Blog Pasar Kota Gede YIA

Kawasan Wisata Kaliurang : Kawasan yang Indah nan Asri

Kawasan Wisata Kaliurang yang berlokasinya di kaki Gunung Merapi ini terkenal dengan keindahan alamnya yang masih hijau nan-asri. Ditambah udara disini jauh dari polusi sehingga membuat Kawasan Wisata Kaliurang ini menjadi tempat yang selalu diburu oleh wisatawan ketika berkunjung ke Jogja.

Panorama alam disini sangatlah apik, sehingga membuat wisatawan betah berlama-lama disini. Seiring berjalannya waktu, tempat wisata yang ada di kawasan ini semakin bertambah dan semuanya unik-unik nan-apik. Di antaranya bahkan merupakan kawasan wisata yang bangkit dari kerusakan erupsi Merapi beberapa tahun yang lalu. Berkat ide kreatif warga sekitar, kawasan wisata Kaliurang ini menjadi tempat wisata yang memikat. Berikut adalah 5 tempat wisata di kawasan wisata Kaliurang yang sudah kami himpun untuk kamu sobat PKG YIA.

5 Tempat Wisata di Kawasan Wisata Kaliurang yang Seru

  • The Lost World Castle
Kawasan Wisata Kaliurang

Wisata Kaliurang yang pertama adalah The Lost World Castle. Tempat wisata ini sangat populer karena menawarkan suasana berwisata yang unik dan berbeda.

The Lost World Castle merupakan sebuah kastil yang di dalamnya terdapat banyak spot foto yang menarik. Di antaranya seperti kawasan suku Indian, kawasan Jepang, paradise gate, dan masih banyak lagi.

Uniknya, bangunan ini dibangun dengan menggunakan batu sisa erupsi Gunung Merapi.

  • Stonehenge Jogja
Kawasan Wisata Kaliurang

Stonehenge berasal dari kata Stone dan Henge. Stone berarti batu, sedangkan Henge berarti lingkaran. Bangunan asli Stonehenge terletak berdekatan dengan Amesbury di Wiltshire, Inggris.

Kini replika Stonehenge bisa kita nikmati keindahannya di Jogja, tepatnya di desa Cangkringan. Ini adalah salah satu tempat wisata baru di Kaliurang, terletak di kaki gunung Merapi dengan udara yang dingin dan sejuk.

Banyak orang datang kesini untuk foto-foto dengan latar Stonehenge dan keindahan alam Gunung Merapi. Hijaunya rumput terlihat kontras dengan warna abu-abu dari batu yang disusun melingkar. Bentuk batunya yang unik akan membuat hasil foto sangat instagramable, cocok juga buat yang mau bikin foto prewedding.

  • The World Landmarks
Kawasan Wisata Kaliurang

The World Landmarks atau disebut Taman Wisata Merapi Park adalah sebuah wisata Kaliurang yang menyuguhkan miniatur atau replika dari berbagai dunia.

Mulai dari Menara Pisa, Menara Eiffel, Big Ben London, Patung Liberty, Kincir Angin Belanda, dan masih banyak lagi.

Di sekitar area replika tersebut terdapat hamparan taman dengan rumput hijau dan bunga yang berwarna-warni sehingga terlihat cantik untuk difoto.

  • Museum Gunung Merapi
Kawasan Wisata Kaliurang

Terletak di Jalan Kaliurang km 22, Museum Gunung Merapi berada 500 meter dari The World Landmarks – Merapi Park Yogyakarta. Saat masuk ke dalam gedung kita akan disuguhi dengan replika Gunung Merapi berukuran besar lengkap dengan asap di puncaknya dan suara gemuruh yang menggema.

Gunung Merapi adalah salah satu gunung paling aktif di Pulau Jawa, sampai saat ini setidaknya Gunung Merapi sudah meletus lebih dari 80 kali. Museum Gunung Merapi adalah tempat terbaik untuk belajar tentang kejadian letusan Gunung Merapi dari masa ke masa.

Museum ini juga menyimpan jejak keganasan wedhus gembel yang menerjang rumah-rumah di lereng merapi. Sepeda motor hangus, peralatan memasak hangus, dan masih banyak yang lainnya. Mengelilingi ruang pamernya akan memberikan kita banyak pelajaran alam maupun cerita kehidupan yang sangat berharga.

Museum ini juga dilengkapi dengan bioskop mini yang bisa menampung hingga 85 orang. Saat musim libur museum ini biasanya banyak dikunjungi oleh anak-anak sekolah yang sedang melakukan studi tour ke Jogja maupun rombongan keluarga.

  • Tlogo Putri
Kawasan Wisata Kaliurang

Tak seperti Merapi Park maupun Stonehenge Cangkringan, Tlogo Putri adalah objek wisata yang sudah lama ada di kawasan Kaliurang. Terletak di lereng Gunung Merapi, wisata ini menawarkan pesona pemandangan alam di ketinggian 900 mdpl.

Pepohonan yang rimbun seakan menjadi pemandangan yang akrab ditemukan di tempat ini. Ada juga embung yang menjadi pemandangan utama saat mendekat ke wisata ini. Wahana air di embung menjadi pelengkap seperti kano dan bebek sepeda kayuh. Pada tepian embungnya, bisa digunakan untuk duduk santai bersama keluarga atau teman.

Jika lapar tiba-tiba menyerang atau ingin membeli oleh-oleh, deretan warung makan dan oleh-oleh sudah siap untuk menjadi jujugan para wisatawan. Kawasan wisata Tlogo Putri juga telah dikembangkan sebagai pusat penyewaan mobil jeep. Deretan mobil jeep yang terparkir, siap membawa pengunjung mengelilingi kawasan lereng Merapi.

Nahh itulah sobat penjelasan mengenai Kawasan Wisata Kaliurang yang menawarkan beragam pesona.

sibakul

Sibakul Jogja

You may also like...