Blog Pasar Kota Gede YIA

10 Universitas Terbaik di Jogja 2022

Universitas Terbaik – Haii sobat, tentu sobat sudah tahu bahwasannya Jogja ini merupakan kota pelajar yang memiliki berbagai macam perguruan tinggi. Yuppsss, terdapat lebih dari 100 perguruan tinggi di Jogja sehingga Jogja ini dijuluki sebagai kota pelajar. Ribuan mahasiswa dari seluruh Indonesia setiap tahunnya datang ke kota yang juga dijuluki sebagai kota Gudeg untuk menimba ilmu.

Oleh karna itu, banyak juga calon penumpang pesawat ataupun yang baru mendarat di Jogja khususnya di bandara YIA merupakan mahasiswa dan calon mahasiswa yang ingin mendaftar di salah satu perguruan tinggi di Jogja atau hanya sekedar ingin survei perguruan tinggi dulu untuk memastikan perguruan tinggi mana yang sekiranya paling cocok dijadikan tempat menimba ilmu di kota pelajar ini.

Oleh karna itu, untuk mempermudah sobat yang ingin mengetahui dan menentukan perguruan tinggi mana yang paling cocok dijadikan tempat untuk menimba ilmu. Berikut kami rangkum 10 universitas terbaik di Jogja berdasarkan Webometrics yang dikeluarkan pada tahun 2022 baik PTN maupun PTS.

Daftar Universitas Terbaik

1. Universitas Gadjah Mada

universitas terbaik jogja
(Maukuliah)

Universitas Gadjah Mada (UGM) selama ini menjadi pilihan utama bagi mahasiswa dari penjuru Tanah Air untuk menimba ilmu di Yogyakarta. Sudah bukan hal yang mengagetkan kalau UGM masuk dalam 5 besar kampus terbaik di Indonesia.

Berdasarkan situs Webometrics, UGM masuk dalam rangking kedua terbaik di Indonesia setelah UI dan peringkat ke 859 kampus di seluruh dunia. Di UGM, banyak jurusan yang ditawarkan seperti psikologi, hukum, dan kedokteran masih yang paling banyak diminati.

2. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

universitas terbaik jogja
(Fakultas Teknik Unpas)

Tak hanya perguruan tinggi negeri, perguruan tinggi swasta juga banyak yang masuk kategori baik. Salah satunya Universitas Muhammadiyah Yogyakarta atau UMY. Untuk rangking kampus seluruh Indonesia, UMY menduduki peringkat 16 dan ke 2.173 di seluruh dunia. Tak heran kalau UMY sekarang kian diminati sebagai salah satu kampus swasta bergengsi!

3. Universitas Islam Indonesia

universitas terbaik jogja
(uii.ac.id)

Di nomor urut ketiga versi Webometrics, ada Universitas Islam Indonesia atau UII. Perguruan tinggi yang memiliki 6 lokasi kampus untuk menunjang aktivitas akademik para mahasiswanya itu ada di peringkat ke 22 di seluruh Indonesia dan rangking 2.618 di seluruh dunia. Pun banyak prodi di UII yang mendapat gelar unggul.

4. Universitas Negeri Yogyakarta

universitas terbaik jogja
(Tribun Jogja)

Perguruan tinggi yang menjadi idaman para calon guru, apalagi kalau bukan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) ini dapat rangking nomor 23 se-Indonesia dan 2644 di seluruh dunia. Jurusan yang paling banyak diminati di UNY ini antara lain Pendidikan Matematika, Pendidikan Teknik Informatika, dan Teknologi Informasi.

5. Universitas Atma Jaya Yogyakarta

universitas terbaik jogja
(KalderaNews.com)

Universitas Atma Jaya Yogyakarta, perguruan tinggi yang berlokasi di Babarsari, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, menduduki rangking ke-26 di tingkat Nasional dan 3.082 di tingkat Internasional. Universitas Atma Jaya adalah perguruan tinggi Katolik dengan peminat terbesar pada fakultas hukum dan fakultas ekonomi.

6. Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

(Pinhome)

Kemudian di urutan berikutnya ada Universitas Ahmad Dahlan masuk dalam 10 kampus terbaik di Yogyakarta! Selain itu, UAD ini juga menduduki peringkat 28 pada rangking versi Webometrics di seluruh Indonesia dan peringkat ke 3.105 rangking kampus di dunia.

