Kotagede YIA

Buat sobat yang sedang berada di ruang tunggu penumpang di dalam Bandara YIA maka sobat akan menjumpai sebuah tulisan besar Pasar Kotagede. Didalamnya terdapat Galeri UKM DIY dan Angkringan Malioboro yang menyuguhkan aneka macam produk dari UKM DIY. Konsep eksterior dan interiornya bernuansa khas Jogja, perpaduan antara Benteng Kraton dan suasana Malioboro dan Kraton.

Ketika masuk ke dalam Pasar Kotagede kita disambut oleh among tamu dengan pakaian jawa yang sangat apik, keramah tamahan dan senyumnya akan sulit di lupakan, ditambah alunan gamelan dan angkringan, bisa membuat kita ingin berlama-lama disana. Di galeri tersebut juga menghadirkan ribuan produk UMKM yang ditata layaknya etalase mall modern, aneka produk ditata secara apik dan menarik sehingga sulit untuk tidak membeli dalam jumlah banyak.

Pasar Kotagede di Bandara YIA ini tidak hanya menjadi tempat bertemunya para konsumen, tetapi juga ada konsep untuk pelestarian budaya. Konsepnya selain Galeri yang menampilkan produk kebudayaan, seperti Gamelan, Wayang dan alunan musik Jawa, juga dengan mengintegrasikan nilai-nilai budaya dalam bentuk pelayanan kepada pembeli, penataan eksterior dan interior, serta pengenalan budaya melalui literasi digital yang di tampilkan di media display, dan media cetak yang disediakan.

Penataan Produk Galeri Pasar Kotagede YIA
Penataan oleh-oleh Galeri PKG YIA

Untuk konsep penataan produk Galeri Pasar Kotagede pengelompokannya dijajar sesuai jenisnya, bukan asal daerahnya. Ketika berkeliling di galeri dengan luas sekitar 1.200 meter persegi ini akan dijumpai barang-barang yang dijual antara lain aneka minuman tradisional, makanan oleh-oleh, boneka, kacamata dengan bingkai kayu, stick drum, aneka pernak-pernik, hingga kaos dan pakaian batik.

By sibakul