wisata favorit

Rekomendasi Hotel – Yogyakarta atau sering disebut Jogja merupakan daerah istimewa dan destinasi wisata terfavorit di Indonesia setelah Bali ini tentunya menawarkan berbagai macam pesona keindahan dan keunikan-keunikan didalamnya yang membuat nyaman pengunjungnya dan takkan bisa melupakannya. Berbagai jenis wisata banyak ditawarkan di Jogja mulai dari wisata budaya, sejarah, alam sampai wisata minat khusus.

Karna Jogja ini dikenal sebagai tempat wisata favorit, tentunya Jogja ini menawarkan berbagai macam hotel berbintang yang menarik dan menawarkan fasilitas yang memberikan kenyamanan pengunjungnya. Khususnya bagi para pengunjung dan wisatawan yang ingin menikmati suasana keindahan Jogja yang datang mendarat dari bandara Yogyakarta International Airport atau YIA, seringkali mencari hotel atau penginapan yang tidak jauh dari bandara. Oleh karna itu, perlu di buatkan terkait artikel mengenai informasi rekomendasi hotel yang tidak jauh dari Bandara YIA.

Daftar Rekomendasi Hotel

Mengutip dari booking.com, berikut kami rangkum 10 rekomendasi hotel di sekitar bandara YIA untuk kamu yang baru mendarat dari Bandara YIA :

  1. Cordia Hotel Yogyakarta
Cordia Hotel Yogyakarta, hotel dekat Yogyakarta International Airport - YIA, Glagah

Cordia Hotel menawarkan akomodasi di Glagah. Hotel bintang 3 ini terletak di dalam bandara YIA. Terdapat fasilitas pusat kebugaran dan kamar-kamar ber-AC dengan kamar mandi pribadi.

2. OYO 2314 Hotel Hapsari Syariah ( 2,1 km dari Bandara )

OYO 2314 Hotel Hapsari Syariah, hotel dekat Yogyakarta International Airport - YIA, Sermo

OYO 2314 Hotel Hapsari Syariah menyediakan Wi-Fi gratis di seluruh areanya dan kamar-kamar dengan AC. Semua kamar dilengkapi dengan TV kabel layar datar dan kamar mandi pribadi. Hotel ini terletak di Sermo.

3. OYO 90189 Roemah Kayoe ( 2,1 km dari Bandara )

OYO 90189 Roemah Kayoe, hotel dekat Yogyakarta International Airport - YIA, Glagah

OYO 9018 Roemah Kayoe menyediakan Wi-Fi gratis di seluruh areanya dan kamar-kamar dengan AC. Semua kamar dilengkapi dengan meja, TV, kamar mandi pribadi, seprai dan handuk. Hotel ini terletak di Glagah.

4. Griya Mithahul Jannah ( 2,9 km dari Bandara )

Griya Mithahul Jannah, hotel dekat Yogyakarta International Airport - YIA, Temon

Griya Mithahul Jannah terletak di Temon. Akomodasi ini menyediakan tempat parkir pribadi gratis serta dilengkapi juga dengan dapur.

5. OYO 90669 Omah Candi Sari Syariah ( 2,9 km dari Bandara )

(Agoda)

OYO 90669 Omah Candi Sari Syariah terletak di Yogyakarta, 35 km dari Museum Sonobudoyo dan Istana Kepresidenan Yogyakarta. Hotel ini memiliki rating bintang 2.

6. Griya Tetirah Syariah RedPartner ( 8,7 km dari Bandara )

Griya Tetirah Syariah RedPartner, hotel dekat Yogyakarta International Airport - YIA, Bendungan

Griya Tetirah Syariah RedPartner menawarkan akomodasi di Bendungan. Staf Resepsionis yang fasih berbahasa Inggris dan Indonesia siap membantu kamu setiap saat.

7. RedDoorz near Terminal Wates Kulonprogo ( 8,9 km dari Bandara )

RedDoorz near Terminal Wates Kulon Progo, hotel dekat Yogyakarta International Airport - YIA, Yogyakarta

RedDoorz near Terminal Wates Kulonprogo menawarkan kamar-kamar ber-AC di Yogyakarta, 26 km dari Museum Sonobudoyo.

