Blog Pasar Kota Gede YIA

7 Tempat Buka Puasa Bersama di Jogja yang Asyik Untuk Dicoba

Tempat Buka Puasa – Tidak lengkap rasanya jika saat mengunjungi kota Jogja tapi tidak menikmati dan merasakan aneka kuliner khas dari kota ini. Yogyakarta atau sering disebut Jogja memang dikenal sebagai salah satu kota yang memiliki beragam wisata kuliner dengan harga yang ramah di kantong dan tentunya disukai oleh semua kalangan. Mulai dari makanan pedagang kaki lima yang sangat mudah ditemukan di pinggir jalan, hingga restoran yang menyajikan berbagai makanan lengkap khas Jogja yang memiliki bentuk restoran dengan interior yang unik, serta memiliki pemandangan indah dan suasana yang nyaman.

Bagi sobat PKG YIA yang berada di Jogja saat bulan Ramadan tiba dan butuh inspirasi tempat makan yang enak dan nyaman untuk berbuka puasa bersama teman atau keluarga, Blog PKG YIA sudah merangkum 7 tempat buka puasa bersama di Jogja yang asyik untuk dicoba.

Daftar 7 Tempat Buka Puasa Bersama

1. Gudeg Yu Djum

Gudeg Yu Djum, Nikmatnya Gudeg Legendaris Khas Jogja Sejak Tahun 1951 |  NiagaTour
Sumber Gambar : NiagaTour

Siapa sih yang tidak kenal makanan gudeg khas Jogja? Salah satu gudeg legendaris yang terkenal adalah Gudeg Yu Djum yang sudah berdiri sejak tahun 1950 silam. Hingga saat ini, tempat makan ini tetap memiliki banyak peminat, mulai dari masyarakat sekitar hingga para wisatawan yang datang ke Jogja. Cita rasa manis dan gurih khas Gudeg Yu Djum dapat sobat nikmati di cabang-cabangnya berikut ini:

Harga : Rp. 10.000 – 40.000

Lokasi :

Jl. Mayjen Sutoyo No.60

Jl. Laksda Adisucipto Km.6 No 6A

Jl. Dagen No.2C

Jl. Magelang, Tempel

2. Sate Klathak Pak Pong

Sate Klatak Pak Pong - Menu Legendarisnya Jogja
Sumber Gambar : JogjaKita

Bagi sobat pencinta sate kambing wajib mencoba Sate Klathak Pak Pong, salah satu kedai sate kambing paling legendaris di Jogja. Selain memiliki ciri khas bumbu dan tusuk sate yang digunakan, Sate Klathak Pak Pong ini terkenal dengan jumlah satu porsi sate klathak terdiri dari 2 tusuk sate yang berisi potongan daging kambing dengan ukuran cukup besar dan empuk yang tentunya akan membuat kenyang. Selain terkenal akan sate kambing yang memiliki cita rasa yang nikmat, Sate Klathak Pak Pong ini memiliki menu lainnya yang tentu berbahan dasar daging kambing antara lain tongseng, tengkleng, gulai, kricik, dan nasi goreng untuk menambah kenikmatan ketika berbuka puasa.

Harga :  Rp. 10.000 – 25.000

Lokasi : Jl. Imogiri Timur, Wonokromo, Pleret, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

3. The House of Raminten

House of Raminten, Rekomendasi Kafe Enggak Biasa di Yogyakarta: Suasananya  Jawa Banget - Indozone Travel
Sumber Gambar : Indozone

Tahukah sobat kalau di Jogja ada satu tempat makan unik yang cocok untuk berbuka puasa dengan teman-teman karena tempatnya santai dan kental dengan nuansa Jawa ? Tempat makan tersebut adalah The House of Raminten yang ramai dikunjungi oleh wisatawan maupun masyarakat sekitar karena memiliki ruang yang luas sertu menu dan peralatan makan yang khas Jawa. Semua menu di The House of Raminten dapat kamu nikmati dengan harga sangat terjangkau.

Harga : Rp. 7.000 – 100.000

Lokasi : Jl. Faridan Muridan Noto No. 7, Kotabaru, Gondokusuman, Kota Yogyakarta.

