Pantai Kulonprogo

Pantai Kulonprogo – Jika sobat PKG YIA tiba di Jogja dengan mendarat di Bandara YIA, di sekitar Bandara YIA yang terletak di Kabupaten Kulonprogo ini terdapat banyak pantai yang menarik untuk dikunjungi. Kulonprogo yang berada di sebelah barat kota Jogja ini memiliki deretan pantai yang menjadi daya tarik wisatawan. Apalagi pada saat sore hari, banyak wisatawan yang ingin mengunjungi pantai di sore hari hanya untuk melihat matahari tenggelam (Sunset). Berikut ini adalah 5 pantai dengan sunset terbaik di Kulonprogo yang bisa sobat kunjungi.

Daftar Pantai Kulonprogo Dengan Sunset Terbaik

  • Pantai Congot
Pantai Kulonprogo

Pantai Congot merupakan salah satu pantai yang berada di Kabupaten Kulonprogo, bagian ujung Jogja dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Pantai ini memiliki pemandangan berupa pepohonan mangrove. Pohon mangrove di sekitar pantai Congot memang ditanam oleh masyarakat sekitar untuk mencegah absari laut ke daratan.

Saking banyaknya pohon mangrove membuat pemandangan di sekitar pantai terlihat estetik dan membuat pantai Congot banyak dikunjungi wisatawan terutama kalangan muda untuk berburu foto yang natural. Selain itu memiliki pemandangan yang natural, pepohonan mangrove sering digunakan untuk penelitian para pelajar terutama mahasiswa.

  • Pantai Trisik
Pantai Kulonprogo

Pantai Trisik adalah pantai yang berada di Desa Karangsewu, Kecamatan Galur, Kabupaten Kulonprogo. Di pantai Trisik sobat dapat melihat penangkaran penyu yang di kelola oleh dinas terkait dan warga. Selain menjadi daya tarik wisata, keberadaan penyu ini di manfaatkan untuk kebutuhan edukasi.

Perjalan menuju pantai Trisik akan terasa menyenangkan karena sobat akan melihat hamparan sawah hijau di tambah dengan pegunungan menoreh yang terlihat sangat memukau. Selain itu terdapat juga kebun kelapa milik warga menambah berlibur semakin seru.

  • Pantai Bugel
Pantai Kulonprogo

Pantai Bugel adalah salah satu pantai yang berada di Gumuk Watu, Bugel, Panjatan. Pantai ini menawarkan pemandangan yang cukup bagus. Wisatawan dapat melihat hamparan rumput hijau yang cantik dan birunya pantai bugel yang sangat eksotis.

Pantai Bugel memiliki banyak spot yang bisa sobat coba. Selain memiliki pemandangan bagus, pasir di pantai Bugel memiliki kandungan besi yang sangat bagus. Dahulu pantai Bugel pernah di jadikan tempat penambangan pasir. Meskipun begitu tanaman disekitar pantai Bugel sangat indah. Wisatawan bisa menggunakan kendaraan bermotor maupun roda empat, jalan menuju pantai bugel mudah di jangkau.

  • Pantai Glagah Indah
Pantai Kulonprogo

Pantai Glagah merupakan salah satu pantai wisata favorit terbaik di Kulon Progo. Konon katanya menurut masyarakat sekitar pantai Glagah merupakan tempat terbaik untuk melihat matahari tenggelam (Sunset). Pantai Glagah memiliki pasir yang berwarna hitam.

Lokasi pantai Glagah Indah berada di dekat bandara Yogyakarta Internasional Airpot (YIA). Selain itu, para wisatawan juga bisa menikmati wahana perahu yang bisa disewa dengan biaya terjangkau. Di Pantai Glagah Kulonprogo banyak lokasi wisata lainnya yang bisa dikunjungi seperti pelabuhan, pemecah ombak, kebun buah naga dan lokasi wisata lainnya.

Salah satu tempat favorit di pantai Glagah adalah keberadaan beton pemecah ombak yang tertata dengan rapi di pinggir pantai. Bentuk beton ini sangat unik karena di buat khusus untuk pemecah ombak, bentuknya berupa empat kaki.

  • Pantai Kadilangu
Pantai Kulonprogo

Pantai Kadilangu adalah pantai yang belum lama dibuka, lokasi pantai Kadilangu sendiri berada di Pasir Kadilango, Jangkaran, Kec. Temon, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini memiliki spot foto yang bagus sehingga banyak wisatawan yang mengunjungi pantai ini.

Spot foto menarik antara lain Kibar Kadilangu, Jembatan Cinta, Kadilangu van Java, Tower Kadilangu, Ular Naga Kadilangu, Sangkar Penantian dan Jembatan Tempo dulu. selain itu terdapat juga hamparan hutan mangorve.

Di sepanjang perjalanan menuju pantai Kadilangu, sobat akan disuguhkan pemandangan sawah dan perbukitan menoreh yang sangat keren.

Nahh sobat, itulah daftar 5 pantai Kulonprogo di sekitar Bandara YIA yang menawarkan pemandangan Sunset yang indah. Tetapi kalau sobat belum keluar dari bandara, jangan lupa mampir dulu ke Galeri Pasar Kotagede YIA !!!

Sekilas Galeri Pasar Kotagede YIA

Pasar Kotagede YIA
Pusat oleh-oleh Galeri Pasar Kotagede YIA

Buat sobat yang sedang berada di ruang tunggu penumpang di dalam Bandara YIA maka sobat akan menjumpai sebuah tulisan besar Pasar Kotagede. Didalamnya terdapat Galeri UKM DIY dan Angkringan Malioboro yang menyuguhkan aneka macam produk dari UKM DIY. Konsep eksterior dan interiornya bernuansa khas Jogja, perpaduan antara Benteng Kraton dan suasana Malioboro dan Kraton.

Ketika masuk ke dalam Pasar Kotagede kita disambut oleh among tamu dengan pakaian jawa yang sangat apik, keramah tamahan dan senyumnya akan sulit di lupakan, ditambah alunan gamelan dan angkringan, bisa membuat kita ingin berlama-lama disana. Di galeri tersebut juga menghadirkan ribuan produk UMKM yang ditata layaknya etalase mall modern, aneka produk ditata secara apik dan menarik sehingga sulit untuk tidak membeli dalam jumlah banyak.

Pasar Kotagede di Bandara YIA ini tidak hanya menjadi tempat bertemunya para konsumen, tetapi juga ada konsep untuk pelestarian budaya. Konsepnya selain Galeri yang menampilkan produk kebudayaan, seperti Gamelan, Wayang dan alunan musik Jawa, juga dengan mengintegrasikan nilai-nilai budaya dalam bentuk pelayanan kepada pembeli, penataan eksterior dan interior, serta pengenalan budaya melalui literasi digital yang di tampilkan di media display, dan media cetak yang disediakan.

Penataan Produk Galeri Pasar Kotagede YIA
Penataan oleh-oleh Galeri PKG YIA

Untuk konsep penataan produk Galeri Pasar Kotagede pengelompokannya dijajar sesuai jenisnya, bukan asal daerahnya. Ketika berkeliling di galeri dengan luas sekitar 1.200 meter persegi ini akan dijumpai barang-barang yang dijual antara lain aneka minuman tradisional, makanan oleh-oleh, boneka, kacamata dengan bingkai kayu, stick drum, aneka pernak-pernik, hingga kaos dan pakaian batik.

By sibakul