7. Universitas Sanata Dharma

(Mamikos)

Universitas Sanata Dharma atau yang juga dikenal dengan USD dan Sadhar termasuk salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di Yogyakarta. Tak hanya dilihat dari terciptanya lulusan-lulusan berkualitas, tapi dilansir dari laman Webometrics, kampus satu ini masuk dalam urutan ke-50 di Indonesia dan ke-4.118 di dunia.

8. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

(Menara Indonesia)

Salah satu Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN), yakni Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta masuk dalam rangking ke-89 di Indonesia dan ke-5.891 seluruh dunia. UIN Sunan Kalijaga memiliki banyak jurusan, tapi yang cukup menarik banyak peminat adalah pendidikan agama Islam dan perbankan syariah.

9. Institut Seni Indonesia Yogyakarta

(SINDONews)

Institut Seni Indonesia Yogyakarta atau ISI Yogyakarta masuk dalam kampus terbaik di Yogyakarta. Selain itu, ISI juga mendapatkan rangking ke-89 di seluruh Indonesia dan ke-5.953 di dunia menurut Webometrics. Bagi sobat atau adik yang memiliki bakat di bidang seni baik secara visual atau musik, ISI Yogyakarta bisa jadi kampus yang tepat, lho!

10. Universitas Pembangunan Negeri Veteran Yogyakarta

(Orami)

UPN Veteran Yogyakarta kini berstatus sebagai perguruan tinggi negeri dan diidamkan para calon mahasiswa di seluruh negeri. Menurut Webometrics, UPN Veteran Yogyakarta masuk dalam rangking ke-104 atau nomor ke-6.127. Jurusan yang menjadi incaran di sini tak lain adalah teknik pertambangan dan teknik perminyakan.

Nahh, itulah 10 universitas terbaik di Jogja yang berhasil kami rangkum berdasarkan Webometrics 2022 yang mungkin akan berguna bagi sobat yang baru datang dari Jogja via bandara YIA dalam rangka melanjutkan menuntut ilmu di perguruan tinggi. Tetapi kalau sobat lebih percaya dengan survei pemeringkatan universitas yang lain pun selain Webometrics juga tak apa. Yang terpenting, ketika sobat masih berada di ruang tunggu bandara YIA. Jangan lupa, mampir ke Galeri Pasar Kotagede YIA !!!

Sekilas Galeri Pasar Kotagede YIA

Pasar Kotagede YIA
Pusat oleh-oleh Galeri Pasar Kotagede YIA

Buat sobat yang sedang berada di ruang tunggu penumpang di dalam Bandara YIA maka sobat akan menjumpai sebuah tulisan besar Pasar Kotagede. Didalamnya terdapat Galeri UKM DIY dan Angkringan Malioboro yang menyuguhkan aneka macam produk dari UKM DIY. Konsep eksterior dan interiornya bernuansa khas Jogja, perpaduan antara Benteng Kraton dan suasana Malioboro dan Kraton.

Ketika masuk ke dalam Pasar Kotagede kita disambut oleh among tamu dengan pakaian jawa yang sangat apik, keramah tamahan dan senyumnya akan sulit di lupakan, ditambah alunan gamelan dan angkringan, bisa membuat kita ingin berlama-lama disana. Di galeri tersebut juga menghadirkan ribuan produk UMKM yang ditata layaknya etalase mall modern, aneka produk ditata secara apik dan menarik sehingga sulit untuk tidak membeli dalam jumlah banyak.

Pasar Kotagede di Bandara YIA ini tidak hanya menjadi tempat bertemunya para konsumen, tetapi juga ada konsep untuk pelestarian budaya. Konsepnya selain Galeri yang menampilkan produk kebudayaan, seperti Gamelan, Wayang dan alunan musik Jawa, juga dengan mengintegrasikan nilai-nilai budaya dalam bentuk pelayanan kepada pembeli, penataan eksterior dan interior, serta pengenalan budaya melalui literasi digital yang di tampilkan di media display, dan media cetak yang disediakan.

Penataan Produk Galeri Pasar Kotagede YIA
Penataan oleh-oleh Galeri PKG YIA

Untuk konsep penataan produk Galeri Pasar Kotagede pengelompokannya dijajar sesuai jenisnya, bukan asal daerahnya. Ketika berkeliling di galeri dengan luas sekitar 1.200 meter persegi ini akan dijumpai barang-barang yang dijual antara lain aneka minuman tradisional, makanan oleh-oleh, boneka, kacamata dengan bingkai kayu, stick drum, aneka pernak-pernik, hingga kaos dan pakaian batik.

sibakul

Sibakul Jogja

You may also like...