4. Abhayagiri Restaurant

Abhayagiri Restaurant di Prambanan ini wajib dikunjungi!
Sumber Gambar : TRIVINDO

Menunggu waktu buka puasa tentu tidak akan membosankan jika sedang di Abhayagiri Restaurant. Resto ini berada di area perbukitan dan memiliki ketinggian sekitar 196 meter di atas permukaan laut. Wegonesia dapat menikmati pemandangan alam Jogja yang paling indah berupa panorama Candi Prambanan dan Candi Sojiwan dengan latar Gunung Merapi yang gagah. Pemandangan eksklusif ini membuat Abhayagiri populer di Jogja. Abhayagiri Restaurant juga menyediakan berbagai menu makanan dan minuman yang akan memanjakan lidah kamu saat berbuka puasa, mulai dari kuliner tradisional hingga hidangan barat dengan harga yang memuaskan.

Harga : Rp. 25.000 – 300.000

Lokasi : Heritage Resort, RT. 01/RW. 01, Sumberwatu, Sambirejo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

5. Omah Dhuwur Restaurant

Omah Dhuwur
Sumber Gambar : www.omahdhuwur.co.id

Bagi sobat yang rindu masakan tradisional dan ingin menikmati buka puasa dengan makanan khas Jawa yang kaya akan bumbu, kamu bisa mampir ke salah satu tempat makan di Jalan Mondorakan, Yogyakarta berikut. Omah Dhuwur Restaurant merupakan tempat makan yang memiliki konsep bangunan yang luas dengan nuansa klasik legendaris dengan sentuhan kolonial. Meskipun memiliki kesan mewah, harga makanan dan minuman di Omah Dhuwur Restaurant relatif terjangkau.

Harga : Rp. 15.000 – 100.000

Lokasi : Jl. Mondorakan No. 252, Bodon, Jagalan, Kec. Kotagede, Kab. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

6. Bale Raos Keraton Jogja

Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Sumber Gambar : Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta

Sobat ingin berbuka puasa ala keluarga Keraton Jogja? Bisa! Ya, Jogja memiliki salah satu restoran yang menyajikan hidangan kegemaran anggota keluarga kraton. Restoran tersebut adalah Bale Raos Keraton Jogja. Restoran yang terletak dekat Keraton Jogja ini sudah berdiri sejak tahun 2004 dan memiliki bangunan berarsitektur joglo yang kental dengan nuansa Keraton Jogja. Bale Raos menawarkan pilihan meja indoor dan outdoor yang semuanya ditata  dengan sangat elegan.

Hidangan istimewa yang menjadi kegemaran keluarga keraton di Bale Raos antara lain, nasi set tradisional, singgang ayam, soto kikil, hingga minuman dan dessert seperti es siwalan, manuk nom, rondo kepomo, arseng, dan sebagainya. Meskipun menu yang ditawarkan terlihat mewah karena berupa kegemaran para raja, harganya masih cukup terjangkau, ya sobat PKG YIA !!!

Harga : Rp. 15.000 – 100.000

Lokasi : Jl. Magangan Kulon No.1, Panembahan, Kec. Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

7. Jiwa Jawi

Jiwajawi, Restoran dengan Suasana Hutan di Bantul Yogyakarta
Sumber Gambar : GuideKu.com

7 Tempat Buka Puasa   – Bagi sobat yang ingin merasakan buka puasa dengan menikmati pepohonan yang rindang dan sejuknya suasana alam malam hari, Jiwa Jawi adalah pilihan yang tepat. Restoran ini merupakan sebuah tempat makan terkenal di Jogja yang berada jauh dari kota dan berada di tengah hutan dengan mengusung konsep tradisional serta kebudayaan Jogja yang terdapat begitu banyak ukiran dan ornamen kayu unik, sehingga menjadi daya tarik dari banyak pengunjung. Menu yang ditawarkan di Jiwa Jawi ini sangat beragam mulai dari menu makanan ringan hingga makanan berat dengan harga yang relatif sangat murah.

Harga : Rp. 15.000 – 50.000

Lokasi : Jl. Tugu Gentong, Fasco Village, Salakan, Bangunjiwo, Kec. Kasihan, Kab. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

sibakul

Sibakul Jogja

You may also like...