8. Segajih Central Stay and Education ( 11 km dari Bandara )

Segajih Central Stay and Education, hotel dekat Yogyakarta International Airport - YIA, Sermo

Segajih Central Stay and Education terletak di Sermo ini memiliki taman serta teras. Unit-unit di hostel ini memiliki kamar mandi bersama dengan shower.

9. Homestay Mbak Karti ( 12,2 km dari Bandara )

Homestay Mbak Karti, hotel dekat Yogyakarta International Airport - YIA, Sermo

Homestay Mbak Karti menawarkan lounge bersama dan taman di Sermo. Semua kamar di hostel ini ber-AC dan memiliki kamar mandi bersama.

10. Sri Homestay ( 12,2 km dari Bandara )

Sri Homestay, hotel dekat Yogyakarta International Airport - YIA, Sermo

Sri Homestay terletak di Sermo. Setiap kamar di guest house ini dilengkapi dengan kamar mandi bersama. Yogyakarta berjarak 42 km dari Sri Homestay, sedangkan Sleman berjarak 28 km.

Cukup sekian 10 rekomendasi hotel yang bisa kami tampilkan. Tujuan dibuat artikel ini untuk memberikan informasi kepada kamu yang sedang mencari hotel atau penginapan yang tidak jauh dari bandara. Semoga dari rangkuman 10 rekomendasi hotel di sekitar Bandara YIA ini bisa membantu kamu yang baru sampai Jogja dengan mendarat di Bandara YIA.

Kalau kamu masih berada di Bandara YIA dan belum check out. Kamu mesti mampir dulu nihh ke Galeri Pasar Kotagede YIA. Galeri Pasar Kotagede YIA itu apa sihh ?? yuk kita simak penjelasan di bawah ini !!

Sekilas Galeri Pasar Kotagede YIA

Pasar Kotagede YIA
Pusat oleh-oleh Galeri Pasar Kotagede YIA

Buat sobat yang sedang berada di ruang tunggu penumpang di dalam Bandara YIA maka sobat akan menjumpai sebuah tulisan besar Pasar Kotagede. Didalamnya terdapat Galeri UKM DIY dan Angkringan Malioboro yang menyuguhkan aneka macam produk dari UKM DIY. Konsep eksterior dan interiornya bernuansa khas Jogja, perpaduan antara Benteng Kraton dan suasana Malioboro dan Kraton.

Ketika masuk ke dalam Pasar Kotagede kita disambut oleh among tamu dengan pakaian jawa yang sangat apik, keramah tamahan dan senyumnya akan sulit di lupakan, ditambah alunan gamelan dan angkringan, bisa membuat kita ingin berlama-lama disana. Di galeri tersebut juga menghadirkan ribuan produk UMKM yang ditata layaknya etalase mall modern, aneka produk ditata secara apik dan menarik sehingga sulit untuk tidak membeli dalam jumlah banyak.

Pasar Kotagede di Bandara YIA ini tidak hanya menjadi tempat bertemunya para konsumen, tetapi juga ada konsep untuk pelestarian budaya. Konsepnya selain Galeri yang menampilkan produk kebudayaan, seperti Gamelan, Wayang dan alunan musik Jawa, juga dengan mengintegrasikan nilai-nilai budaya dalam bentuk pelayanan kepada pembeli, penataan eksterior dan interior, serta pengenalan budaya melalui literasi digital yang di tampilkan di media display, dan media cetak yang disediakan.

Penataan Produk Galeri Pasar Kotagede YIA
Penataan oleh-oleh Galeri PKG YIA

Untuk konsep penataan produk Galeri Pasar Kotagede pengelompokannya dijajar sesuai jenisnya, bukan asal daerahnya. Ketika berkeliling di galeri dengan luas sekitar 1.200 meter persegi ini akan dijumpai barang-barang yang dijual antara lain aneka minuman tradisional, makanan oleh-oleh, boneka, kacamata dengan bingkai kayu, stick drum, aneka pernak-pernik, hingga kaos dan pakaian batik.

