Blog Pasar Kota Gede YIA

Ketika Membeli bakpia jogja ga harus semenderita itu

Sekilas Galeri Pasar Kota Gede YIA

Jika sobat berada di Bandara YIA, jangan lupa untuk mampir ke Galeri UKM Pasar Kota Gede YIA. Galeri yang menjadi kebanggaan UKM DIY ini akan membawa sobat masuk ke dalam lingkungan dengan tradisi Jawa yang begitu kental.

Galeri Pasar Kota Gede YIA diambil dari salah satu nama pasar bersejarah di Kota Jogja, yang terletak di Kota Gede di lokasi yang sama dengan Keraton lama. Pasar Kota Gede itu sendiri, jika dilihat dari sejarahnya Pasar Kota Gede berperan sebagai melting pot atau tempat asimilasi/ peleburan budaya dari para pedagang dan pembeli dengan latar belakang yang berbeda-beda.

Secara bangunan di Galeri ini pengunjung di suguhkan atraksi skterior dan interior yang jogja banget, dari tembok Kraton putih hingga suasana bangsal kraton Jogja. Di awal kedatangan sobat akan di sambut oleh among tamu berpakaian jawa dan di iringi dengan beberapa orang sedang memainkan gamelan dengan hidmat, menambah betah siapapun yang masuk ke dalamnya.

Tidak sekedar bangunan, di dalam Galeri Pasar Kota Gede YIA ini disajikan aksi dari sebuah tradisi Jawa dengan model fragment/Area yang disediakan, seperti angkringan yang menyajikan berbagai ragam makanan dan minuman, area Bakul yang menyediakan berbagai produk unik dan menarik yang bercirikan Yogyakarta, serta area Nguri Uri yang memperlihatkan kearifan Jawa yang adiluhung. Jadi ga heran klo kamu bakal liat beberapa orang emmainkan alunan gamelan yang nyesss banget.

Nah Area angkringan berfungsi sebagai foodcourt yang enak banget buat tempat bersantai dan diskusi sebagaimana angkringan yang merupakan tempat nongkrong (ngangkring) dan ngobrol. Area angkringan disajikan lengkap dengan makanan dan jajanan khas angkrigan, seperti nasi kucing, gorengan, wedang jahe, wedang uwuh dan lainnya.

Kapan lagi sobat menikmati angkringan sambil denger gamelan dan disuguhkan pemandangan yang menarik berupa berbagai produk UKM pilihan. Pokoknya bikin kamu pengen terus balik ke jogja buat maen ke bandra nya aja sih…, so klo lagi iseng pergi kejogja pake tiket bolak balik di hari yang sama. begitu datang langsung ke keberangkatan, nongkrong di Galeri Pasar Kota Gede… terus balik deh… sambil senyum senyum…

sibakul

Sibakul Jogja

You may also like...