Uncategorized

Efek Samping Bawang Hitam, Adakah yang Harus di Waspadai??

Efek Samping Bawang Hitam – Bawang hitam (black garlic) menjadi salah satu bahan favorit kalangan koki dan pecinta kuliner di dunia. Selain punya cita rasa yang unik, juga memberikan banyak manfaat kesehatan, Sobat. Bawang hitam dianggap aman untuk konsusmsi setiap hari.

Namun, segala sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan tentu akan memberikan dampak negatif bagi tubuh. Termasuk di antaranya bawang hitam. Merkipun diikenal memiliki manfaat bagi kesehatan, tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan terutama dalam kondisi mentah bawang hitam juga memberikan efek samping, lho Sobat.

Mengutip US National Institute of Health efek samping bawang hitam, mungkin akan muncul gejala mirip dengan penggunaan bawang putih berlebih, seperti gangguan pencernaan, bau mulut, alergi, dan sakit perut.

Beberapa Efek Samping Bawang Hitam

Efek Samping Bawang Hitam
Sumber Foto : PortalJember.com 

a. Gangguan Pencernaan

Jika Sobat mengonsumsinya terlalu banyak setiap hari bawang hitam bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Perut bisa merasa mual dan bahkan diare, serta meningkatkan kadar asam lambung. Jadi, tetap gunakan secukupnya saja ya, Sobat.

b. Alergi

Selain itu, mengonsumsi banyak bawang hitam juga bisa memberikan gejala alergi. Khususnya untuk Sobat yang memang punya alergi pada bawang putih, sehingga memberi efek serupa jika mengonsumsi bawang hitam lho. Alergi yang dapat terjadi seperti iritasi usus, sariawan, sakit tenggorokan, kesulitan bernafas, mual, pilek, asma atau masalah kulit seperti dermatitis setelah mengonsumsi bawang hitam.

c. Kontradiksi Dengan Obat-Obatan Lain

Melansir gooddoctor.co.id, Sobat perlu perhatikan, jika bawang hitam berinteraksi dengan antikoagulan, obat yang berfungsi sebagai pencegah penggumpalan darah. Risiko perdarahan akan terbuka lebar jika interaksi itu terjadi. Selain itu, bawang putih hitam juga bisa memperburuk penyakit gastroesophageal reflux (GERD). Black garlic dapat mengiritasi mukosa esofagus, bagian dari organ kerongkongan.

Melansir Daily Garlic, diketahui bahwa tidak ada batasan khusus dan efek samping serius untuk mengonsumsi black garlic asal tidak berlebihan ya, Sobat. Bawang putih adalah bahan alami, jadi cenderung aman untuk dimakan. Tetapi jika efek samping seperti yang telah disebutkan mulai muncul, kamu bisa mulai menyudahi memakan bawang tersebut.

Demikian informasi tentang “Efek Samping Bawang Hitam, Adakah yang Harus di Waspadai??“. Apabila Sobat ingin mengkonsumsinya, upayakan juga untuk tidak berlebihan!!! Ya.

Efek Samping Bawang Hitam
Bahiko Garlic – www.bahiko.com

Bahiko Garlic – Sweet Black Garlic adalah salah satu UMKM yang ada di Yogyakarta yang memproduksi bawang hitam dengan fully fermented & lab tested. Bawang Hitam diolah dari bawang putih tunggal melalui proses maillard. Black Garlic Bahiko dibuat berdasarkan referensi jurnal penelitian ilmiah tentang Black Garlic. Rasanya sedikit manis, tekstur kenyal dan tidak bau bawang. No. P-IRT 8113471011853-26. 😊

Artikel Terkait :

sibakuljogja.jogjaprov.go.id/blog/bawang-hitam-bahiko/2022/04/27/bawang-hitam-solusi-jantung-sehat/

sibakuljogja.jogjaprov.go.id/blog/bawang-hitam-bahiko/2022/04/27/black-garlic-obat-diabetes/

sibakuljogja.jogjaprov.go.id/blog/bawang-hitam-bahiko/2022/04/26/black-garlic-mencegah-kanker-benarkah/

sibakuljogja.jogjaprov.go.id/blog/bawang-hitam-bahiko/2022/04/25/manfaat-bawang-hitam-untuk-pria/

sibakuljogja.jogjaprov.go.id/blog/bawang-hitam-bahiko/2022/04/25/bawang-hitam-untuk-asam-urat/

sibakuljogja.jogjaprov.go.id/blog/bawang-hitam-bahiko/2022/04/25/cara-mengkonsumsi-bawang-hitam/

sibakuljogja.jogjaprov.go.id/blog/bawang-hitam-bahiko/2022/04/25/khasiat-bawang-hitam-untuk-asam-lambung/

sibakuljogja.jogjaprov.go.id/blog/bawang-hitam-bahiko/2022/04/22/black-garlic-itu-bawang-putih-atau-hitam/

sibakuljogja.jogjaprov.go.id/blog/bawang-hitam-bahiko/2022/04/21/bawang-hitam-kaya-manfaat-bagi-kesehatan/

https://sibakuljogja.jogjaprov.go.id/blog/bawang-hitam-bahiko/2022/04/27/cara-membuat-bawang-hitam/

sibakul

Sibakul Jogja

You may also like...