Uncategorized

Rahasia Manfaat Buah Durian, YUK SIMAK!!!

Rahasia Manfaat Buah Durian
Durian

Rahasia Manfaat Buah DurianHallo Sahabat, semua sudah tidak asing bukan dengan buah durian yang menjadi salah satu buah favorit banyak orang di Indonesia. Melansir Wikipedia durian adalah nama tumbuhan tropis yang berasal dari wilayah Asia Tenggara. Nama ini diambil dari ciri khas kulit buahnya yang keras dan berlekuk-lekuk tajam sehingga menyerupai duri. Sebutan populernya adalah “raja dari segala buah”. Durian juga memiliki aroma yang khas.

Meski berduri dan memiliki bau yang cukup tajam, buah durian mengandung berbagai macam nutrisi penting, seperti antioksidan, karbohidrat, serat, protein, lemak, vitamin A, vitamin C, magnesium, dan fosfor. Nutrisi tersebut diketahui baik untuk kesehatan tubuh lho Sahabat.

Beberapa Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan

Dengan kandungan nutrisi tersebut, tak heran buah durian punya banyak manfaat untuk tubuh. Berikut di antaranya :

  • Melindungi Tubuh Dari Radikal Bebas

Buah durian mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan sendiri dikenal sebagai zat yang dapat melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit berbahaya, seperti kanker dan penyakit jantung. Radikal bebas ini merupakan molekul yang muncul di dalam tubuh sebagai reaksi sisa metabolisme. Radikal bebas ini akan meningkat jika Sahabat  merokok atau terpapar radiasi.

  • Mengobati Penyakit Disfungsi Seksual

Dalam durian terkandung zat afrodisiak, yaitu zat yang mampu meningkatkan gairah seksual. Namun sampai saat ini belum ada studi yang memvalidasi fakta tersebut meskipun durian sejak dahulu sudah dijadikan sebagai obat tradisional untuk meningkatkan kesuburan ,lho Sahabat.

  • Mencegah Penyakit Jantung

Dalam durian terdapat senyawa organosulfur yang dapat mengatur enzim inflamasi, sehingga manfaat buah durian untuk kesehatan jantung juga dapat diperhitungkan. Senyawa organosulfur sendiri merupakan senyawa organik yang mengandung sulfur atau belerang, senyawa ini juga sering dikaitkan dengan bau-bauan terutama bau busuk. Serat dalam durian juga dipercaya mampu mengurangi jumlah kolesterol dalam darah dan membuang kolesterol jahat di dalam tubuh, sehingga dapat mencegah penyakit jantung.

  • Mengatasi Insomnia

Durian memiliki senyawa bernama triptofan, yang bisa memberikan efek mengantuk (sedasi). Selain itu, kandungan vitamin B kompleks, kalsium, dan zat besi juga berkontribusi terhadap kualitas tidur yang baik. Jika Sahabat mengalami kesulitan tidur di malam hari, mengonsumsi durian secara teratur dapat menjadi solusi.

  • Menurunkan Risiko Kanker

Kandungan antioksidan yang tinggi pada durian juga berperan untuk mencegah pembentukan sel-sel abnormal di dalam tubuh. Buah ini mengandung polifenol yang memiliki efek antikanker. Oleh sebab itu, makan durian dapat bermanfaat untuk membantu menurunkan risiko kanker. Selain itu, kandungan vitamin A, B, dan E pada buah yang memiliki cangkang berduri ini juga membantu memberikan efek yang sama.

  • Melawan Infeksi

Kulit buah atau getah dalam selaput luar buah durian mengandung senyawa yang memiliki sifat antibakteri dan antijamur. Hal ini yang membuat para peneliti menyimpulkan bahwa durian baik untuk memerangi infeksi.

  • Memelihara Kesehatan Gigi

Ternyata, makan buah durian juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi. Di dalam buah ini terdapat kandungan potasium yang berperan dalam hal tersebut. Mengonsumsinya dalam jumlah yang tepat tentu bisa memperkuat gigi dan menjaga kesehatannya.

  • Menurunkan Risiko Depresi

Terdapat penelitian yang menjelaskan bahwa salah satu pemicu terjadinya depresi adalah kurangnya asupan vitamin B6. Buah durian mengandung kadar vitamin B6 yang cukup banyak sehingga mampu mencegah terjadinya depresi dan gangguan mental sejenis.

So, buah durian tak hanya nikmat dan memiliki aroma yang khas, tetapi juga beragam manfaat untuk kesehatan. Rahasia manfaat buah durian berasal dari berbagai kandungan nutrisi penting yang terkandung di dalamnya. Namun, perlu diingat ya Sahabat, meskipun banyak sekali manfaat buah durian untuk kesehatan, tetapi mengonsumsi buah durian dalam jumlah banyak atau berlebihan dapat memberikan risiko-risiko yang justru akan berbahaya untuk kesehatan. 🙂

rahasia manfaat buah durian
Top DWE

TOP D’WE adalah produsen pupuk & Booster Alami Super – “5inOne” – POC, Bio-Kontrol, ZPT/Hormon, Herbal, Probiotik-Dekomposer. TOP D’WE – Pupuk ALami Lengkap, tanpa ribet hasil maksimal dan ramah lingkungan yang support pertanian berkelanjutan.

KONTAK TOP D’WE

IG :  instagram.com/topdwe.id dan WA : wa.me/+6282220835814

Sumber dan Arikel Terkait :

www.klikdokter.com/

sibakuljogja.jogjaprov.go.id/blog/pupuk-organik-topdwe

sibakul

Sibakul Jogja

You may also like...