Pasar Kotagede YIA, Kebanggaan UKM DIY

Jumlah UKM Mitra Galeri Pasar Kota Gede YIA sekitar 500 UKM dengan lebih dari 4000 produk. Jumlah tersebut masih tergolong sedikit jika dibandingkan dengan jumlah UMKM di DIY yang jumlahnya lebih dari 300 ribu. Untuk pengelolaan Pasar Kotagede YIA Dinas Koperasi dan UKM DIY menerapkan 2 model pergantian UKM, pertama dengan model sistem evaluasi setiap 3 bulan untuk melihat produk-produk yang banyak diminati dan yang tidak. Sehingga jika produk tidak diminati maka akan diganti dengan produk yang lain dan UKM lain.

Dan yang kedua adalah sistem rolling dimana secara berkala setiap UKM akan diganti dengan UKM lainnya, dengan maksud untuk memberi kesempatan UKM-UKM lebih merata, Penyegaran display produk, dan memperkenalkan UKM unggulan DIY lebih banyak lagi.

Untuk UKM mitra yang sudah tidak tampil lagi produknya maka ditampilkan di fasilitas Display Digital yang akan menghadirkan profil-profil pendek dari setiap UKM. DI Galeri Pasar Kotagede YIA terdapat sekitar 4 TV yang di sebar di beberapa titik yang di gunakan untuk Display promosi profil UKM Mitra.

Untuk menjadi mitra Galeri Pasar Kotagede YIA, UKM harus melalui Kurasi Pasar Kotagede YIA Dinas Koperasi dan UKM. Mitra PKG sebelumnya harus terdaftar sebagai mitra SIBakul Jogja yaitu satu platform aplikasi untuk pembinaan UKM DIY.

Proses Kurasi Pasar Kotagede YIA
Proses Kurasi PKG YIA

Setelah terdaftar sebagai mitra SiBakul Jogja peserta mengikuti kegiatan MarketHUB yang merupakan pasar digital UMKM DIY. di MarketHub UKM diminta mengupload beberapa produk yang nanti akan di bantu pemasarannya di SiBakul MarketHUB. Kurasi marketHUB adalah seputar kelengkapan data diri, data usaha, NIB dan konten produk yang di upload. Konten produk harus memiliki unsur-unsur

  • Produk yang dijual adalah produk buatan UKM DIY
  • Produk bukanlah produk yang dilarang atau melanggar hukum dan aturan, misal tas kulit dari hewan yang di lindungi dan minuman keras.
  • Foto produk jelas
  • Judul produk sesuai dengan nama produk yang di jual
  • deskripsi produk informatif dan ada informasi kadaluarsa untuk produk makanan
  • ada informasi berat kemasan dan dimensi
  • serta mengisi titik lokasi pengambilan atau lokasi UKM untuk dibantu dengan program free ongkir dan sejenisnya.

Lolos dari MarketHUB maka bisa mengajukan Kurasi Pasar Kotagede dan mengikuti tahapan dari mulai verifikasi oleh Kabupaten Kota hingga kegiatan Kurasi Produk dan QC.

Verifikasi kabupaten/kota adalah seputar kelengkapan usaha, yaitu:

  • NIB
  • NWP
  • KTP
  • Jogjamark
  • Pendaftaran HAKI
  • dan PIRT untuk produk makanan
  • untuk kelengkapan informasi UKM mengisi beberapa data, yaitu:
    • Data diri
    • Data usaha
    • Aspek produksi
    • Aspek Pasar
    • Model Bisnis

Setelah lolos verifikasi, UKM akan mendapatkan pemberitahuan jadwal kurasi, dan ketika pelaksanaan UKM membawa produk yang akan di nilai oleh kurator, Kurator akan memutuskan tiga konsisi, yaitu Lolos, Lolos dengan catatan, dan tidak lolos.

Untuk status lolos dengan catatan, UKM harus melaksanakan rekomendasi sesuai catatan kurator dan mengisi form konfirmasi sudah melakukan rekomendasi.

Untuk yang lolos UKM eakan mendapatkan informasi jadwal QC yang kemudian produk mulai di pasarkan di Galeri Pasar Kotagede.

Semua tahapan dilakukan secara online melalui aplikasi SIBakul Jogja, kecuali kegiatan kurasi produk, dimana akan ada penilaian langsung dari Kurator kepada produk UKM.

By sibakul