Uncategorized

Pupuk Organik Cair : Keunggulan & Kekurangan

Pupuk Organik Cair

Pupuk Organik Cair : Keunggulan dan Kekurangan – Hallo Sahabat Tani, Tahu ga apa itu pupuk organik cair? So, seperti namanya pupuk cair memiliki bentuk cair dan biasanya terbuat dari kotoran ternak, buah – buahan busuk, dll. Bahan yang digunakan biasanya sama dengan jenis pupuk padat, namun pada proses pengolahanya pupuk ini diberi tambahan air. Tidak heran jika hasil akhir dari pupuk ini akan berbentuk cair.

Melansir Wikipedia pupuk organik cair (POC) adalah pupuk yang tersedia dalam bentuk cair, POC dapat diartikan sebagai pupuk yang dibuat secara alami melalui proses fementasi sehingga menghasilkan larutan hasil pembusukan dari sisa tanaman, maupun kotoran hewan atau manusia. Faktaya, bagi sebagian orang pupuk organik cair lebih baik untuk digunakan karena terhindar dari bahan-bahan kimia/sintetis serta dampak yang baik bagi kesehatan.

Pupuk organik cair mampu mengatasi defensiasi hara, sekaligus menambah beberapa jenis hara pada tanaman yang diberi pupuk ini. POC biasanya tidak dijadikan sebagai pupuk utama dalam dunia cocok tanam lho Sahabat Tani. Hal ini dikarenakan, pupuk cair lebih mudah terbawa erosi, meski di sisi lain pupuk ini mudah untuk dicerna oleh tanaman.

Penggunaan pupuk cair biasanya digunakan di bagian daun, bunga, dan juga batang dari tanaman. Dengan menyemprotkan pupuk cair ke beberapa bagian tanaman tersebut, hal ini mampu merangsang tumbuh kembang tanaman. Bagi Sahabat Tani yang mengaplikasikan POC ke daun tidak boleh berlebihan ya!!! Karena jika dilakukan dilakukan terlalu banyak hal ini justru mengundang hama serta penyakit tanaman. Untuk itu, Sahabat Tani  perlu tahu dulu seberapa banyak pemberian POC yang baik supaya takarannya bisa tepat.

Sama seperti jenis pupuk yang lainnya, jenis pupuk yang satu ini juga tidak lepas dari kelebihan juga kekurangan yang ditawarkan. Sebelum mulai digunakan, ketahui dulu kelebihan dan kekurangan yang ada dalam pupuk organik cair ini.

Keunggulan Pupuk Organik Cair

POC memiliki banyak kelebihan untuk digunakan oleh Sahabat Tani lho, seperti yang berikut ini :

  1. Menjadikan sumber bahan makanan bagi mikroorganisme tanah, seperti bakteri, fungi yang menguntungkan.
  2. POC lebih ramah lingkungan, terutama yang terbuat dari sampah ataupun sisa-sisa tanaman. Pembuatan pupuk ini dianggap mampu mengurangi sampah yang ada di lingkungan.Seingga, lingkungan juga akan lebih terbebas dari tumpukan sampah yang menggangu
  3. Meningkatkan ketersediaan unsur hara & pengikatan antar partikel
  4. Tanaman dengan hasil panen yang berkualitas dapat memberi pengaruh yang baik terhadap harganya di pasaran. Biasanya semakin bagus kualitasnya, semakin tinggi juga harganya. POC mampu menghasilkan panen berupa sayur dan buah yang lebih segar juga enak.
  5. Pengaplikasihan sangat mudah dan tidak membutuhkan biaya yang cukup mahal. Karena memanfaatkan sampah lingkungan, tidak heran jika biaya yang harus dikeluarkan untuk pembuatan pupuk ini lebih hemat dari segi biaya.
  6. Pupuk cair dapat langsung bisa diserap oleh daun untuk fotosintesis.
  7. Biasanya dapat digunakan sebagai pupuk dasar tanaman, yang bersifat release dan memiliki kandungan unsur hara lengkap.
  8. Dapat membantu meningkatkan kapasitas tukat katian (KTK) dan dapat membantu dalam proses pelapukan bahan mineral
  9. Dapat membantu merevitalisasi daya olah tanah dan mengemburkan media tanah dengan optimal.

Kekurangan Pupuk Organik Cair

Pupuk cair juga tidak lepas dari kekurangan, seperti yang berikut ini.

  1. Mikroorganimes didalamnya mudah sekali berkurang dan bahkan mati. Populasi mikroorganisme kecil (<106 cfu/ml)
  2. Viabilitas (daya hidup) mikroorganisme yang dikandung sangat rendah.
  3. POC Seringkali menghasilkan gas dan bau tidak sedap (busuk).
  4. Nutrisi yang terkandung sangat rendah, umumnya nutrisi yang ada berupa tambahan seperti Urea dan NPK.
  5. Memiliki tingkat kontaminasi sangat tinggi.
  6. POC tidak tahan lama (kurang dari setahun) serta hasil yang digunakan dalam pembuatan tidak langsung diproduksi secara massal.

So, Bagi Sahabat Tani yang ingin menggunakan POC, hal yang penting untuk mengetahui keunggulan juga kekurangan pupuk jenis ini. Sehingga, Sahabat Tani bisa tahu apakah jenis pupuk ini cocok digunakan atau tidak.

pupuk organik cair
Top DWE

TOP D’WE adalah produsen pupuk & Booster Alami Super – “5inOne” – POC, Bio-Kontrol, ZPT/Hormon, Herbal, Probiotik-Dekomposer. TOP D’WE – Pupuk ALami Lengkap, tanpa ribet hasil maksimal dan ramah lingkungan yang support pertanian berkelanjutan.

KONTAK TOP D’WE

IG :  instagram.com/topdwe.id dan WA : wa.me/+6282220835814

Sumber dan Arikel Terkait :

www.solusiagro.com

http://id.wikipedia.org/wiki/Pupuk_organik_cair

fredikurniawan.com

sibakuljogja.jogjaprov.go.id/blog/pupuk-organik-topdwe

sibakul

Sibakul Jogja

You may also like...