Uncategorized

Cara membersihkan Tas Kulit yang Kusam

Sudah menjadi rahasia umum bahwa tas kulit merupakan salah satu produk fashion idaman pria dan wanita, sebab tas kulit memiliki tampilan mewah yang bisa membuat seseorang menjadi lebih percaya diri. Namun, agar kualitasnya tetap terjaga, Anda juga harus tahu cara merawat tas kulit yang baik dan benar.

Berbeda dengan tas dari material lain, cara membersihkan tas kulit memang cukup berbeda dan lebih kompleks, karena rentan mengalami kerusakan dan warnanya mudah berubah. Jika tidak dibersihkan secara teratur dan dirawat dengan baik, maka akan mengubah tampilannya dan menurunkan kualitasnya.

10 Cara Merawat Tas Kulit Paling Jitu Supaya Tetap Awet dan Tahan Lama

Pastinya Anda mau tas kulit yang Anda miliki tetap awet dan tahan lama, kan? Berikut ini 10 tips merawat tas kulit yang bisa Anda terapkan:

  1. Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung
    Langkah pertama untuk menjaga keawetan tas kulit adalah dengan tidak membiarkannya terpapar cahaya matahari secara langsung. Karena, jika terkena paparan sinar matahari, bahan kulit pada tas akan mengalami pengerutan yang akan membuatnya terlihat lusuh dan jelek.
  2. Jangan Mencuci Tas dengan Deterjen
    Alih-alih membuat tas menjadi bersih, penggunaan deterjen saat mencuci tas kulit malah bisa merusak material kulit. Bersihkanlah noda membandel yang menempel pada tas dengan pembersih khusus bertekstur lembut.
  3. Hindari Tas dari Debu
    Saat ingin menyimpan tas, pastikan jika tempat tersebut bebas dari kotoran dan debu. Usahakan ruang penyimpanannya juga tidak memiliki celah masuknya debu maupun serpihan. Bila perlu, gunakan tempat penyimpanan khusus agar keawetan tas tetap terjaga.

    Selain akan tampak kotor dan kusam, tas kulit yang sering terkena debu juga berpotensi ditempeli oleh kotoran-kotoran, bahkan jamur yang bisa membuatnya rusak.
  4. Pastikan Tas Terbebas dari Noda
    Saat dibawa bepergian, tidak jarang tas akan terkena noda, baik cair maupun padat. Selain membuat tas jadi kotor, apabila noda dibiarkan berlarut-larut akan menjadi noda membandel yang bisa merusak tekstur material kulit. Oleh karena itu, sebisa mungkin tas langsung dibersihkan setelah terkena noda.

    Anda bisa membersihkan noda dengan mengoleskan baby oil pada permukaan tas yang kotor, lalu Anda bisa mengelapnya dengan kain microfiber atau kain halus lainnya. Dijamin, tas akan kembali kinclong.
  5. Mengisi Tas dengan Bubble Wrap untuk Menjaga Bentuknya
    Tas kulit yang jarang digunakan akan mudah mengalami perubahan bentuk, terlebih lagi jika ukurannya lumayan besar. Jika tas diletakkan di lemari kemudian tertindih tas atau barang lain, maka akan memunculkan lipatan atau merubah bentuknya.

    Oleh sebab itu, sebelum menyimpan tas, pastikan Anda mengisinya terlebih dahulu dengan kain bekas, bubble wrap, kertas, atau plastik. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar bentuk tas tetap terjaga dengan baik. Sehingga, tas tetap terlihat bagus saat dipakai seperti awal beli.
  6. Gunakan Kondisioner untuk Melembabkan Tas Kulit
    Tas dari bahan kulit asli maupun imitasi perlu diberi kondisioner secara rutin guna menjaga tekstur dan kelembabannya. Jika kelembaban tas hilang, maka tas akan menjadi kaku, berkerut, bahkan mengelupas yang bisa merusak tampilan tas.

    Maka dari itu, jangan lupa untuk memoles tas menggunakan kondisioner khusus supaya tas tidak rusak. Anda bisa mendapatkan kondisioner tersebut di berbagai toko yang menjual produk-produk berbahan kulit. Penggunaan kondisioner bisa menjaga tekstur tas kulit tetap lembut dan lentur. 
  7. Hindari Penggunaan Tisu Basah
    Meskipun membersihkan tas kulit jadi lebih mudah dan praktis dengan tisu basah, sebaiknya hindari hal tersebut jika Anda tidak ingin tas kulit Anda cepat rusak. Karena, kandungan yang terdapat dalam tisu basah berpotensi merusak bahan kulit pada tas.
     
  8. Mengeringkan Tas Secara Alami
    Jika tas kulit Anda terkena air, Anda cukup mengeringkannya dengan membiarkannya berada di dalam ruangan sejuk tetapi tidak lembab. Setelah kering sempurna, Anda bisa memasukkan tas ke dalam dust bag atau kotak, lalu tambahkan gel silika agar tas tidak berjamur.

    Perlu diketahui bahwa jangan pernah menjemur tas kulit di bawah sinar matahari langsung. Hal ini bisa berdampak fatal, karena akan memudarkan warna asli tas.
  9. Menata Tas Secara Baik dan Benar
    Kesalahan umum yang jarang disadari oleh pengguna tas kulit adalah menata tas secara asal-asalan. Padahal, jika ditumpuk-tumpuk apalagi tertimpa barang berat akan membuat tampilan tas rusak total. Sehingga, tas tidak akan terlihat kece lagi saat dipakai hangout.

    Menata tas kulit sebenarnya sangat mudah, Anda cukup meletakkan tas dengan posisi berjajar. Dengan begitu, saat hendak dipakai tas tetap terlihat bagus meski sebenarnya Anda sudah mengenakannya selama bertahun-tahun.
  10. Jangan Simpan Tas Terlalu Lama
    Anda mungkin sudah memiliki beberapa koleksi tas baru, sehingga jarang menggunakan tas kulit yang lama. Namun, sebenarnya hal ini kurang baik karena bisa membuat tas kulit menjadi rusak akibat terlalu lama berada di lemari penyimpanan.

    Beberapa kerusakan yang umum terjadi pada tas kulit yang terlalu lama disimpan adalah berjamur, tekstur tas berubah, material menjadi rapuh, dan lain sebagainya.

sibakul

Sibakul Jogja

You may also like...