Uncategorized

Bawang Hitam Kaya Manfaat bagi Kesehatan

Bawang Hitam Kaya Manfaat Bagi Kesehatan

Bawang Hitam– Hallo Sobat Bahiko Garlic “Bawang Hitam yang Kaya Manfaat”. Di artikel kali ini akan dibahas mengenai manfaat Black Garlic loh Sobat Bahiko. Pada penasaran kan apa saja manfaatnya. Yuk sobat bahiko langsung aja kita bahas dibawah ini.

Bawang  biasanya digunakan oleh masyarakat sebagai bahan  bumbu dasar mengolah dan menambah cita rasa masakan. Umumnya masyarakat mengetahui tiga jenis bawang, yaitu bawang merah, bawang putih, dan bawang bombay.

Tetapi ada satu jenis bawang lagi loh Sobat yang jarang diketahui masyarakat. Yap, Black Garlic. Sebenarnya bawang hitam ini bukan jenis bawang baru. Black Garlic hanya varian dari bawang putih yang telah difermentasikan.

Black Garlictelah dikaitkan dengan khasiat obat selama ratusan tahun. Nah Sobat Bahiko, manfaat besar yang paling menonjol adalah kemampuan melawan hipertensi, kaya protein serta vitamin B. Selain itu, Black Garlic juga dapat menurunkan kolesterol, risiko diabetes tipe 2, kelelahan, dan stres.

Bawang Hitam juga mengandung antioksidan

Bawang Hitam juga mengandung antioksidan, meningkatkan pencernaan organisme,  dan sangat cocok untuk memperkuat imunitas. Melansir dari Tododisca, dua sifat yang paling mencolok dari bawang ini adalah sifat antibakteri dan antiseptik. Sebagai makanan black garlic ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan imunitas pertahanan tubuh  terhadap virus dan bakteri, terutama di masa pandemi Covid-19 loh Sobat Bahiko.

Black Garlic juga merupakan makanan super. Kenapa disebut makanan super? karena menyediakan 18 asam amino esensial bagi organisme, dari 20 jenis yang ada, di antaranya adalah arginin dan triptofan. Asam amino adalah zat penting yang tidak dapat dihasilkan oleh organisme dan perlu dimasukkan melalui makanan. Bawang hitam adalah makanan yang cocok dalam hal ini.

Nah secara keseluruhan, Black Garlic dapat diklaim sebagai makanan super karena memiliki manfaat mencegah penyakit kardiovaskular, berkontribusi memperbaiki kondisi arteri dengan mengurangi jumlah trigliserida yang ada dan kolesterol dalam darah. So, sangat banyak kan manfaat dari Black Garlic ini Sobat Bahiko.  

Eiitss, tunggu dulu ternyata masih ada loh manfaat lain dari “Si Hitam Kaya Manfaat” ini yaitu sebagai sumber protein dan kolagen. Kolagen adalah zat penting untuk kesehatan kulit, yang terlibat dalam regenerasi dan penguatan sendi, jaringan, dan tulang.

Nah, Sobat Bahiko ternyata banyak sekali ya manfaat dari black garlic ini bagi kesehatan tubuh. So, tidak ragu lagi kan untuk mencoba mengkonsumsi sobat? Yuk langsung aja pesan di www.bahiko.com atau instagram.com/bahiko.garlic

http://instagram.com/bahiko.garlic
Bawang Hitam
Bawang Hitam – Bahiko Garlic

Bahiko Garlic – Sweet Black Garlic adalah salah satu UMKM yang ada di Yogyakarta yang memproduksi Black garlic dengan fully fermented & lab tested. Bahiko diolah dari bawang putih tunggal melalui proses maillard. Black Garlic Bahiko dibuat berdasarkan referensi jurnal penelitian ilmiah tentang Black Garlic. Rasanya sedikit manis, tekstur kenyal dan tidak bau bawang. No. P-IRT 8113471011853-26

Artikel terkait : https://sibakuljogja.jogjaprov.go.id/blog/bawang-hitam-bahiko/

sibakul

Sibakul Jogja

You may also like...