Uncategorized

Black Garlic Obat Diabetes, Mitos Atau Fakta?

Black Garlic Obat Diabetes
Sumber : Halodoc

Black Garlic Obat Diabetes – Melansir alodokter.com Diabetes adalah penyakit kronis yang ditandai dengan ciri-ciri berupa tingginya kadar gula (glukosa) darah. Glukosa merupakan sumber energi utama bagi sel tubuh manusia.

Glukosa yang menumpuk di dalam darah akibat tidak diserap sel tubuh dengan baik dapat menimbulkan berbagai gangguan organ tubuh. Jika diabetes tidak dikontrol dengan baik, dapat timbul berbagai komplikasi yang membahayakan nyawa penderita. Kadar gula dalam darah dikendalikan oleh hormon insulin yang diproduksi oleh pankreas, yaitu organ yang terletak di belakang lambung.

Melansir cnnindonesia.com, Indonesia menjadi salah satu negara kasus diabetes tertinggi di dunia. Faktanya, menurut data International Diabetes Federation (IDF) 2021, saat ini Indonesia menempati posisi kelima dengan jumlah penduduk pengidap diabetes sebanyak 19,47 juta dan diprediksi meningkat jadi 28,6 juta pada 2045.

Penderita diabetes wajib menjaga pola makan dengan selalu mengonsumsi makanan segar dan penuh gizi seperti buah, sayur, sumber protein tanpa lemak, whole grain, serta lemak baik. Makanan tinggi kalori dengan nilai gizi sedikit seperti dessert atau gorengan wajib dihindari. 

Terkait pola makan, banyak bahan makanan yang diyakini bermanfaat bagi penderita diabetes. Salah satunya adalah Black Garlic yang memiliki kandungan yang dapat membantu mengatur tingkat gula dalam darah. Nah Sobat Bhiko, kira-kira  “ Kandungan Black Garlic apa saja yang efektif membantu penderita diabetes?” Yuk cari tahu dibawah ini sobat!

Beberapa Kandungan Black Garlic Sebagai Obat Diabetes

Melansir klikdokter.com, Black garlic terbuat dari bawang putih yang telah melalui proses fermentasi. Selama proses ini, bawang putih akan berubah warna menjadi hitam. Teksturnya jadi lebih kenyal dan rasanya lebih manis.

So, Black garlic sebagai obat diabetes memiliki zat S-Allycysteine (SAC) dalam konsentrasi yang tinggi loh sobat. Zat ini memiliki sifat anti-diabetes dan membantu penyerapan allicin pada tubuh. Allicin membantu menjaga kadar gula darah tetap normal lantaran memiliki kemampuan untuk mendukung produksi hormon insulin. Berdasarkan studi yang dipublikasikan di Korean Society of Community Nutrition and the Korean Nutrition Society, ekstrak bawang hitam tidak hanya menurunkan kadar gula darah. Tetapi juga mampu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida.

Selain itu, Black garlic memiliki zat antioksidan yang lebih tinggi dari bawang putih. Nah sobat, dengan  adanya zat antioksidan ini membantu penurunan risiko diabetes dan mencegah terjadinya komplikasi akibat penyakit tersebut. 

Wah dari penjelasan tadi, terlihat bahwa kandungan black garlic bisa memberikan manfaat yang signifikan untuk penderita diabetes ya sobat bahiko. Namun, perlu diingat tindakan pencegahan tidak serta merta dengan mengonsumsi black garlic saja. Mengatur pola hidup sehat dan medical check-up rutin diperlukan untuk memonitor kondisi kesehatan. Meski black garlic memiliki khasiat baik, namun tidak dapat menggantikan pengobatan berkelanjutan ya sobat bahiko.

So sobat, Konsusmsi Black garlic sebagai obat diabetes tidak sepenuhnya dapat menyembuhkan ya !!! Faktanya black garlic hanya membantu menyeimbangkan kadar gula dalam darah, mencegah komplikasi, dan tetap butuh anjuran dokter jika mengonsumsinya.

Sobat Bahiko yang tertarik memulia hidup sehat dengan mengkonsumsi Black Garlic bisa memesan langsung di www.bahiko.com atau instagram.com/bahiko.garlic .

Black Garlic Obat Diabetes

Artikel Terkait :

alodokter.com/diabetes

sibakuljogja.jogjaprov.go.id/blog/bawang-hitam-bahiko

klikdokter.com/info-sehat/read/3630322/mengungkap-manfaat-bawang-hitam-untuk-penderita-diabetes

cnnindonesia.com/gaya-hidup/20211206080008-255-730258/indonesia-masuk-5-besar-negara-kasus-diabetes-tertinggi-di-dunia

sibakul

Sibakul Jogja

You may also like...